Memahami Transmisi Matic Calya Dan Cara Mengemudikannya

24/09/2021

Perawatan dan service

7 menit

Pada transmisi matic Calya terdapat beberapa perpindahan yang dapat dilakukan tuas transmisi dari P sampai 3. Pengemudi perlu mengetahui cara memindahkannya.

Toyota Calya mempunyai pilihan transmisi manual dan matic yang tentunya bisa disesuaikan dengan selera ketika memilihnya. Namun kali ini kami akan membahas transmisi matic Calya. Meskipun transmisi matic memiliki banyak penggemar namun tidak sedikit orang masih enggan menggunakannya karena rasa takut saat mengalami kerusakan maka biaya perbaikan mahal.

Sebenarnya jika perawatan dilakukan dengan baik dan teratur, maka transmisi otomatis pada mobil sifatnya cukup awet. Salah satunya adalah dengan mengikuti petunjuk penggunaan dan tidak memakainya asal-asalan.

gambar ini menunjukkan mobil Toyota Calya tampak bagian depan

Toyota Calya mobil MPV ramah lingkungan dan hemat BBM

>>> Komparasi Toyota Calya vs Avanza, Mana Yang Lebih Value for Money?

Fungsi D4, 3, 2 Pada Mobil Matic Calya

Toyota Calya merupakan kendaraan MPV yang juga masuk dalam segmen LCGC. Dengan harga yang terjangkau, pengemudiannya cukup baik untuk sekelas mobil keluarga dengan transmisi otomatis dan manual yang bisa dipilih. Dan untuk pengendaraan perkotaan, transmisi matic memang lebih simpel.

Pada tuas transmisi matic Calya terdapat beberapa huruf dan angka yakni P, R, N, D4, 3 dan 2. Dimana transmisi tersebut memiliki peranan penting ketika berhenti ataupun saat mobil melaju.

Pada huruf P memiliki arti parking dan dipakai ketika mobil dalam kondisi parkir. Pada saat tuas transmisi pada posisi P maka kondisinya akan terkunci dan mobil tidak dapat di dorong. R menunjukkan Reserve, dimana fungsinya adalah untuk membuat laju mobil hadi mundur.

Kemudian N berarti netral yang merupakan posisi bebas. Umumnya pemakaiannya saat mobil diberhentikan sejenak seperti ketika berada di lampu merah. Ketika berada di posisi N jangan lupa untuk menarik rem parkir agar mobil tetap berhenti dan tidak melaju sendiri.

D berarti Drive yang mempunyai fungsi untuk membuat mobil dapat berjalan maju. Nah pada transmisi matic Calya tulisannya adalah D4, hal tersebut menunjukkan bahwa perpindahan gigi terjadi secara otomatis dari gigi 1 sampai 4.

Gambar ini menunjukkan tuas transmisi mobil Toyota Calya Matic

Mengetahui perpindahan tuas transmisi diperlukan

Namun terdapat kode angka pada tuas transmisi calya matic yakni 2 dan 3, apa maksudnya?

Pada angka 2 atau 3 memiliki fungsi seperti D yang bisa digunakan untuk maju. Disebut juga dengan D3 dan D2, hanya saja untuk posisi giginya dibatasi dengan tertinggi sampai gigi 3. Kemudian untuk gigi 2 juga sama supaya gigi tertingginya hanya sampai 2 saja.

Umumnya penggunaannya saat melintasi jalanan yang menurun, dengan memindahkan tuas pada posisi angka maka engine brake dapat terjadi. Begitupun pada saat menanjak, karena ketika pakai D kadang mobil terasa berat.

Selain itu, ada tombol pada tuas transmisi matic Calya yang memiliki fungsi tersendiri. Bahkan keisengan kadang muncul pada beberapa orang dengan menyebutnya sebagai tombol NOS, turbo, kursi pelontar dan lainnya.

Jadi tombol tersebut merupakan tombol release yang memiliki peranan penting. Dimana saat melakukan perpindahan dari P ke R atau N ke R perlu menekan tombol tersebut supaya dapat digeser. Apabila melakukan perpindahan secara langsung ke R maka bisa berbahasa jika tidak menekan tombol release.

Mobil dapat mundur secara langsung sehingga resiko menabrak objek di sekitar bisa terjadi. Fungsi lain tombol release adalah untuk mencegah tuas transmisi bergeser dari posisi diam tanpa sengaja.

Gambar ini menunjukkan pedal gas dan rem Toyota Calya

Pengoperasian tuas transmisi dipadukan dengan sistem pengereman

>>> Panduan Modifikasi Aksesoris Mobil Calya Supaya Makin Elegan

Cara Mengemudikan Mobil Matic Calya

Mengemudikan mobil matic tentunya terdapat perbedaan dengan manual. Apalagi tidak ada pedal kopling sehingga membuatnya lebih mudah dalam pengoperasian. Dalam mengendarai mobil dengan transmisi otomatis ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

1. Tetap Fokus

Meskipun kemudahan ditawarkan oleh kendaraan matic, namun pengemudi harus tetap fokus saat berada di jalan. Mengingat di jalanan tidak sendirian tapi masih ada pengendara lain, bahkan pejalan kaki dan juga pesepeda. Jika tidak fokus bisa berbahaya baik untuk diri sendiri ataupun pengguna jalan lain.

2. Memahami Tuas Transmisi Matic Calya

Seperti yang telah disebutkan di atas sebelumnya, bahwa tuas transmisi mobil matik ada beberapa perpindahan. Pengemudi harus paham semuanya dari mulai P sampai 2 (D2). Mari kita bahas dari awal dengan tuas transmisi dari P.

Pada saat ingin memindahkan pada posisi R, pertama kali adalah menekan pedal rem dan tombol pada tuas perlu ditekan sambil memindahkan tuas menuju R apabila ingin mengemudi mundur. Selanjutnya jika ingin memindahkan posisi R menuju ke N bisa menariknya secara langsung tanpa menekan tombol.

Berbeda lagi kalau ingin memindahkan posisi N ke R, maka menekan tombol diperlukan. Jika ingin berpindah dari posisi N ke D4 bisa langsung dilakukan tanpa menekan tombol, begitupun ketika memindahkannya ke posisi angka 2 dan 3. Apabila menginginkan memindah posisi tuas dari 2 menuju ke 3, D4 dan N tombol tidak perlu ditekan.

Gambar ini menunjukkan tuas lampu Toyota Calya

Mengetahui fitur di mobil memberikan kenyamanan dalam mengemudi bertambah

3. Mengetahui Fitur Toyota Calya

Dalam perjalanan tidak hanya mengendalikan mobil dengan memutar kemudi dan mengendalikan pedal gas serta memindahkan tuas transmisi saja. Namun perlu mengoperasikan fitur di dalam kendaraan yang juga perlu dipahami seperti menyalakan lampu-lampu, mengoperasikan wiper dan lainnya.

Untuk hal ini, apabila baru memiliki mobil Calya sebaiknya pahami terlebih dahulu posisi tuas dan tombol-tombolnya. Bahkan cara membunyikan klakson, membuka kap mesin dan tutup tangki perlu dipelajari sehingga saat dibutuhkan dapat mengoperasikannya dengan baik.

4. Tetap Berlatih

Ketika baru mengemudikan kendaraan tentunya perlu menghafal beberapa bagian pada kendaraan. Berlatihlah ketika sedang dalam kondisi sepi supaya saat terjadi kesalahan tidak membahayakan orang lain.

Pengemudi mobil yang handal tidak serta merta langsung bisa melakukannya. Tapi jam terbangnya yang padat membuatnya handal dalam kendaraan seperti pengoperasian, mengambil langkah saat akan menyalip dan juga feeling yang tepat.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai transmisi matic Calya. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Sobat semua dan tetap jaga kesehatan tubuh dan kendaraan yang dimiliki. Jangan lupa kunjungi situs Cintamobil.com untuk simak lebih banyak artikel tips dan trik yang berguna lainnya.

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa yang ditawarkan mobil transmisi matic?
Salah satunya adalah kemudahan dalam mengemudikannya karena tidak ada pedal kopling sehingga kaki kiri bisa istirahat.
Mengapa Toyota Calya patut menjadi pilihan?
Cocok untuk jadi kendaraan keluarga dan hemat konsumsi bahan bakar.
Bagaimana perawatan Toyota Calya?
Soal perawatan bisa diserahkan ke bengkel resmi. Servis berkala secara rutin membuat mobil akan tetap dalam kondisi prima.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top