Komparasi Toyota Calya vs Avanza, Mana Yang Lebih Value for Money?

17/08/2021

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Jika Anda mencari MPV 7-Seater dengan budget di bawah Rp 200 juta, Anda dihadapkan dengan pilihan Toyota Calya dan Avanza. Mana yang lebih value for money?

Toyota Avanza sudah eksis dari tahun 2003 hingga saat ini. MPV 7-penumpang tersebut sudah sangat akrab bagi para konsumen di Tanah Air yang mendambakan mobil keluarga pertama.

Di tahun 2016, Toyota Calya diluncurkan sebagai opsi MPV-7 penumpang dengan banderol yang bahkan lebih terjangkau. Pasangan muda yang sebelumnya tak pernah berpikir untuk membeli mobil baru pun banyak yang melirik Calya sebagai kendaraan calon keluarga mereka.

Gambar Toyota Avanza 1.3 E AT

Avanza 1.3 AT, hampir menyentuh Rp 200 juta meski benar-benar basic (foto ini adalah Avanza pre-facelift)

Lantas, di antara kedua MPV 7-penumpang lansiran PT Toyota Astra Motor tersebut, mana sebenarnya yang memberikan value for money lebih baik? Mari kita bandingkan Toyota Avanza tipe 1.3 E STD AT dengan Toyota Calya 1.2 G AT yang sama-sama memiliki harga di bawah Rp 200 juta.

>>> Duel Mobil 7-Seater Rp 150 Jutaan, Toyota Calya vs Wuling Confero DB

Adu Dapur Pacu

Toyota Avanza menggunakan mesin 1.329 cc berkode 1NR-VE dengan Dual VVT-i, sedangkan Toyota Calya menggunakan mesin 1.197 cc berkode 3NR-VE yang juga dibekali dengan teknologi Dual VVT-i.

Secara tenaga, Avanza unggul dengan 95 HP dan torsi 121 Nm. Sedangkan mesin Calya menghasilkan tenaga 87 HP dengan torsi 108 Nm. Sayangnya, konsumsi bahan bakar Avanza bermesin 1.3 terbilang lebih boros.

Gambar Mesin Toyota Calya

Meski kalah tipis dalam hal tenaga, mesin Calya lebih unggul secara efisiensi

Avanza 1.3 memiliki efisiensi bahan bakar di kisaran 10 kilometer per liter, sedangkan Calya 1.2 berada di angka 13,5 kilometer per liter. Bahkan, Toyota Avanza bermesin 1.5 saja masih lebih irit dengan 12,5 kilometer per liter.

Belum lagi jika kita menghadirkan elemen bobot mobil ke dalam perhitungan, Calya memiliki bobot yang lebih ringan dibanding dengan Avanza. Terbukti dalam soal akselerasi 0 - 100 km/jam, catatan waktu keduanya berada di sekitar 13 detik. Calya dengan kubikasi dan tenaga lebih kecil bisa menyamai pencapaian saudaranya.

>>> 5 Mobil Toyota GR Meluncur di Indonesia, dari Avanza sampai Fortuner

Dimensi Tak Berbeda Jauh

Toyota Avanza memiliki panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, dan wheelbase 2.655 mm. Sedangkan Toyota Calya memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm, tinggi 1.600 mm, serta wheelbase 2.525 mm. Keduanya sama-sama memuat 7-penumpang dengan cukup nyaman.

Gambar Toyota Avanza

Dimensi Avanza sedikit lebih besar, namun tak memberikan banyak keunggulan dalam hal ruang kabin

Meski dimensi Calya lebih kecil, legroom dan headroom mobil ini masih terbilang oke. Belum lagi saat diajak bermanuver di lalu lintas perkotaan, Calya dengan dimensi dan wheelbase lebih kecil terasa lebih gesit dibanding dengan Avanza.

Ukuran tangki bahan bakar Avanza yang lebih besar (45 liter), seharusnya bisa diungguli oleh Calya yang memiliki tangki bahan bakar 36 liter karena efisiensinya yang lebih baik.

Fitur Sama Persis

Secara fitur, keduanya sama persis baik dalam fitur kenyamanan maupun keselamatan. Fitur keselamatan standar seperti SRS Airbags dan ABS sudah tersedia dalam kedua mobil.

Gambar Interior Calya

Calya terbaru sudah dibekali setir multifungsi yang memudahkan pengemudi

Bahkan, karena Calya yang digunakan dalam komparasi merupakan tipe G, ada beberapa fitur yang lebih unggul dibanding Avanza tipe E seperti lampu sein pada spion dan setir dengan tombol multifungsi.

>>> Bedah Fitur Toyota Fortuner dan Rush GR Sport Terbaru

Harga dan Kesimpulan

Toyota Avanza 1.3 E STD AT dibanderol dengan harga Rp 197,9 juta, sedangkan Toyota Calya 1.2 G AT dibanderol dengan harga Rp 167,49 juta. Dari penjabaran di atas, sudah jelas Toyota Calya unggul hampir di seluruh kategori.

Toyota Calya G 2021

Calya jadi jawara pada komparasi ini

Dengan harga yang juga lebih terjangkau, kami nobatkan Toyota Calya 1.2 G AT sebagai pemenang dalam komparasi Calya vs Avanza ini dengan value for money yang lebih baik.

>>> Toyota Supra MK5 vs Supra MK4, Manakah yang Terbaik?

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top