Bugatti Ungkap Pengujian Kaliper Rem 3D pertama untuk Hypercar Bugatti Chiron

09/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Bugatti Ungkap Pengujian Kaliper Rem 3D pertama untuk Hypercar Bugatti Chiron
Bugatti pada bulan Januari lalu mengungkapkan komponen cetak 3D terbesar yang terbuat dari titanium dengan kaliper rem yang dirancang untuk hypercar Bugatti Chiron.

Sepanjang 2018, perusahaan terus menguji kaliper rem Bugatti Chiron sebelum memasuki periode produksi. Video menunjukan kaliper titanium yang dipasang pada mesin untuk meniru mobil yang melaju dengan kecepatan tinggi, hingga 375 km/jam.

Bugatti memberikan sekilas tentang kaliper dalam pengujian menjelang akhir Desember tahun lalu dan video baru berdurasi empat menit tersebut memberikan penjelasan lebih jauh tentang apa yang membuat kaliper baru ini terkesan istimewa.

Video percobaan kaliper rem 3D dari Bugatti Chiron

Teknisi Bugatti kemudian menerapkan rem untuk melihat bagaimana komponen yang dicetak secara 3D dipasangkan pada kaliper aluminium. Hasilnya bisa langsung Anda lihat karena kaliper masih tetap utuh setelah pengujian yang melelahkan serta suhu 2.000 derajat Celsius. Adegan yang menciptakan percikan kembang api dan cakram rem memanas bercahaya oranye terang.

>>> Agar Lebih Aman, Kenali 5 Gejala Kerusakan Pada Rem

Bugatti menyebutkan bahwa kaliper tersebut lebih ringan, lebih kuat, dan membutuhkan waktu sekitar 45 jam untuk dicetak dengan 2.213 lapisan debu titanium dilebur satu sama lain. Pabrikan asal Perancis tersebut menjelaskan, Setelah selesai, caliper lengkap diolah dalam oven dipanaskan hingga 700 derajat Celcius... Caliper kemudian diambil melalui beberapa proses panjang untuk memastikan hasil yang halus dan cerah.”

Ketika kaliper dipasang pada produksi Chiron, Bugatti menggunakan gandar depan mobil dengan delapan piston, sama seperti kaliper aluminium yang dipasang saat ini. Dengan panjang 406 mm dan berat 3 kilogram, Bugatti mengklaim penghematan berat sebesar 40% dibandingkan komponen saat ini.

>>> Teknologi kendaraan terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

pengujian kaliper rem Bugatti yang memercikan bunga api

Pengujian kaliper rem Bugatti menghasilkan percikan bunga api

Saat ini, kita terus melihat percetakan 3D memperluas perannya dalam industri otomotif. Selain kaliper rem baru, mulai banyak pembuat mobil mulai beralih ke percetakan 3D untuk membuat komponen yang lebih ringan dengan desain yang lebih rumit. Belum lagi, percetakan 3D bisa membuat komponen yang lebih kuat bahkan suku cadang pengganti untuk mobil klasik.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Ingin Menyewa Bugatti Veyron? Siapkan 300 Juta Dahulu, Bung!

19/10/2018

Pasar mobil

Saat ini, segala sesuatu memiliki harganya. Bahkan meluas ke ranah penyewaan mobil kelas atas. Salah satunya adalah harga yang Anda butuhkan untuk menyewa Bugatti Veyron. Berapa?

Lihat juga

LEGO Bugatti Chiron: Hypercar Dari Lego dan Bisa Dikendarai

01/09/2018

Pasar mobil

Tak henti dengan mainan skala 1:8, LEGO memperkenalkan versi skala penuh LEGO Bugatti Chiron yang bisa dikendarai.

Lihat juga

Mulai 2019, IIHS Perbarui Pengujian Sistem Pengereman Darurat Otomatis

05/01/2019

Pengemudian

Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (Insurance Institute for Highway Safety) atau IIHS mengumumkan serangkaian pengujian baru untuk kendaraan yang dilengkapi dengan sistem pengereman darurat otomatis (Automatic Emergency Brake).

Lihat juga

Remote Park Assist dari Porsche untuk Anda yang Tidak Bisa Parkir

03/09/2018

Pengemudian

Bagi Anda malas memarkirkan mobil dan memiliki banyak uang, Porsche telah mengembangkan Remote Park Assist yang ditanamkan pada crossover mewah Porsche Cayenne yang telah diperbaharui.

Lihat juga

Disebut Kendaraan Paling Aman, Tesla Model S 2015 Gagal Uji Rem

12/07/2018

Pasar mobil

Digadang-gadang sebagai kendaran listrik paling aman di jalan, otoritas pengujian otomotif Eropa melaporkan bahwa Tesla Model S gagal berhenti dalam simulasi pengeremannya.

Lihat juga
 
back to top