Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Ketika Ex-Bos Jaguar"Re-Release" Mobil James Bond Lama

13/09/2019

Share this post:

Aston Martin Vanquish 2019

Editor rate:

Daftar Harga Aston Martin Vanquish Terbaru Lihat promo

Tidak hanya film dan musik saja yang bisa dirilis ulang, alias Re-Release. Aston Martin juga melakukan hal tersebut dengan merilis ulang Aston Martin Vanquish generasi pertama, yang dikepalai oleh firma desain CALLUM, di bawah komando Ian Callum yang merupakan ex-Chief Design Jaguar Land Rover. Bagaimana hasilnya?

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Ketika Ex-Bos Jaguar"Re-Release" Mobil James Bond Lama
Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Ketika Ex-Bos Jaguar"Re-Release" Mobil James Bond Lama
0 Gambar

Pengantar Aston Martin Vanquish 2019

Mari kita simak spesifikasi Aston Martin Vanquish 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Tampilan semakin agresif dan sensual dengan ubahan dari CALLUM

Produksi hand-made eksklusif 25 unit

Performa meningkat dan transmisi kini tersedia otomatis standar

Kekurangan

Harga super mahal dan sulit didapatkan dalam waktu dekat

Review Aston Martin Vanquish 25 2019 - Era 90-an menjadi salah satu era yang cukup berat bagi Aston Martin. Saat itu Aston Martin masih di bawah kendali Ford, dan hanya mengandalkan line-up Aston Martin DB7, dan model-model seperti Virage dan Vantage yang cenderung biasa saja di mata publik. Bahkan "brand ambassador abadi" Aston Martin, James Bond (saat itu diperankan Pierce Brosnan), seakan ogah menggunakan Aston Martin terbaru dalam tiga film yang dirilis di era 90an (Tomorrow Never Dies, GoldenEye, The World Is Not Enough) dan memilih menggunakan BMW. 

Foto Aston Martin Vanquish di film James Bond Die Another Day

Penampilan Aston Martin Vanquish yang menjadi mobil James Bond dalam film Die Another Day

Namun pada tahun 2001, rombakan besar dilakukan Aston Martin. Menghadirkan Aston Martin Vanquish pada ajang Geneva Motor Show 2001, Aston Martin langsung merevolusi segmen grand touring dengan teknologi yang dimiliki, serta tampilan yang cukup mengundang nuansa sensual dan elegan khas Aston Martin. Saking menariknya, Aston Martin Vanquish akhirnya dipilih sebagai kompatriot James Bond untuk film Die Another Day di tahun 2002.

Lalu siapa yang membuat Aston Martin Vanquish generasi pertama menjadi ikon penting dalam perjalanan Aston Martin di era millenium? Ya, dia adalah Ian Callum. Pria asal Skotlandia ini menjadi "otak" dibalik desain Aston Martin & Jaguar di era kepemilikan Ford. Namun pada akhirnya Ian Callum lebih fokus merombak desain Jaguar yang cenderung retro menjadi salah satu mobil buatan Inggris yang punya tampilan tercantik di dunia otomotif. Setelah 2 dekade berkarya di Jaguar, sang Chief of Design Jaguar ini memutuskan "pensiun" untuk menciptakan firma desain CALLUM. 

Foto Aston Martin Vanquish 25 2019 dengan Ian Callum

Aston Martin Vanquish merupakan mobil yang didesain oleh Ian Callum dan kini ia re-release dalam project Aston Martin Vanquish 25

Kira-kira apa yang dikerjakan firma desain CALLUM di bawah Ian Callum? Well, inilah dia Aston Martin Vanquish 25. 

Aston Martin Vanquish 25 menjadi karya CALLUM bersama Aston Martin dan R-Reforged. Project Aston Martin Vanquish 25 ini menjadi cara Ian Callum menghormati salah satu karya desain mobil yang ia kagumi, dan melakukan serangkaian peningkatan dalam aspek tampilan hingga fitur agar lebih relevan dengan kondisi saat ini. Dan kira-kira apakah aksi re-release Aston Martin Vanquish ini bisa meningkatkan aura sang grand tourer berusia hampir 2 dekade ini? Simak ulasannya dalam review Aston Martin Vanquish 25 2019 berikut ini.

Mobil Baru Populer

Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta

Eksterior Aston Martin Vanquish 2019

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Eksterior Depan

Foto Aston Martin Vanquish 25 2019 dari sisi depan

Tampilan eksterior depan Aston Martin Vanquish 25 2019

CALLUM banyak melakukan perubahan desain di eksterior Aston Martin Vanquish 25 2019 tanpa merubah dimensi dari Aston Martin Vanquish original. Tapi di area fascia depan ada sedikit sentuhan berbeda, dimana terdapat redesain pada area headlight dengan teknologi projector LED dan housing dari projector yang dicetak secara khusus. Untuk bumper depan pun dibuat agresif karena kini mengadopsi material carbon fibre, sehingga lekukan pada fascia depan lebih agresif dan sukses berpadu dengan grille berkontur garis horizontal. Jika pada versi original terdapat lampu sein dan lampu fog lamp di sisi kiri-kanan dari grille, kini posisinya digantikan oleh side air intake yang bertugas pula menghantarkan udara dingin ke rem mobil.

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Eksterior Samping

Foto Aston Martin Vanquish 25 2019 dari sisi samping

Tampilan eksterior samping Aston Martin Vanquish 25 2019

Kesan sensual yang sudah tercipta di Aston Martin Vanquish original semakin disempurnakan oleh CALLUM melalui ubahan sederhana tapi detil, yang terpusat pada area samping eksterior Aston Martin Vanquish 25 2019. Pada area side air vent, CALLUM memberikan sentuhan berupa ornamen grille bercorak garis-garis abstrak yang disebut sebagai Tartan, yang juga hadir di area bonnet air vent depan. Menilik area side sills kini mengadopsi carbon fibre dengan corak 4 aksen air vents yang akan menjadi identitas mobil-mobil produksi CALLUM kedepannya. Penggunaan carbon fibre juga bisa ditemukan pada frame kaca samping mobil, serta kaca spion yang kini dikustomisasi agar lebih aerodinamis. Aston Martin Vanquish 25 2019 menggunakan pelek dengan desain serupa Aston Martin Vanquish original, tapi dengan bentuk yang lebih besar karena menggunakan ring 21 inci berbalut ban Michelin Pilot Sport 4. Dan CALLUM secara khusus membuat fuel cap dengan tulisan Rebel Rebel, yang mana terinspirasi oleh lagu Rebel Rebel yang dinyanyikan mendiang David Bowie.

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Eksterior Belakang

Foto Aston Martin Vanquish 25 2019 dari sisi belakang

Tampilan eksterior belakang Aston Martin Vanquish 25 2019

Buritan belakang Aston Martin Vanquish 25 2019 terlihat semakin agresif karena adanya redesain signifikan dalam hal bumper dan tailgate. Tailgate kini hadir dengan detil bak ducktail yang meningkatkan aerodinamika, serta pada bumper belakang kini menggunakan Integrated Diffuser Exhaust System yang mana exhaust ditempatkan di area diffuser, dengan keunikan berupa tulisan "Made You Look". Untuk taillight kini menggunakan desain yang lebih menarik dan sudah menggunakan teknologi LED.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Aston Martin Vanquish 2019

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Dashboard & Setir

Foto Aston Martin Vanquish 25 2019 dari sisi dashboard dan setir

Tampilan dashboard & setir Aston Martin Vanquish 25 2019

Rombakan signifikan terjadi juga di area dashboard Aston Martin Vanquish 25 2019. Kini pada area dashboard sampai ke trim pintu menggunakan material leather dari brand spesialis leather asal Skotlandia, Bridge of Weir. Khusus pada centre cluster menggunakan material carbon fibre dengan head unit 8 inci yang sudah support Apple CarPlay. Pada area central console tersedia ruang penyimpanan terbuka yang didesain khusus dengan corak abstrak sesuai tema tartan. Untuk setir masih menggunakan desain original dari Vanquish lama, namun pada paddle shift sudah dirombak menjadi lebih besar dan instrument cluster dirombak total menggunakan dial yang dikerjakan oleh produsen timepiece asal Inggris, Bremont.

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Jok

Foto Aston Martin Vanquish 25 2019 dari sisi jok

Tampilan jok Aston Martin Vanquish 25 2019

Jika Aston Martin Vanquish original menggunakan format jok 2+2, maka Aston Martin Vanquish 25 hanya menyediakan dua jok saja untuk pengemudi dan penumpang depan. Masing-masing jok dibalut leather dari Bridge of Weir dengan aksen garis jahitan sesuai motif Tartan.  Konfigurasi jok juga mengalami ubahan agar posisi duduk bisa lebih rendah dan lebih ergonomis dengan lekuk jok yang sudah disesuaikan seperti layaknya jok semi bucket seat.

>>> Baca juga:

Fitur Aston Martin Vanquish 2019

Review Aston Martin Vanquish 25 2019: Aksesoris Eksklusif

Foto Aston Martin Vanquish 25 2019 dengan jam tangan Bremont

Tampilan jok Aston Martin Vanquish 25 2019

Pendekatan Bespoke menjadi tema penting dari Aston Martin Vanquish 25 2019. Untuk mencapai kebutuhan ini, CALLUM berkolaborasi dengan dua pihak yang sangat prestisius di industri timepiece dan fashion, Bremont & Mulberry. Bremont secara khusus merombak desain instrument cluster analog dari Aston Martin Vanquish 25 2019, dan tema dari instrument cluster ini disematkan pada jam yang ada di area dashboard. Menariknya, jam yang ada di dashboard ini bisa dilepas dan bisa dijadikan timepiece yang bisa dipamerkan kepada khalayak publik. 

Sedangkan Mulberry memiliki tugas menciptakan sebuah tas. Tas ini dibuat custom oleh Mulberry untuk ditempatkan di area yang sebelumnya menjadi tempat duduk belakang. Tas Mulberry ini juga bisa dilepas, dan memiliki ruang penyimpanan cukup luas untuk membawa barang bawaan Anda. 

>>> Review Bugatti Chiron Sport 2018: Hanya Untuk Konglomerat Penikmat Mobil Sejati

Operasi Aston Martin Vanquish 2019

Aston Martin Vanquish 25 2019 mempercayakan mesin original V1 5935 cc naturally aspirated yang sudah dirombak total dari segi hardware, software, dan sistem exhaust oleh CALLUM. Kini diklaim mobil grand tourer Aston Martin ini bisa menghasilkan tenaga dari awalnya 520 bhp menjadi 580bhp. Selain itu CALLUM juga memberikan Aston Martin Vanquish 25 2019 dengan update anti-roll bars, dampers yang di tuning ulang, per spring custom, dan carbon ceramic disc dengan diameter 398mm (depan) dan 360mm (belakang). Menariknya, Aston Martin Vanquish 25 2019 kini tersedia dalam transmisi otomatis 6-percepatan, selain tetap memberikan pilihan transmisi standar Auto Shift Manual/Select Shift Manual (ASM/SSM) 6-percepatan.

>>> Review Aston Martin DB11 2016: “Kuda Besi” Legendaris Abad Ini

Spesifikasi Aston Martin Vanquish 2019

Spesifikasi Aston Martin Vanquish 25 2019 bisa di simak di tabel ini.

Mesin Aston Martin Vanquish 25 2019

Jenis

Naturally Aspirated V12

Kapasitas Mesin

5935 cc

Daya maksimum

231 hp @ 6.000 rpm

Transmisi

7G-Tronic

Kaki-Kaki Aston Martin Vanquish 25 2019

Suspensi

Anti Roll Bar, tuned damper, custom springs

Rem

Carbon Ceramic Disc 398 mm (front) / 360 mm (rear)

Pelek

21 inch lightweight alloy w/ Michelin Pilot Sport 4 tyres

Daftar Harga Aston Martin Vanquish 2019

CALLUM hanya akan memproduksi Aston Martin Vanquish 25 2019 secara handmade dengan produksi terbatas 25 unit. Tema bespoke inilah yang membuat produksi mobil ini terbatas, dan butuh waktu sekitar 1 tahun untuk mobil ini bisa dikirim ke konsumen. Berapa harganya? Harga Aston Martin Vanquish 25 2019 diperkirakan akan dijual di harga £550,000 (Rp9,495 Miliar).

>>> Showroom Mewah Aston Martin Berdiri Megah di Tengah Kota London

Kesimpulan Aston Martin Vanquish 2019

Tema re-release selama ini hanya identik untuk film dan musik, dimana re-release menandakan penyempurnaan dari versi rilis yang sudah diciptakan dengan sedikit tambahan add-ons yang membuat karya semakin sempurna. Sama halnya dengan CALLUM bersama Aston Martin dan R-Reforged, yang melakukan re-release Aston Martin Vanquish 25 sebagai tanda mengembalikan Aston Martin Vanquish original dengan semangat mobil grand touring masa kini, yang tidak hanya nyaman tapi punya performa dan handling menyenangkan saat dibawa melakukan perjalanan jarak jauh.

Di sisi lain, Aston Martin juga sedang melakukan development untuk Aston Martin Vanquish generasi ketiga yang akan memiliki format tampilan yang berbeda jauh dari Vanquish selama ini. Untuk itu, sebagai bentuk penghormatan terhadap mobil yang pernah mengemban tugas sebagai mobil James Bond di era awal Millenium, sebagai mobil buatan Ian Callum yang sangat dikagumi publik, dan sebagai mobil Aston Martin yang membawa brand ini ke dalam kemajuan di segmen brand sportscar di dunia, project "re-release" Aston Martin Vanquish 25 2019 ini menjadi penting keberadaannya dan sangat layak menjadi salah satu koleksi mobil eksotis di masa kini.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top