Review Bugatti Chiron Sport 2018: Hanya Untuk Konglomerat Penikmat Mobil Sejati

05/09/2019

Share this post:

Bugatti Chiron 2018

Editor rate:

Lihat promo

Kedatangan Bugatti Chiron ke Indonesia sempat menjadi simpang siur, tapi secara mendadak Agustus 2019 ini Bugatti sudah memperkenalkan Bugatti Chiron Sport di Indonesia. Konsumen sudah bisa memesan Bugatti Chiron Sport dengan harga pre-order yang mencengangkan! Seperti apa "spesial" produk ini, dan mengapa harga mobil ini bisa sangat mencengangkan?

Review Bugatti Chiron Sport 2018: Hanya Untuk Konglomerat Penikmat Mobil Sejati
Review Bugatti Chiron Sport 2018: Hanya Untuk Konglomerat Penikmat Mobil Sejati
0 Gambar

Pengantar Bugatti Chiron 2018

Mari kita simak spesifikasi Bugatti Chiron 2018 di bawah ini.

Kelebihan

Handling Lebih Baik dibandingkan Bugatti Chiron standar

Populasi terbatas untuk pasar Indonesia

Berpotensi besar menjadi mobil termahal di Indonesia yang bisa dibeli oleh umum

Kekurangan

Desain eksterior dan interior tidak memiliki ubahan signifikan dibandingkan Bugatti Chiron standar

Belum ada representative resmi di Indonesia

Hanya ada dalam format setir kiri, di saat Indonesia mengatur format setir kanan

Review Bugatti Chiron Sport 2018 - Menjadi suksesor Bugatti Veyron, Bugatti Chiron bisa dikatakan merupakan testamen tertinggi yang dicetuskan pabrikan Bugatti Automobiles S.A.S. yang bermarkas di Perancis. Lewat Bugatti Chiron, benchmark hypercar menjadi terukir kembali dan menempatkan Bugatti Chiron sebagai mobil hypercar yang tertinggi di kelasnya.

Pun demikian, Bugatti yang sudah berusia lebih dari 110 tahun tidak serta merta menciptakan Bugatti Chiron dengan satu model semata. Bugatti Chiron menjadi "pijakan" dari model-model ultra ekslusif Bugatti, seperti Bugatti Chiron Sport, Bugatti Divo, Bugatti La Voiture Noire, dan model terakhir ialah Bugatti Centodieci yang meluncur di Pebble Beach, pertengahan Agustus 2019 lalu.

Mobil Baru Populer

Rp 148.99 - Rp 167.49 Juta
Rp 193 - Rp 296 Juta
Rp 143.05 - Rp 173.5 Juta
Rp 779 Juta - Rp 1.8 Milyar
Rp 236.5 - Rp 273.5 Juta
Rp 255.2 - Rp 276.6 Juta
Rp 289 - Rp 299 Juta
Rp 509.9 - Rp 709.5 Juta

Eksterior Bugatti Chiron 2018

Review Bugatti Chiron Sport 2018: Eksterior Depan

Foto menampilkan Bugatti Chiron Sport 2018 dari eksterior depan

Penampilan eksterior depan Bugatti Chiron Sport 2018

Tidak banyak perubahan desain signifikan dilakukan oleh Bugatti pada Bugatti Chiron Sport 2018, yang mana secara hierarki hanya versi "sport" daripada Bugatti Chiron. Namun jika diperhatikan secara lebih mendetil, akan terlihat bahwa Bugatti cukup cerdas membuat mobil ini menjadi lebih ringan dan lebih sporty ketimbang versi Bugatti Chiron konvensional.

Bugatti Chiron Sport 2018 memiliki format warna two-tone, yang mana seperti dilihat dalam foto Bugatti Chiron Sport menggunakan kelir warna Carbon Grey dan Italian Red (opsi pengganti warna ini adalah French Racing Blue, Gris Rafale, dan Dark Grey Gun Powder). Jika diperhatikan pada Radiator Grille depan terdapat angka 16 yang menandakan total silinder yang digunakan pada mesin Bugatti Chiron Sport 2018. Serta inovasi cerdas yang dilakukan Bugatti untuk "menghemat" bobot mobil ialah mengganti wiper standar dengan wiper carbon fibre, yang diklaim lebih ringan 77% dari bobot wiper standar Chiron. 

Review Bugatti Chiron Sport 2018: Eksterior Samping

Foto menampilkan Bugatti Chiron Sport 2018 dari eksterior samping

Penampilan eksterior samping Bugatti Chiron Sport 2018

Dari sisi samping, Bugatti Chiron Sport 2018 tampil dengan detil yang tak kalah memikat. Pada bagian brake caliper, logo EB di pelek,  intercooler cover "C-shaped" berbahan aluminium alloy juga dibalut warna italian red mengikuti format warna di eksterior depan. Untuk pelek “Course” alloy wheel rims memiliki desain baru dengan material lightweight, serta diberi kelir warna “Gun Powder” grey yang serupa dengan area di dalam intercooler cover. 

Review Bugatti Chiron Sport 2018: Eksterior Samping

Foto menampilkan Bugatti Chiron Sport 2018 dari eksterior belakang

Penampilan eksterior belakang Bugatti Chiron Sport 2018

Memasuki buritan belakang, ada detil yang berbeda antara Bugatti Chiron Sport dibandingkan Bugatti Chiron Konvensional. Mulai dari four-pipe exhaust deflector berbentuk membulat tidak seperti Bugatti Chiron konvensional; kemudian bentuk kaca belakang dengan material lebih ringan, serta pada area spoiler belakang diberikan kelir warna Italian Red. Selebihnya tidak ada perubahan signifikan dilakukan Bugatti untuk Bugatti Chiron Sport.


Interior Bugatti Chiron 2018

Masuk ke dalam kabin, maka Anda akan menemukan format kabin yang sama persis dengan format kabin Bugatti Chiron konvensional. Tapi, karena tema Bugatti Chiron Sport 2018 lebih mengarah ke elemen sporty, maka sudah bisa ditebak material kabin yang identik dengan tema sporty akan ditemukan di kabin hypercar ini. 

Foto menampilkan Bugatti Chiron Sport 2018 dari area interior dalam

Penampilan interior di dalam Bugatti Chiron Sport 2018

Terasa elemen kabin bertema gelap sudah hadir sejak masuk ke dalam kokpit Bugatti Chiron Sport 2018. Semua kontrol di mobil menggunakan black anodised finish, dengan lingkar setir dan tuas transmisi dibalut material suede leather. Mayoritas area headliner, area bawah central console, side cushion, dan boot lining Bugatti Chiron Sport menggunakan material Alcantara. Untuk material smooth leather bisa terasa di area jok, door trim, area instrument cluster, serta armrest dan detil di konsol tengah. Sedangnan untuk panel dashboard keseluruhan, area frame jok, sampai ke palang setir menggunakan Carbon Fibre. Dan secara fitur, di instrument cluster selain menampilkan sepasang layar display digital untuk tachometer dan informasi teknis mobil, serta di layar satunya lagi untuk fitur hiburan dan sat-nav. Menariknya pada area speedometer selain ditampilkan dalam format dial analog juga ditampilkan dalam layar display mungil yang memungkinkan Anda mengetahui kecepatan mobil secara presisi.

>>> Baca juga:

Fitur Bugatti Chiron 2018

Bugatti Chiron Sport 2018 mengandalkan teknologi berkendara serupa Bugatti Chiron. Pada area lingkar kemudi tersedia lombol LC atau Launch Control, serta kenop untuk mengatur empat mode berkendara di Bugatti Chiron Sport 2018 seperti Lift, EB, Autobahn, Handling dan Top Speed.

Foto menampilkan mode berkendara di Bugatti Chiron Sport 2018

Penampilan mode berkendara yang bisa diatur di Bugatti Chiron Sport 2018

Namun inovasi Bugatti tidak serta merta berhenti sampai disini. Agar Bugatti Chiron Sport 2018 lebih piawai diajak ke trek balap, Bugatti menghadirkan Dynamic handling package. Dynamic Handling Package terfokus pada dua penggunaan teknologi, yakni stiffer suspension & Dynamic Torque Vectoring. Suspensi Bugatti Chiron Sport 2018 dirancang dengan karakter shock absorbers lebih kaku 10% dibanding Bugatti Chiron, yang bisa terasa efeknya saat memasuki mode "handling". Sedangkan Dynamic Torque Vectoring membuat distribusi torsi tenaga disalurkan secara individual ke masing-masing roda, dengan didukung adanya perubahan dalam area rear-axle differential.

>>> LEGO Bugatti Chiron: Hypercar Dari Lego dan Bisa Dikendarai

Operasi Bugatti Chiron 2018

Foto menampilkan area mesin di Bugatti Chiron Sport 2018

Mesin W16 8.0 liter Quad Turbocharger yang digunakan Bugatti Chiron Sport 2018

Bugatti Chiron Sport tetap mempercayakan mesin Bugatti Chiron standar, yakni W16 8.000 cc Quad Turbocharger. Mesin ini mampu menyalurkan serbuan tenaga puncak 1.500 dk dengan torsi maksimal 1.600 Nm, yang bisa didistribusikan ke seluruh roda dengan dukungan transmisi 7-Speed Dual-Clutch DSG. Namun karena ini adalah Bugatti Chiron Sport, berkat revisi dari segi handling dan bobot yang lebih ringan 18 kg, menjadikan laptime Bugatti Chiron Sport 2018 di Nardò test circuit lebih cepat 5 detik daripada Bugatti Chiron standar. Dan engineer Bugatti mengklaim bahwa ubahan teknis yang terjadi di Bugatti Chiron Sport 2018 bisa membuat hypercar ini lebih percaya diri dalam mengeksekusi tikungan berkat grip yang lebih maksimal, sekalipun saat menikung jarum speedometer sedang menunjukkan angka kecepatan 200 km/jam.

>>> Bugatti Ungkap Pengujian Kaliper Rem 3D pertama untuk Hypercar Bugatti Chiron

Spesifikasi Bugatti Chiron 2018

Ulasan spesifikasi Bugatti Chiron Sport 2018 bisa disimak di tabel berikut ini 

SPESIFIKASI BUGATTI CHIRON SPORT 2018

DIMENSI

Panjang x Lebar x Tinggi

4.544 mm x 2.038 mm x 1.212 mm

MESIN

Tipe Mesin

8.0 W16 4 Silinder Segaris 4 Turbocharger

Kapasitas Silinder

7.993 cc

Daya Maksimum

1.500 PS / 6.700 RPM

Torsi Maksimum

1.600 Nm / 2.000 - 6.000 RPM

Sistem Transmisi

7-Speed Dual-Clutch DSG

HANDLING

Rem Depan

Carbon Ceramic Brakes

Rem Belakang

Carbon Ceramic Brakes

Ukuran Ban

285/30 R20 (Front)

355/25 R21 (Rear)

Daftar Harga Bugatti Chiron 2018

Jika mengacu pada rilis global Bugatti Chiron Sport saat debut di Geneva Motor Show 2018, harga resmi Bugatti Chiron Sport 2018 berada di angka US$3.672 juta, atau senilai Rp56,6 Miliar. Tapi saat debut di Indonesia, dikabarkan bahwa Bugatti Chiron Sport sudah terbuka keran pemesanan dengan angka jual yang fantastis! Ya, Bugatti Chiron Sport terbaru dijual dengan harga Rp125 Miliar On-The-Road, dengan booking fee sebesar Rp12.5 miliar rupiah. Namun perlu dicatat bahwa mobil ini hanya akan tersedia dalam format setir kiri saja.

>>> Rasanya Jadi Orang Kaya, Mengintip Layanan VVIP Recall Bugatti Chiron

Kesimpulan Bugatti Chiron 2018

Menjadi mobil termahal sepanjang sejarah dijual di Indonesia memang pantas disandangkan oleh Bugatti Chiron Sport 2018. Ia menjadi mobil termahal dan terkencang yang pernah dipasarkan di Indonesia, dan sangat layak jika populasi mobil ini menjadi sangat sedikit dan harga yang ditebus untuk hypercar ini mencapai ratusan miliar rupiah.

Akan tetapi, menjadi sebuah issue menarik adalah bagaimana caranya menikmati Bugatti Chiron Sport 2018 di tengah jalanan Indonesia? Harus diakui jalanan di Indonesia, khususnya di Jabodetabek dan kota-kota besar di Indonesia, tidak cukup kapabel untuk mobil bertenaga ekstra besar dan terlebih menganut format setir kiri pula. Butuh adaptasi pastinya jika mobil ini bisa dipergunakan di jalan raya dengan aman dan tenang, mengingat di Indonesia menganut format setir kanan yang juga sama seperti negara Jepang dan Inggris. Mungkin yang bisa dicoba adalah menyewa trek balap kosong yang bisa konsumen Bugatti Chiron Sport sewa, agar bisa memaksimalkan karakter performa beringas yang dimiliiki oleh Bugatti Chiron Sport. Jika tidak, cukup simpan dengan baik-baik di dalam garasi, dan mobil hypercar termahal di Indonesia ini bisa menjadi salah satu simbol status kekayaan yang bisa menjadi benchmark di negeri ini. 

>>> Klik sini untuk lanjut membaca artikel review mobil yang menarik lainnya

Hafizh Fauzan
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya
back to top