Review All New Toyota Harrier 2020: Makin Tampan dan Perfeksionis

18/04/2020

Share this post:

Toyota Harrier 2020

Editor rate:

TBA

Lihat promo

Awal tahun 2000an mobil ini sempat nge-hits dipakai para orang kaya lama yang ingin SUV ganteng dan mewah, inilah versi terbarunya All New Toyota Harrier 2020

Review All New Toyota Harrier 2020: Makin Tampan dan Perfeksionis
Review All New Toyota Harrier 2020: Makin Tampan dan Perfeksionis
0 Gambar

Pengantar Toyota Harrier 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Harrier 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Sistem hybrid Toyota terbukti efisien

Fitur keselamatan Toyota Safety Sense

Sudah mengadopsi basis TNGA

Kekurangan

Belum / tidak masuk Indonesia

Audio JBL hanya di varian tertinggi

Jika masuk Indonesia format CBU pilihan warna terbatas

Gambar menunjukkan Toyota Harrier 1st Gen XU10 1997

Toyota Harrier mulai masuk IU awal tahun 2000-an

Review All New Toyota Harrier 2020 - Toyota Harrier generasi keempat akhirnya hadir di pasar SUV Jepang. Setelah 7 tahun sejak peredaran generasi ketiga dengan kode bodi XU60, akhirnya Toyota Harrier generasi keempat siap diperkenalkan ke publik. Memang, kini peluncuran perdananya masih terkendala penyebaran virus corona, namun tentunya tidak ada salahnya jika kami sajikan review All New Toyota Harrier 2020 ini kepada Anda terlebih dahulu.

Gambar menunjukkan Toyota Harrier 2nd Generation XU30 2003

Inilah model Toyota Harrier gen 2 yang sempat booming di Indonesia

Sedikit melihat sejarah. Toyota Harrier adalah sebuah SUV (Sport Utility Vehicle) yang sempat booming di Indonesia tahun 2000-an. Kala itu para IU (Importir Umum) berlomba-lomba memasukkan mobil ini dengan berbagai varian dan tipe ke Tanah Air. Dari mulai Toyota Harrier tipe 240G, 300G, hingga Air-S yang full option. Sontak, Harrier sempat menjadi SUV andalan orang kaya lama alias kaum metropolis ibukota.

Gambar menunjukkan Toyota Harrier 3rd Generation XU60 2013

Memasuki generasi ke-3 Toyota Harrier makin tampan

Toyota Harrier juga bisa dibilang sebagai ‘kacang goreng’ andalan para IU kala itu selain Toyota Alphard, yang akhirnya PT Toyota Astra Motor ikutan jualan. Maklum saja, saat itu tepatnya di tahun 2000-an pasar mobil model SUV sedang berkembang pesat, dan Toyota Harrier sukses menarik minat para eksekutif dan pengusaha kala itu. Berbekal desain bodi elegan, mobil ini disokong dengan mesin serupa Toyota Camry yang bisa diandalkan.

Gambar menunjukkan Toyota Harrier 4th Generation XU80 2020

Harrier generasi keempat sudah mengusung basis anyar TNGA

Kini, All New Toyota Harrier 2020 dengan kode bodi XU80 tampil dengan desain rupawan dan rekayasa teknis yang mengagumkan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan mengenai review All New Toyota Harrier 2020 berikut ini...

Eksterior Toyota Harrier 2020

Review All New Toyota Harrier 2020: Tampilan Depan

Gambar menunjukkan tampilan depan All New Toyota Harrier 2020

Tampilan depan Harrier kini berkesan slim and sleek

Ubahan terbesar langsung terlihat ketika Anda melihat bagian depan eksterior mobil ini. Desain bumper depan baru berpadu sempurna dengan bentuk headlamp All New Toyota Harrier 2020 yang kini berkesan lebih slim and sleek. Kesan elegan juga makin terpancar, karena dari lampu depan yang pipih tersebut, di bawahnya terdapat garis krom yang membentang melewati grille. Baik headlamp maupun foglamp-nya sudah mengusung bohlam jenis LED (Light Emitting Diode).

Review All New Toyota Harrier 2020: Tampilan Samping

Gambar menunjukkan tampilan samping All New Toyota Harrier 2020

Dilihat dari samping sepintas sama, padahal dimensinya mengalami ubahan

Lanjut ke bagian samping, mungkin sebagian dari Anda mengira jika All New Toyota Harrier 2020 ini hanya sekadar facelift saja. Sebab bentuknya tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya. Tapi tidak demikian, karena SUV ini telah mengusung basis baru yakni TNGA (Toyota New Global Architecture) GA-K untuk SUV segmen C. Panjang All New Toyota Harrier ini lebih melar 165 mm, lebih lebar 40 mm, dan lebih pendek 10 mm dari Harrier generasi sebelumnya. Pun begitu dengan wheelbase yang bertambah 75 mm. Hebatnya para insinyur Toyota mampu ‘menyembunyikan’ ubahan ini dengan baik.

Review All New Toyota Harrier 2020: Tampilan Belakang

Gambar menunjukkan tampilan belakang All New Toyota Harrier 2020

Review bagian belakang All New Toyota Harrier 2020: Stoplamp sipit mengikuti desain headlampnya

Keanggunan desain eksterior All New Toyota Harrier 2020 tetap terlihat hingga bagian buritan. Kini desain stoplamp juga dibuat lebih pipih senada dengan headlamp depannya. Kesan elegan juga nampak dari bentangan garis chrome di bawah bumper belakang. Namun, kesan sporty tetap berusaha dipancarkan dari ujung knalpot ganda di bawah bumper itu. Kesan clean juga terpancar dari penempatan nozzle wiper yang tersembunyi di bawah spoiler belakang.

>>> Mungkin Anda ingin baca:


Interior Toyota Harrier 2020

Review All New Toyota Harrier 2020: Layout Dasbor

Gambar menunjukkan layout dasbor All New Toyota Harrier 2020

Interior sama mewahnya dari generasi sebelumnya

Masuk ke bagian dalam All New Toyota Harrier 2020 ini, yang langsung terasa adalah kesan mewah dan futuristis. Layout dashboard-nya lebih baik dari Toyota Harrier generasi sebelumnya yang sebenarnya sudah keren dan sejak hadir All New Harrier jadi tampak monoton. Meski tidak terdapat panel kayu seperti layaknya mobil mewah, namun kombinasi dari warna silver coklat, hitam, dan krom berpadu sempurna menambah kemewahan mobil ini.

Review All New Toyota Harrier 2020: Kursi

Sebagai mobil kelas menengah atas, kursi All New Toyota Harrier sudah selayaknya nyaman untuk diduduki. Seperti yang kami pernah rasakan di Toyota Harrier generasi kedua dan ketiga, kami tidak pernah komplain akan kenyamanan jok Harrier. Kami memang belum pernah mencoba duduk di kursi All New Toyota Harrier 2020 ini, namun kami yakin kenyamanannya tidak akan berkurang. Begitu juga pengaturan kursinya yang lengkap dari reclining, height adjuster, hingga lumbar support.

Gambar menunjukkan Kursi All New Toyota Harrier 2020

Kursi Toyota Harrier terkenal nyaman diduduki

Kursinya sendiri dilapisi dengan kulit sintetis yang warnanya terinspirasi dari ‘bentwood’, sehingga warna joknya menyerupai kayu. Warna coklat, abu-abu, dan hitam berpadu sempurna untuk menciptakan rasa nyaman dan mewah di dalam kabin All New Toyota Harrier 2020 ini. O ya, kelima penumpang di dalam All New Toyota Harrier 2020 ini juga akan merasa aman, sebab seatbelt 3 titik dan headrest yang dapat diatur ketinggiannya tersedia untuk semua penumpang.

Review All New Toyota Harrier 2020: Panoramic Roof

Gambar menunjukkan panoramic roof All New Toyota Harrier 2020

Panoramic roof memberi kesan lega

Panoramic sunroof berguna untuk menambah kesan lega kabin. Namun, fitur di kabin ini biasanya sedikit menyita ruang kepala. Kami harap All New Toyota Harrier 2020 ini tidak mengorbankan headroom. Panoramic sunroof di Harrier terbaru ini juga dapat dibuka bagian depannya dan memiliki fungsi tilt. Bagi Anda yang memiliki anak kecil dan suka berjalan-jalan di pegunungan, atap kaca ini pasti berguna dan menyenangkan anak Anda.

>>> Baca juga:

 

Fitur Toyota Harrier 2020

Review All New Toyota Harrier 2020: Toyota Safety Sense

Gambar menunjukkan fitur Toyota Safety Sanse All New Toyota Harrier 2020

Toyota Safety Sense jadi perangkat penyelamat Toyota modern

All New Toyota Harrier 2020 ini dilengkapi dengan fitur keselamatan bernama Toyota Safety Sense (TSS). TSS ini dikenal akan kemampuannya dalam mencegah terjadinya kecelakaan. Pasalnya, dalam teknologi TSS terdapat formasi fitur Pre-Collision System (PCS) with Pedestrian Detection (PD), Lane Departure Alert (LDA), Steering Assist (SA), Automatic High Beams dan Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Teknologi selengkap ini, tentu dirasa sangat menjamin dalam menjaga keselamatan Anda dalam berkendara.

Review All New Toyota Harrier 2020: In-Car Entertaiment System

Gambar menunjukkan In-Car Entertaiment System All New Toyota Harrier 2020

Sound system kelas wahid JBL tertanam di Toyota Harrier ini

Sektor In-Car Entertainment System alias pemanja telinga juga tidak dilupakan. Makanya sistem hiburan kelas wahid dijejalkan di All New Toyota Harrier 2020 ini. Mobil ini memiliki fitur sistem navigasi T-Connect SD berupa layar sentuh TFT berukuran 12,3 inci dengan SmartDeviceLink yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk Audionya, Harrier terbaru sudah didukung 9 speaker dari JBL menjamin reproduksi suara kian mantab.

Review All New Toyota Harrier 2020: Sistem Parkir Pintar

Gambar menunjukkan tampak belakang All New Toyota Harrier 2020

Parkir makin mudah dengan adanya fitur ini

Generasi keempat Toyota Harrier ini selain telah dilengkapi dengan fitur dari Toyota Safety Sense termasuk pre-collision system yang bisa mendeteksi pejalan kaki di siang maupun malam hari dan pesepeda di siang hari. All New Toyota Harrier 2020 juga terdapat sistem parkir pintar bernama Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes yang dapat membantu mencegah tabrakan ketika mobil dipacu pada kecepatan rendah, misalnya saat bermanuver di tempat parkir.

>>> Jabodebek PSBB, Jumlah Kendaraan di Jalan Tol Cipularang Turun Drastis

 

Operasi Toyota Harrier 2020

Foto mesin berkode A25A-FXS All New Harrier 2020

Mesin hybrid memberikan efisiensi tinggi

All New Toyota Harrier 2020 ini dilengkapi dengan 2 pilihan powertrain dan 2 jenis transmisi. Pertama adalah varian hybrid yang mengusung mesin 2.500 cc berkode A25A-FXS. Kedua adalah mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS. Kedua mesin ini punya output berbeda, untuk varian hybrid, mesin A25A-FXS dapat diperah tenaganya hingga 218 PS serta torsi 221 Nm, kedua figur itu merupakan gabungan motor listrik dan mesin bensin. Output jelasnya Anda dapat lihat di boks spesifikasi.

Foto Mesin berkode M20A-FKS All New Harrier 2002

Mesin 2000 cc dynamic force Toyota memberikan performa optimal

Sedangkan untuk mesin 2.000 cc dapat menghasilkan tenaga 171 Ps atau sekitar 169,5 Hp pada putaran mesin 6.600 rpm. Serta torsi 207 Nm pada putaran mesin 4.800 rpm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT terkini racikan Toyota yakni Direct Shift-CVT. Sementara untuk varian bermesin hybrid menggunakan eCVT seperti yang lebih dulu diusung oleh Toyota Prius maupun Toyota Altis Hybrid. Dan khusus hybrid terdapat opsi penggerak 4 roda bernama E-Four yang tenaganya lebih besar 4 Ps dari hybrid ‘biasa’.

>>> Penghentian Sementara Kegiatan Produksi Toyota Dan Daihatsu Diperpanjang

 

Spesifikasi Toyota Harrier 2020

Berikut ini adalah spesifikasi All New Toyota Harrier 2020:

Mesin All New Toyota Harrier 2020
 Seri mesin

 A25A-FXS, 4 Siinder Segaris, Dynamic Force Engine Hybrid System

 M20A-FKS, 4 Silinder Segaris, Dynamic Force Direct Injection

 Sistem Pasokan Bahan Bakar

 Electronic Fuel Injection (A25-FXS)

 Direct Injection D4-ST (M20A-FKS)

 Jumlah Katup  16 Katup (2 Inlet dan 2 Outlet Per Silinder)
 Tenaga Maksimum

 Total 218 Ps (164 Ps engine output A25-FXS + 54 Ps electric motor) 

 171 Ps @ 6.600 rpm (M20A-FKS)

 Torsi Maksimum

 Total 221 Nm (engine output A25-FXS + electric motor)

 207 Nm @ 4.800 rpm (M20A-FKS)

 Kapasitas Silinder

 2,487 cc (A25-FXS)

 1,986 cc (M20A-FKS)

 Bore X Stroke

 87,5 mm X 103,4 mm (A25-FXS)

 80,5 mm X 97,6 mm (M20A-FKS)

 Tipe Transmisi

 eCVT (A25-FXS)

 Direct Shift-CVT (M20A-FKS)

  Rangka All New Toyota Harrier 2020
 Panjang X Lebar X Tinggi  4.740 mm X 1.855 mm X 1.660 mm
 Jarak Sumbu Roda  2,690 mm
 Berat Kotor  1.620 Kilogram
 Jumlah Tempat Duduk  5 Tempat Duduk
 Kapasitas Tangki  60 Liter
  Suspensi/Kaki-Kaki All New Toyota Harrier
Suspensi Depan & Belakang  MacPherson Strut & Double wishbone
Sistem Kemudi  Rack And Pinion with Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang  Ventilated Disc & Disc
Teknologi Sistem Pengereman  ABS, EBD, BA, Toyota Safety Sense
Teknologi Safety Sasis  Toyota New Global Architecture (TNGA)
Struktur Sasis  Monokok, TNGA (GA-K) SUV C Segment
Pelek  Alloy, 19 Inch
Jenis Ban  Radial, 225/55R19

Daftar Harga Toyota Harrier 2020

Gambar menunjukkan Harga All New Toyota Harrier 2020

Kalau masuk secara resmi dan dijual di bawah Rp 1 milliar pasti laris manis

All New Toyota Harrier 2020 ini belum dijual ke publik, namun menilik harganya terdahulu, ketika masuk Indonesia tidak akan lebih dari Rp1,3 miliar. Tapi perlu diingat, harga tersebut tidak mengikat karena sangat tergantung dari kurs dollar, mengingat ini adalah mobil CBU yang dirakit di Jepang. Jika berminat, bisa kontak Importir Umum di dekat lokasi Anda.

>>> Jika Anda mau membeli mobil Toyota Harrier, silakan klik sini

Kesimpulan Toyota Harrier 2020

Gambar menunjukkan ilustrasi kesimpulan review All New Toyota Harrier 2020

Harrier masuk secara resmi via APM kemungkinannya kecil

All New Toyota Harrier 2020 ini berhasil tampil lebih tampan berkat desainnya yang makin dewasa, serta meningkatnya fitur keselamatan yang semakin modern pun membuatnya kian perfeksionis. Lantas akankah masuk Indonesia? Kami pernah berbincang dengan PT Toyota Astra Motor, Harrier ini konfigurasinya mirip dengan Rav4 yang juga pernah dipajang 2016 lalu. Minimnya animo membuat mereka tidak bisa menjamin ia akan masuk secara resmi ke Tanah Air. Akankah All New Harrier 2020 ini menjadi ‘kacang goreng’ dan jadi titik balik IU di Tanah Air? We’ll see...

>>> Klik sini untuk lanjut simak review mobil yang menarik lainnya

Arfian Alamsyah
Share this post:

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

POWER AUTO

Banten

MOCIL DIPO

DKI Jakarta

Kembar Jaya Motor

Jawa Barat

Review lain

Toyota Harrier Punya Model Baru tapi Tak Lagi Pakai Mesin Turbo

13/04/2020

Mobil baru

4 menit

Toyota Harrier punya model baru yang akan meluncur pada Juni mendatang. Namun pada model barunya tersebut tak ada lagi Harrier yang dibekali mesin turbo.

Lihat juga

Review Toyota Harrier XU60 2015: SUV JDM Toyota Bergelimang Fitur

550000000

23/02/2020

Editor rate:

Mencari SUV bekas berkualitas? Toyota Harrier XU60 2015 bisa menjadi pilihan. Desain sporty serta fitur beragam menjadikannya pilihan mobil bekas yang memesona.

Lihat juga

Review Toyota Harrier 2017 Indonesia

09/03/2017

Editor rate:

Toyota Harrier 2017 merupakan mobil SUV mewah buatan Jepang yang mulai diperkenalkan pada pertengahan tahun 2017 silam. SUV mewah besutan Toyota ini telah mengalami pembaharuan (facelift) dari generasi sebelumnya. Mobil ini pun dikabarkan sudah memulai penjualannya pada Juni 2017 silam di negara asalnya, Jepang. Apa saja fitur-fitur yang ditambahkan di mobil SUV mewah besutan Toyota ini? Selengkapnya bisa dibaca ulasan tentang Toyota Harrier 2017 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga

Review Toyota Harrier 2003, SUV Mewah Terpopuler Di Zamannya

08/04/2018

Editor rate:

Toyota Harrier 2003 merupakan mobil SUV mewah buatan Jepang yang mulai diperkenalkan pada tahun 2003 silam. Merupakan generasi kedua dalam jajaran lini Toyota Harrier. Karena PT Toyota-Astra Motor tidak memasarkan mobil ini, maka Toyota Harrier didatangkan dalam bentuk CBU dari Jepang oleh importir umum. Apa saja fitur-fitur yang ditambahkan di mobil SUV mewah besutan Toyota ini? Selengkapnya bisa dibaca Review Toyota Harrier 2003 di bawah ini.

Lihat juga

Review New Toyota Harrier 2016 Indonesia

08/02/2018

Editor rate:

Toyota Harrier 2016 merupakan mobil SUV mewah buatan Jepang yang mulai diperkenalkan pada tahun 2013 silam. SUV mewah besutan Toyota ini telah memasuki generasi ketiga dalam pasar otomotif dunia. Mobil ini didatangkan dalam bentuk CBU oleh importir umum di Indonesia. Apa saja fitur-fitur yang ditambahkan di mobil SUV mewah besutan Toyota ini? Selengkapnya bisa dibaca review New Toyota Harrier 2016 Indonesia di bawah ini.

Lihat juga