Review Toyota Harrier XU60 2015: SUV JDM Toyota Bergelimang Fitur

23/02/2020
editor rate: 4,5 user rate: N/A
Mencari SUV bekas berkualitas? Toyota Harrier XU60 2015 bisa menjadi pilihan. Desain sporty serta fitur beragam menjadikannya pilihan mobil bekas yang memesona.

PENGANTAR Toyota Harrier 2015

Review Toyota Harrier XU60 2015 - Toyota Harrier merupakan SUV berukuran menengah yang dijual oleh Toyota sejak Desember 1997 di Jepang. Dinamai sebagai Lexus RX dari Maret 1998 hingga Juli 2012, model generasi kedua mendapatkan debutnya pada Februari 2003. Toyota menyegarkan Harrier pada 2013 yang diubah menjadi model independent, sedangkan edisi faceliftnya mendarat di Indonesia pada 2017 silam.

generasi pertama Toyota Harrier XU10 berwarna putih 
Generasi pertama Toyota Harrier XU10

Harrier pertama kali masuk ke Indonesia melalui generasi kedua XU30 yang dikenal juga dengan Lexus RX dan didatangkan dengan dua tipe, yaitu 240G dan 300G. Penjualannya berlangsung hingga 2009 dan mendapatkan cukup banyak perhatian dari konsumen mobil keluarga Tanah Air.

Sedangkan Harrier seri XU60 sendiri tidak hanya menggantikan seri XU30, tetapi juga XA30 di Jepang. Dirilis pada 2 Desember 2013 di Jepang untuk model bensin dan 15 Januari 2014 untuk model hybrid, Harrier merupakan mobil Jepang yang dibawa langsung ke Indonesia oleh importir umum. Populasinya cukup banyak di Indonesia dan mobil bekasnya bisa Anda dapatkan tersebar di seluruh Indonesia.

Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam 
Tampilan sangar Toyota Harrier XU60 2015

Memang Toyota sudah tak lagi memproduksi mobil ini. Belum lagi harganya terkesan cukup mahal untuk sekelas mobil bekas. Tapi bagi Anda yang ingin memiliki mobil ini, Anda bisa melihat review Toyota Harrier XU60 2015 dari tim Cintamobil.com untuk pertimbangan Anda.

EKSTERIOR Toyota Harrier 2015

Untuk mobil berusia 5 tahun, eksterior Toyota Harrier XU60 2015 sudah mendapatkan tampilan yang sporty dan maskulin. Terlihat dengan kisi-kisi dan garis tajam pada lekukannya serta garis otot yang melebar.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Eksterior Depan

Dari depan, grille berlapis plastik dengan emblem Harrier berbentuk kepala burung memang berbeda dibandingkan SUV lain di masanya. Faktanya, grille depan Harrier memang tak memiliki lubang udara. Tapi aliran udara bisa masuk melalui lubang angin yang ada di bawah grille serta pada bagian bumper bawah di bagian tengah.

tampilan depan Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam
Eksterior depan Toyota Harrier XU60 2015

Desain lampu depan yang sudah mendapatkan fitur LED sekilas terlihat garang dengan tampilannya yang menyipit. Sayangnya lampu high beam baru menggunakan teknologi halogen. Bahkan pada tahun 2015, Harrier sendiri sudah dilengkapi fitur auto high beam.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Eksterior Samping

tampilan samping Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam
Eksterior samping Toyota Harrier XU60 2015

Dibandingkan generasi kedua yang diperkenalkan di Jepang, tampilan sampingnya masih tanpa perubahan yang signifikan. Desain samping masih polos dengan sedikit aksen silver pada list body samping serta gagang pintu. Melengkapi kemewahan bagian sampingnya, Anda bisa menemukan velg dengan finishing satin chrome.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Eksterior belakang

tampilan belakang Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam
Eksterior belakang Toyota Harrier XU60 2015

Lampu belakang dengan finishing glossy dan aksen hitam di bagian dalam membuat tampilannya terkesan lebih mewah. Bukaan bagasi juga sudah elektrik, meskipun untuk membukanya cukup lambat. Namun yang membedakan mobil ini dengan model Toyota lainnya adalah adanya stiker khas Jepang di bagian belakang. Mengingat mobil ini diimpor langsung dari Negeri Sakura tersebut.

>>> Dapatkan review Toyota terbaik lainnya di sini

INTERIOR Toyota Harrier 2015

Desain mewah bisa dirasakan ketika masuk ke dalam mobil dengan perpaduan material soft touch dan plastik pada bagian dalam, ditambah dengan sedikit aksen kayu pada sisi pintu dan konsol tengah. Semuanya disandingkan dengan aksen garis silver yang memukau.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Dashboard

dashboard Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam 
Desain dashboard Toyota Harrier XU60 2015

Senada dengan kemewahan interiornya, dashboard Toyota Harrier XU60 2015 sudah dilengkapi dengan layar infotainment serta kontrol AC dan audio yang sudah full touchscreen, tak lagi menggunakan kenop. Desain dashboard terbilang cukup unik dengan gabungan material soft touch dan aksen piano black yang memberikan tampilan mobil mewah. Dipadukan dengan sedikit aksen kayu pada konsol tengah.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Setir

setir Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam 
Desain setir Toyota Harrier XU60 2015

Setir multifungsi berlapis kulit dipadukan dengan aksen silver untuk mempercantik tampilan setir. Tapi mobil ini memiliki teknologi yang bahkan tak dimiliki oleh SUV lainnya di Indonesia. Hanya dengan duduk dan mengaktifkan mesin, maka setir akan mengatur ulang ke posisi terakhir Anda berkendara. Tentu saja Anda bisa mengatur posisi berkendara dengan baik karena setir sudah dilengkapi fitur Tilt & Telescopic.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Kursi

kursi Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam 
Kursi Toyota Harrier XU60 2015

Tampilannya yang mewah bisa dirasakan dengan kursi berlapis kulit. Dua kursi depan juga sudah dilengkapi dengan sistem penghangat. Duduk di baris kedua, ruang kaki dan ruang kepala dirasa cukup sempit bagi Anda dengan postur 180 cm. Namun penumpang di belakang sudah dilengkapi dengan armrest dan cup holder yang berkontribusi memberikan kenyamanan selama berkendara.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Bagasi

bagasi Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam
Ruang bagasi Toyota Harrier XU60 2015

Buritan yang menonjol ke belakang memberikan ruang penyimpanan yang cukup besar. Anda bisa menyimpan dua koper berukuran besar di bagian belakang. Dan jika Anda membuka lantai bagasi, Anda akan mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar. Mengingat Harrier generasi ketiga tidak lagi dilengkapi dengan ban cadangan. Anda hanya diberikan tire repairing kit.

>>> Berita seputar Toyota bisa Anda dapatkan di sini

FITUR Toyota Harrier 2015

Walaupun berumur lima tahun, mobil ini sudah dilengkapi fitur yang tak kalah dengan SUV terbaru yang ditawarkan di Indonesia. Salah satunya kenyamanan berkendara yang ditunjang oleh fitur dual zone climate control di dalam kabinnya. Walau begitu, penumpang di baris kedua masih belum bisa mengatur suhu di belakang, hanya mengikuti temperatur di depan.

Harrier juga sudah mendapatkan teknologi nanoe Toyota, yaitu sistem yang akan menyaring dan membersihkan udara yang masuk ke dalam mobil. Dan sama seperti mobil premium lainnya, Anda bisa mendapatkan fitur panoramic sunroof yang akan memberikan kesan mewah dan kabin yang lebih lega.

fitur Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam 
Fitur infotainment Toyota Harrier XU60 2015

Fitur infotainment layar sentuh T-Connect 8 inci juga tak ketinggalan dengan mobil masa kini. Mulai dari radio AM/FM, Bluetooth, dan AUX. Anda juga bisa memutar musik melalui CD, kartu memori SD Card, hingga USB. Dan untuk XU60 sudah dilengkapi dengan speaker dari Audio GreenEdge JBL serta satu subwoofer di bagian belakang yang akan menemani Anda selama perjalanan.

Review Toyota Harrier XU60 2015: Fitur keselamatan aktif

Untuk menjaga Anda selama berkendara, fitur Toyota Safety Sense juga disematkan. Di depan, ada kamera yang terletak pada bagian atas kaca depan yang bertugas untuk menangkap marka jalan, yaitu fitur Lane Departure Alert. Fitur ini akan berbunyi ketika Anda menginjak marka jalan. Ada pula sensor untuk membantu Anda menjaga jarak dengan kendaraan di depan ketika fitur Cruise Control diaktifkan.

Fitur menarik yang diberikan yaitu Intelligence Clearance Sonar yang akan membantu Anda ketika parkir. Ketika Anda mundur, mobil ini akan mengerem secara otomatis ketika Anda berhadapan dengan tembok maupun penghalang di belakang. Namun fitur ini hanya berfungsi ketika kecepatan berada di bawah 5 km/jam.

>>> Harga Toyota Harrier Terbaru di Indonesia

OPERASI Toyota Harrier 2015

Harrier mendapatkan mesin 3ZR yang sama dengan yang digunakan pada Toyota Voxy yang dijual di Indonesia. Menggunakan mesin berkapasitas 2.0 yang sama, Harrier mampu menghembuskan tenaga hingga 158 PS pada 6.100 rom dan torsi puncak 195 Nm pada 3.800 rpm. Disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT dengan mode manual 7-percepatan.

Efisiensi berkendara juga ditambah dengan fitur auto startup yang akan membuat mesin mati secara otomatis ketika Anda berhenti untuk waktu yang cukup lama. Ada pula dua mode berkendara yang bisa Anda pilih, yaitu Eco Mode untuk pengendaraan yang lebih hemat bahan bakar, serta Power Mode jika Anda yang ingin memacu mobil ini lebih kencang.

mesin Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam
Mesin yang dipakai untuk Toyota Harrier XU60 2015

Review Toyota Harrier XU60 2015: Impresi berkendara

Berbeda dengan dua varian sebelumnya yang menggunakan platform K milik Lexus, XU60 dikembangkan dengan platform New MC milik Toyota RAV4. Platform barunya membuat Harrier cukup menyenangkan ketika dibawa berkendara di jalanan dalam kota. Efisiensi bahan bakar pun hampir sama dengan Toyota Voxy, mencatatkan keluaran 12 km/liter untuk pengendaraan dalam kota.

Bantingan suspensi terbilang empuk, sehingga membuatnya cukup nyaman ketika dibawa ke jalanan yang kurang mulus. Tapi ketika Anda membawa mobil ini di jalanan yang ramai, kekedapan kabin bisa dibilang tak begitu bagus. Sedangkan untuk road noise memang tak begitu mengganggu.

Sayangnya, kenikmatan berkendara bisa dibilang tak seenak platform TNGA yang dikembangkan Toyota beberapa waktu belakangan. Mengingat suspensi yang dibuat empuk, Harrier terkesan cukup limbung. Meski kemudi cukup responsif, namun cukup penumpang bisa merasakan mobil ini bergoyang ketika dibawa ke jalanan yang meliuk-liuk.

>>> 3 Keuntungan Besar Layanan Toyota Home Service di Auto2000

spesifikasi Toyota Harrier 2015

Tak ada perbedaan antara spesifikasi Harrier XU60 2015 yang dijual di Jepang dengan yang dibawa ke Indonesia karena mobil ini sejatinya diimpor langsung dari Negeri Matahari Terbit tersebut. Berikut spesifikasi detailnya.

Dimensi Toyota Harrier XU60 2015

Panjang x Lebar x Tinggi

4.575 x 1.815 x 1.670 mm

Jarak Poros Roda

2.615 mm

Mesin Toyota Harrier XU60 2015

Tipe Mesin

3ZR 2.0L 4-silinder

Kapasitas Silinder

1.987 cc

Tenaga Maksimal

158 PS @ 6.100 rpm

Torsi Maksimal

195 Nm @ 3.800 rpm

Transmisi

CVT mode manual 7-speed

Sistem Penggerak

Front-wheel drive

Kaki-Kaki Toyota Harrier XU60 2015

Suspensi Depan/Belakang

Independent

Ukuran Ban

235/55 R18

kelebihan & kekurangan Toyota Harrier 2015

Mengingat harga bekas mobil ini terbilang cukup mahal, perhatikan kelebihan dan kekurangan Toyota Harrier XU60 2015 di bawah sebelum Anda membeli mobil ini.

Kelebihan Kekurangan

Tampilan yang maskulin di luar dan elegan di dalam

Cukup mahal untuk mobil bekas di kelasnya

Fitur yang tak kalah dengan mobil baru

Ruang kepala dan kaki untuk penumpang di belakang tak terlalu lapang

Bantingan yang empuk dan nyaman dikendarai Kekedapan kabin bisa dibilang tak terlalu bagus

daftar harga Toyota Harrier 2015

Dengan fitur yang berlimpah serta tampilan maskulinnya, tak heran jika mobil ini masih sering wara wiri di pasar mobil bekas Tanah Air. Sedangkan bagi Anda yang ingin mendapatkan ‘servis’ dari mobil ini harus merogoh kocek yang lumayan dalam. Meskipun mobil bekas berumur 5 tahun, namun harga Toyota Harrier XU60 2015 di pasar mobil bekas saat ini berada pada kisaran Rp550 jutaan hingga Rp600 jutaan. Cukup tinggi untuk mobil bekas. Namun bisa dibilang sebanding dengan kemewahannya.

Video Toyota Harrier 2015

Sebelumnya, tim Cintamobil TV telah lebih dulu merilis video Toyota Harrier XU60 2015 yang akan menunjukkan beberapa kelebihan dan kekurangan mobil ini serta tips membelinya.

KESIMPULAN Toyota Harrier 2015

Dilihat dari harga, Toyota Harrier XU60 2015 memang bisa dibilang cukup mahal untuk ukuran mobil bekas di kelasnya. Tapi jangan salah, mobil ini bisa memberikan Anda pengendaraan yang menyenangkan dengan berbagai fitur yang tak kalah dengan SUV baru yang ada di Indonesia saat ini. Tampilan dalamnya juga elegan dengan material soft touch dan aksen kayu.

Toyota Harrier XU60 2015 berwarna hitam di jalan 
Toyota Harrier XU60 2015 bisa Anda dapatkan di pasar mobil bekas

Masih menggunakan platform lama Toyota membuatnya sedikit terasa limbung ketika berkendara. Namun pengendaraan yang diberikan cukup nyaman ketika menghadapi jalanan yang tak rata dengan bantingan suspensi yang empuk. Salah satu pilihan mobil bekas yang menjanjikan untuk Anda yang menyukai citra dan kemewahan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk membaca artikel review mobil lainnya

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil