Toyota Harrier Punya Model Baru tapi Tak Lagi Pakai Mesin Turbo

13/04/2020

Mobil baru

4 menit

Share this post:
Toyota Harrier Punya Model Baru tapi Tak Lagi Pakai Mesin Turbo
Toyota Harrier punya model baru yang akan meluncur pada Juni mendatang. Namun pada model barunya tersebut tak ada lagi Harrier yang dibekali mesin turbo.

Toyota merilis generasi keempat SUV Harrier yang bakal meluncur pada Juni mendatang. Kali ini Toyota Harrier bakal dibekali platform TNGA (GA-K). Akan ada varian bensin dan juga hybrid yang dikenalkan. Namun Harrier versi terbaru justru tak lagi menggunakan mesin turbo. 

Mesin

Toyota Harrier terbaru mengusung mesin A25A-FXS direct injection 4-silinder Dynamic Force berkapasitas 2.487 cc untuk varian hybridnya. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga setara 120 PS dan torsi 202 Nm dengan motor yang dipasang di garda depan. 

Toyota Harrier 2020

Wajah baru Harrier

Sedangkan untuk varian bensin, Toyota Harrier menggendong mesin berkapasitas 1.986cc direct-injection Dynamic Force yang bisa menghasilkan tenaga setara 171 PS pada putaran 6.600 rpm dan torsi 207 Nm pada 4.800 rpm. 

>>> Begini Cara Polisi Mengecek Kendaraan Pribadi saat PSBB di Jakarta

Kedua varian mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi CVT. Varian bensinnya mendapatkan unit Direct-Shift CVT terbaru, sementara varian Hybrid tersedia dengan E-Four all wheel drive. Untuk varian hybrid, motor listriknya terpasang di garda belakang. Motor listrik tersebut dapat menambah tenaga 54 PS dan torsi 121 Nm. Sehingga secara total Toyota Harrier Hybrid bisa menghasilkan tenaga 218 PS, sementara versi E-Four AWD punya tenaga setara 222 PS. 

Dimensi

Toyota Harrier model baru ini memiliki dimensi 4.740 mm x 1.855 mm x 1.660 mm (pxlxt) dengan jarak sumbu roda 2.690 mm. SUV berkapasitas lima penumpang ini mengusung suspensi depan MAcPherson Strut dan double-wishbone di belakang. Sedangkan peleknya menggunakan ukuran berdiameter 19 inchi dengan detail ukuran 225/55R19. 

>>> Makin Banyak Pabrik Mobil di Indonesia Stop Produksi karena Corona

Fitur

Toyota juga membekali Harrier dengan fitur canggih berupa Active Cornering Assist (ACA). Fitur ini diklaim Toyota bisa mengurangi efek understeer ketika mobil berbelok di tikungan. 

Generasi keempat Harrier ini juga telah dilengkapi dengan fitur dari Toyota Safety Sense termasuk pre-collion system yang bisa mendeteksi pejalan kaki di siang maupun malam hari dan pesepeda di siang hari. 

Selain itu ada juga Intelligent Clearance Sonar with Parking Support Brakes yang dapat membantu mencegah tabrakan ketika mobil dipacu pada kecepatan rendah, misalnya saat bermanuver di tempat parkir. 

>>> Tak Selalu Mahal, Ini Dia 3 Mobil Sedan Murah dan Irit untuk Anda

Interior

Masuk ke bagian dalam Toyota Harrier model terbaru ini mengusung Digital Inner Mirror yang memungkinkan untuk merekam kegiatan yang terjadi di depan maupun belakang mobil mirip dengan blackbox pada pesawat. 

Interior Toyota Harrier

Bagian Interior Harrier

Sistem hiburannya kali ini memiliki fitur sistem navigasi T-Connect SD berupa layar sentuh TFT berukuran 12,3 inchi dengan SmartDeviceLink yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto. Untuk Audionya, Harrier terbaru sudah didukung 9 speaker dari JBL. 

Joknya dilapisi kulit sintetis yang terinspirasi dari 'bentwood' sehingga warnanya menyerupai kayu. Warna tersebut dipadu dengan coklat, abu-abu, dan hitam untuk menciptakan atmosfer yang menenangkan di dalam mobil. 

>>> Rata-Rata Umur Aki Mobil dan 7 Cara Memperpanjang Daya Tahannya

Tak lupa fitur khas mobil mewah yakni panoramic sunroof juga tak absen dalam Toyota Harrier baru. Pengendara dan penumpang di dalamnya bakal lebih nyaman karena didukung dari material yang kedap suara. 

Eksterior Toyota Harrier

Bagian belakang Harrier

Untuk menambah kenyamanan, versi hybridnya bisa berfungsi seperti powebank ketika listrik di rumah mati berkat aksesoris power outlet dengan daya 1.500 Watt dan tegangan 100 Volt. 

Toyota Harrier ini akan tersedia dalam 7 warna pilihan dengan tiga varian yakni Z, G, dan S.

>>> Berita otomotif terlengkap lainnya bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020. Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnal
 
back to top