Review BMW M8 Competition Coupe 2020: Bukan Sekadar Upgrade Performa

15/06/2019
editor rate: 4,5 user rate: 4,0
Sekian lama digoda dengan serangkaian teaser, BMW akhirnya resmi merilis BMW M8 Competition Coupe 2020 , yang menggantikan kedudukan M6 sebagai pemegang kasta tertinggi BMW M Series. Sepintas mirip dengan Seri 8 Terbaru, apa yang membuat mobil ini spesial?

PENGANTAR BMW M8 2020

BMW M8 Competition Coupe 2020 - Sejak kemunculannya tahun 2016 lalu sebagai kendaraan konsep, BMW butuh waktu tiga tahun untuk mematangkan M8, yang menggantikan M6 sebagai ujung tombak line-up mobil kencang BMW.

Dua varian BMW M8 Competition, Coupe dan Convertible berwarna biru dan merah

Dua varian BMW M8 Competition, Coupe (F92) dan Cabriolet (F91)

Berbasis BMW Seri 8 yang diperkenalkan secara global Juni 2018, BMW M8 hadir dalam dua varian, yakni Coupe (F92) dan Cabriolet (F91), masing-masing memiliki dua trim, yakni standar dan Competition. Sebagai mobil kencang BMW, jelas performa BMW M8 Competition Coupe 2020 lebih baik ketimbang BMW Seri 8. Namun, bukan hanya itu yang membuat flagship baru M series ini lebih spesial ketimbang versi reguler.

Ingin tahu apa saja hal lainnya yang dimiliki mobil Grand Tourer asal Bavaria ini? Simak review lengkap BMW M8 Competition Coupe 2020 di Cintamobil.com.

EKSTERIOR BMW M8 2020

Sepintas, tampang BMW M8 ini tak ada bedanya dengan BMW M850i xDrive yang baru-baru ini diperkenalkan di Indonesia. Namun, ada beberapa ubahan eksterior yang memberinya identitas khas BMW M Series. Untuk lebih jelasnya, simak review eksterior BMW M8 Competition Coupe 2020  berikut ini.

Review BMW M8 Competition Coupe 2020: Eksterior depan 

Tampilan depan BMW M8 Competition 2020 berwarna biru tua

Ubahan muka depan BMW M8 Competition Coupe mengedepankan fungsi dan estetika

Di bagian depan, BMW mengubah desain lubang udara M8 Competition Coupe menjadi lebih besar untuk sistem pendinginan. Selain itu, aura sporty juga dihadirkan dengan sentuhan black chrome pada kidney grille serta desain bumper depan yang lebih agresif. BMW juga menyematkan LED Laser headlights, yang merupakan opsi pada BMW Seri 8 sebagai fitur standar di BMW M8 Competition Coupe.

Review BMW M8 Competition Coupe 2020: Eksterior samping

Desain kaca spion BMW M8 Competition Coupe 2020 berwarna biru tua

Desain kaca spion jadi pembeda BMW M8 Competition dari BMW Seri 8 pada umumnya

Untuk bagian samping, BMW M8 Competition Coupe 2020  masih membawa bahasa desain sama seperti BMW Seri 8 pada umumnya, yang menjadi pembeda adalah desain spion karbon yang lebih sporty.

Review BMW M8 Competition Coupe: Eksterior belakang

Bagian belakang BMW M8 Competition Coupe 2020 berwarna biru tua

Pemasangan knalpot lubang empat berdiameter besar memberikan kesan gahar

Beralih ke bagian buritan mobil, hal yang membedakan BMW M8 Competition Coupe 2020  dengan varian BMW Seri 8 biasa adalah desain knalpot dua lubang masing-masing di kanan dan kiri, alhasil suara mesin yang dihasilkan juga lebih agresif ketimbang varian standar.

Review BMW M8 Competition Coupe 2020: Pelek & Ban

Gambar menunjukkan desain bagian Pelek BMW M8 Competition Coupe 2020 dilhat dari sisi depan

Pelek two tone 20 inci memberikan kesan kekar pada BMW M8 Competition Coupe

Sektor kaki-kaki juga tak luput dari perhatian, BMW M8 Competition Coupe 2020  menggunakan pelek 20 inci two tone yang memberikan kesan sporty. Untuk menunjang performa mobil, digunakan juga ban performa tinggi Pirelli P Zero dengan spesifikasi 275/35 ZR 20.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

INTERIOR BMW M8 2020

Ubahan khas M Series pada BMW M8 Competition Coupe 2020  tak hanya terbatas eksterior saja, aura sporty juga dihadirkan ke dalam interior dengan detail sebagai berikut.

Review BMW M8 Competition Coupe: Dashboard dan kemudi

Gambar menunjukkan Suasana kokpit BMW M8 Competition Coupe 2020

Merino Leather mendominasi interior BMW M8 Competition Coupe

Layout dashboard dan kemudi BMW M8 Competition Coupe 2020  sebenarnya sama saja seperti BMW Seri 8, namun yang membedakan adalah penggunaan material Merino leather, yang merupakan material tertinggi di kasta mobil BMW, dan dikhususkan untuk mobil premium BMW, termasuk line-up M Series.

Review BMW M8 Competition Coupe: Kursi Depan

Desain kursi depan BMW M8 Competition Coupe 2020 dengan kombinasi warna cream dan hitam

Tampilan kursi depan BMW M8 2020

Mengutamakan kenikmatan berkendara dan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang depan, BMW menyematkan dua buah kursi khusus M Sport yang sangat supportif dengan balutan Merino leather warna hitam dan krem.

Review BMW M8 Competition Coupe: Kursi Belakang

Gambar Bangku belakang BMW M8 Competition Coupe 2020

Terbatasnya ruang kaki membuat duduk di belakang terasa kurang nyaman

Idealnya, sebuah Grand Tourer itu memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2, begitupun BMW M8 Competition Coupe 2020 . Meski memiliki dua kursi belakang dengan posisi duduk yang cukup supportif, ruang kaki yang dihadirkan cukup terbatas.

>>> Baca juga:

FITUR BMW M8 2020

Didapuk sebagai flagship M Series, BMW tampaknya tidak main-main dalam pengembangan BMW M8, beragam fitur disematkan ke dalam Grand Tourer asal Bavaria ini. Mulai dari fitur hiburan, berkendara, ataupun fitur keselamatan. Penasaran apa saja fitur yang ada di dalam BMW M8 Competition Coupe 2020 ? Simak penjabaran lengkap di bawah ini.

Review BMW M8 Competition Coupe: Fitur hiburan

Menjadi mobil BMW dengan kasta tertinggi saat ini, BMW M8 Competition Coupe 2020  telah disematkan sistem iDrive yang ditanamkan ke dalam layar sentuh 10 inci, dan layar 12,3 inci yang ada di balik lingkar kemudi.

Sistem audio lansiran Harman Kardon menjadi standar di mobil ini, jika masih kurang Anda bisa mengupgradenya dengan audio Bowers & Wilkins, yang digunakan oleh banyak mobil premium seperi McLaren. Fitur lainnya seperti wireless phone charger juga hadir untuk memberi kenyamanan kelas atas untuk perjalan Anda.

Review BMW M8 Competition Coupe: Fitur berkendara

Gambar menunjukkan Desain konsol tengah BMW M8 Competition Coupe 2020

Di konsol tengah ini, Anda akan menemukan beragam fitur berkendara yang disematkan di BMW M8 Competition Coupe

Selama beberapa tahun terakhir, para teknisi BMW bekerja keras mengembangkan berbagai fitur canggih untuk disematkan di dalam BMW M8 Competition Coupe 2020, dan memberikan cita rasa khas BMW M Series ke dalam Grand Tourer ini.

Sama seperti BMW M5, M8 merupakan mobil all wheel drive (AWD), dengan roda belakang sebagai penggerak utama dan dapat dikendalikan oleh sistem yang membaginya ke dalam tiga mode, regular, sport, dan drift mode.

Gambar menunjukkan Tampilan layar setup BMW M8 Competition Coupe 2020

Bukan BMW M Series namanya jika tidak menyisipkan mode kustomisasi setup mobil

Sebagai mobil BMW M Series, BMW M8 juga menghadirkan kustomisasi lima parameter yang ada di layar kemudi, yakni mesin, pengendalian, suspensi, pengereman, serta sistem penggerak roda. Pengemudi dapat melakukannya dengan menekan tombol set-up di konsol tengah, dan menyimpan dua set-up miliknya pada dua tombol M1 dan M2 yang ada di kemudi.

Gambar menunjukkan Fitur BMW M Mode pada mobil BMW M8 2020

Fitur terbaru yang hadir di BMW M8 Competition Coupe, BMW M Mode

Fitur baru yang cukup menarik perhatian adalah M Mode, di mana pengendara diberikan pilihan mode Sport dan Track untuk varian M8 standar, dan tambahan Track Mode untuk M8 Competition. Jika pengemudi mengaktifkan mode sports, semua sistem keamanan dimatikan, sedangkan saat mengaktifkan mode track, yang hanya tersedia pada varian Competition, sistem hiburan serta semua fitur keselamatan dimatikan, seru bukan?

Review BMW M8 Competition Coupe: Fitur keselematan

Sayang, fitur berkendara yang banyak itu tidak diimbangi dengan fitur keselamatan yang disematkan sebagai standar di BMW M8 Competition Coupe 2020. Anda hanya mendapatkan automatic emergency parking dan forward collision parking.

Memang, Anda masih bisa menambahkan fitur swakemudi standar seperti lane keeping assist, adaptive cruise control, blind spot monitoring, pedestrian detection, side collision prevention, dan evasion assist system dengan tambahan Driver Assistance Proffesional Package yang disediakan BMW.

Tapi, bukankah Anda membeli BMW M8 untuk menikmati sensasi berkendara ala BMW M Series? Jika iya, rasanya fitur swakemudi yang minim di mobil ini tak akan jadi halangan bagi Anda.

>>> Keindahan Edisi Spesial BMW M850i xDrive Coupé First Edition yang Dibuat Terbatas

OPERASI BMW M8 2020

Gambar bagian mesin mobil BMW M8 Competition Coupe 2020, BMW S63B44T4

Mesin ini sama persis seperti yang digunakan BMW M5 Competition

Untuk dapur pacu, BMW M8 menggunakan mesin V8 Twin-Turbo S63 berkapasitas 4,4 liter yang menyemburkan tenaga 591 dk pada varian standar, dan 617 dk untuk varian Competition, dengan torsi maksimal 750 Nm. Dengan tenaga seperti ini, mobil dapat melaju dari 0-100 kpj dalam waktu 3,1 detik dengan M8 , dan 3 detik pas pada varian M8 Competition.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil BMW yang menarik lainnya

spesifikasi BMW M8 2020

Berikut ini adalah spesifikasi BMW M8 Competition Coupe 2020 yang Cintamobil.com mendapat.

SPESIFIKASI BMW M8 Competition Coupe 2020

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.867 mm x 1.907 mm x 1.341 mm

Jarak Poros Roda

2.822 mm

MESIN

Tipe Mesin

BMW S63B44T4 twin-turbo V8

Kapasitas Silinder

4.400cc

Daya Maksimum

591 HP (M8) 617 HP (M8 Competition)

Torsi Maksimum

750 Nm (Both)

Sistem Transmisi

8-Speed M-Steptronic ZF 8HP

Kecepatan Maksimum

305 kpj (approx)

Akselerasi 0-100 kpj

3,1 detik (M8) 3 detik (M8 Competition)

HANDLING

Suspensi Depan

Double-Wishbone

Suspensi Belakang

Multi-Link Suspension

Rem Depan

Disc, with carbon brakes as optional

Rem Belakang

Disc, with carbon brakes as optional

kelebihan & kekurangan BMW M8 2020

Setelah mengulas berbagai aspek mobil ini, berikut kelebihan & Kekurangan BMW M8 Competition Coupe 2020  yang kami simpulkan.

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Tampilan dan pefrorma lebih agresif ketimbang BMW Seri 8 Standar.

Fitur keamanan dan swakemudi yang alakadarnya.

Fitur berkendara lengkap, menguatkan reputasi BMW M Series sebagai driver’s car.

Pengendara butuh adaptasi dengan beragam fitur baru BMW M8.

daftar harga BMW M8 2020

BMW membandrol BMW M8 dengan harga $133.995 (setara Rp 1,9 miliar) untuk M8 Coupe, dan $146.995 (setara Rp 2,1 miliar) untuk M8 Competition. Selain coupe dan convertible, BMW juga akan menghadirkan BMW M8 Grand Coupe, sedan empat pintu yang memiliki basis Seri 8 G16 Grand Coupe yang akan diperkenalkan secara global dalam waktu dekat.

>>> Ingin tahu harga mobil lainnya? Temukan di sini

Video BMW M8 2020

KESIMPULAN BMW M8 2020

Gambar mobil BMW M8 Competition Coupe 2020 warna biru

Apakah Anda tertarik dengan BMW M8 2020?

This is an ultimate driver’s car! Serangkaian teaser tersebut terbayar tuntas dengan hadirnya BMW M8, kerja keras teknisi BMW dalam mengembangkan berbagai fitur berkendara M8 dan M8 Competition Coupe membuat mobil ini terasa lebih spesial ketimbang BMW Seri 8 biasa, serta membuatnya pantas menjadi ujung tombak line-up BMW M Series.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Derry Munikartono
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil