Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017

20/07/2018
editor rate: 4,0 user rate: 4,0
Toyota Calya 1.2 G MT 2017 hadir sebagai MPV LCGC yang sempurna untuk keluarga Indonesia.Kehadirannya bisa dibilang tepat, mengingat saat itu pada tahun 2017 harga-harga mobil sudah naik tinggi, sementara pasar Indonesia masih senang dengan mobil berjenis MPV 6 sampai 7 penumpang berharga terjangkau.

PENGANTAR Toyota Calya 2017

Terlihat sebuah Toyota Calya 1.2 G MT 2017 sedang melaju kencang

Untuk membuktikan kehandalannya, kami mengetes dengan jarak jauh

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 - Toyota Calya hadir pertama kali menyapa publik Indonesia pada tahun 2017. Kala itu, masyarakat Indonesia merindukan sosok mobil MPV yang multi guna dan berharga terjangkau (tepatnya dibawah angka psikologis Rp 150 juta). Maklum saja, Avanza sebagai sang suksesor MPV dengan harga terjangkau yang sewaktu itu sudah dibanderol di atas Rp 180 juta, bahkan untuk varian terbawahnya sekalipun. Toyota Calya hadir pada momen yang tepat dengan harga terjangkau dan sanggup tampil sebagai MPV LCGC yang sempurna untuk keluarga Indonesia.

EKSTERIOR Toyota Calya 2017

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017: Sisi Depan

Tampak depan Toyota Calya 1.2 G MT warna merah

Tampilan depan Toyota Calya 1.2 G MT 2017 terlihat lebih garang dari saudaranya 

Oke, kita mulai dari tampilan depannya. Anda pasti setuju jika tampilan depan jagoan Toyota di kelas LCGC (Low Cost Green Car) ini terlihat sedikit lebih garang, apabila dibandingkan langsung dengan saudara kembarnya Daihatsu Sigra. Jika tampilan saudaranya lebih terlihat elegan nan feminim, beda sekali dengan tampilan depan Toyota Calya yang sedang kami tes ini, terlihat garang dan maskulin. Lihat saja tampilan depan bumpernya, tarikan garisnya meruncing seperti mulut orang yang sedang cemberut. Beberapa di antara rekan kami juga bilang, agak sedikit mirip dengan mulut ikan lele tanpa kumis. Pun begitu, ditambah dengan desain rumah foglamp berbentuk segitiga yang senada dengan desain bumper. Lampu utamanya sih biasa saja, oh ya ada satu hal yang kami dari Cintamobil.com kurang suka dari tampilan depan Toyota Calya 1.2 G MT 2017 ini, yaitu sepuhan krom plastik di bagian grill-nya. Kami yakin, muka depannya akan lebih garang nan ganteng lagi, jika elemen krom pada bagian tersebut diganti dengan warna hitam doff senada dengan bumper atau warna abu-abu.

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 : Tampilan Samping

Terlihat tampilan samping Toyota Calya 1.2 G MT 2017 dengan warna merah

Tampilan samping Toyota Calya 1.2 G MT 2017 yang cenderung bermain aman

Jika dari tampilan depan Toyota Calya 1.2 G MT 2017 terlihat garang dan maskulin, berbeda dengan tampak sampingnya. Mau Anda lihat dari sisi kanan maupun kiri, akan terlihat desainer dari MPV LCGC andalan Toyota ini cenderung bermain aman. Tidak akan ada kontroversi yang menyebabkan hate or love at the first sight di mobil yang di banderol dibawah Rp 150 juta ini. Tarikan garis dari atas fender depannya halus dan berlanjut hingga gagang pintu bagian depan juga belakang yang memiliki model kekinian khas Toyota modern. Satu yang agak mengganggu, MPV LCGC di kelas ini tidak jarang yang menggunakan mobil ini sebagai armada taksi online, tutup bensin yang diletakkan pada bagian kiri agak sedikit mengganggu ketika harus mengisi ulang bahan bakar. Karena pengemudi harus ada effort lebih, yaitu menyebrang ke bagian sisi kiri mobil. Namun hal itu bukanlah masalah besar, karena dengan dimensi bodi yang pas, panjang total hanya 4 meter lebih sedikit, bangku 3 baris, membuat Toyota Calya 1.2 G MT 2017 ini layak sebagai MPV LCGC yang sempurna untuk keluarga Indonesia.

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 : Tampilan Belakang

Terlihat tampilan belakang Toyota Calya 1.2 G MT 2017 berwarna merah

Tampilan belakang Toyota Calya 1.2 G MT 2017 selayaknya baby Innova Reborn

Berlanjut ke bagian belakang, MPV LCGC andalan pabrikan dengan lambang triple elips ini juga terkesan punya tampilan yang modern. Desain lampu belakangnya kalau diperhatikan seperti vampire back atau taring gigi pada film vampir. Memang desain seperti ini bukan selera semua orang. Namun bagi kami dari Cintamobil.com, lampu belakang tersebut menguatkan kesan bahwa mobil ini merupakan baby Innova reborn. Apalagi tarikan garis krom yang menyembunyikan handle pintu belakang membuatnya terlihat elegan. Namun sayangnya, menurut kami desain spoiler belakang yang terletak diatas kacanya sedikit kurang besar. Andai PT. Toyota Astra Motor (TAM) memberi desain agak besar sedikit saja, pasti tampilan Toyota Calya 1.2 G MT 2017 semakin pas untuk MPV LCGC yang sempurna untuk keluarga Indonesia.

>>> Baca juga:

INTERIOR Toyota Calya 2017

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 : Bangku Depan

Bangku depan Toyota Calya 1.2 G MT 2017

Dibandingkan rivalnya, bangku depan Toyota Calya 1.2 G MT 2017 lebih nyaman

Toyota Calya 1.2 G MT 2017 harus berbangga diri, karena jika dibandingkan dengan lawan-lawannya, bangku depan mobil ini lebih nyaman dan cukup baik dalam menopang tubuh. Meski pada perjalanan jauh tetap terasa kurang suportif karena pengaturannya terbatas serta ukuran bangkunya kecil, namun untuk pemakaian sehari-hari terasa leih baik dari rival lainnya sesama Jepang. Belum lagi posisi rem parkir yang mudah dijangkau oleh tangan dan adanya hand rest yang desainnya menyatu dengan bangku, membuat perjalanan menggunakan mobil ini bersama keluarga lebih rileks.

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 : Tempat Penyimpanan

Jangan kuatir kehausan, cup holder di Toyota Calya 1.2 G MT 2017 lebih dari cukup

Suka haus? Jangan khawatir jika Anda nyetir Toyota Calya 1.2 G MT 2017

Enggak salah jika kami dari Cintamobil.com mengatakan bahwa Toyota Calya 1.2 G MT 2017 adalah MPV LCGC yang sempurna untuk keluarga Indonesia. Sebelumnya kami sudah bilang, jika mobil kompak, punya tiga baris bangku, dan irit bahan bakar akan mendulang penjualan yang baik di Indonesia. Jika Anda seorang family man yang suka berjalan-jalan bersama keluarga, Anda tidak perlu khawtir penumpang juga Anda akan kehausan di dalam Toyota Calya 1.2 G MT 2017. Karena sedikitnya ada 10 cup holder yang mampu menampung botol air mineral dari ukuran 300 ml hingga 500 ml.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

FITUR Toyota Calya 2017

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 : Fitur Hiburan

Toyota Calya 1.2 G MT 2017 pelopor dual bluetooth dikelasnya

Head unit Kenwood bawaan Toyota Calya 1.2 G MT 2017 pelopor dual bluetooth lho

Well... kami tahu, head unit double din tanpa fitur monitor memang terlihat ketinggalan zaman dan terkesan anti kekinian. Namun ada fitur menarik lho pada Toyota Calya 1.2 G MT 2017 yang sedang Cintamobil.com test lengkap ini, yang bahkan fitur ini enggak dimiliki oleh pesaing lain di kelasnya. Yaitu fitur dual bluetooth alias tape di mobil ini dapat terkoneksi dengan dua smartphone sekaligus. Berguna banget, jika Anda eksekutif muda aktif yang seringkali memiliki dua buah smartphone untuk menunjang pekerjaannya. Cool! Meski harus diakui kualitas suara dari keempat speakernya bisa dibilang pas-pasan.

Review Toyota Calya 1.2 G MT 2017 : Pengaturan AC

Pengaturan AC Toyota Calya 1.2 G MT 2017 yang sederhana

Pengaturan AC yang fungsional pada Toyota Calya 1.2 G MT 2017

Hanya ada dua kenop putar dan satu tuas geser pada pengaturan AC Toyota Calya 1.2 G MT 2017. Meski enggak lengkap, namun dirasa sudah cukup untuk mobil dengan kelas MPV LCGC dengan harga dibawah Rp 150 juta. Yang mengasyikan, ternyata semburan AC maupun suhu dingin pada jagoan Toyota di kelas LCGC ini terasa pas. Untuk penumpang baris kedua dan ketiga, Toyota menyediakan rear air circulation, yang menurut kami dari Cintamobil.com cara kerjanya tak ubahnya sebagai kipas angin yang ditempel pada atap mobil. Meski agak menjengkelkan di panas terik, namun solusi ini cukup cerdas menurut kami.

>>> Klik di sini untuk mengetahui daftar harga mobil Toyota

OPERASI Toyota Calya 2017

Mesin Toyota Calya 1.2 G MT 2017

Mesin Toyota Calya 1.2 G MT 2017 yang bertenaga di putaran menengah

Mesin Toyota Calya 1.2 G MT 2017 menggendong unit 3NR-VE dengan output mesin 88 Dk pada putaran 6000 rpm serta dorongan torsi 108 Nm pada kitiran 4200 rpm kelihatannya mampu mengungguli pesaing terdekatnya. Namun pada kenyataannya karakter mesin ini agak kurang kuat di putaran bawah. Jadi singkatnya begini, ketika Anda baru mulai menjalankan mobil dari posisi berhenti ke kecepatan 40 atau 50 km/jam saja. Rasanya torsi mesinnya kurang menghentak, sehingga terasa lama sekali untuk mencapai kecepatan pertengahan tersebut. Tapi, ketika kecepatan mobil sudah berada di atas 65 km/jam mobil ini mampu mendahului kendaraan lain dengan gesit. Analisa kami, tenaga baru mulai terasa pada putaran diatas 3500 rpm. Namun sisi positifnya dengan tenaga mesin seolah tertahan pada putaran rendah tersebut konsumsi bahan bakar mobil ini bisa dibilang irit. Untuk konsumsi bahan bakar dalam kota dengan kecepatan rata-rata 23,7 km/jam Toyota Calya 1.2 G MT 2017 ini sanggup berjalan 13,4 kilometer untuk 1 liter tegukan bahan bakarnya. Pun begitu untuk konsumsi bahan bakar luar kotanya yang mampu mencapai 20,2 km per liter dengan kecepatan rata-rata 83,1 km/jam. Oh ya, pengetesan sengaja kami lakukan dengan menggunakan bahan bakar Premium yang punya nilai oktan 88. Alasannya, kami ingin mengetahui performanya ketika di isi bahan bakar bersubsidi yang not recommended untuk mesinnya yang modern. Memang akselerasinya jadi agak kepayahan, namun setelah kembali kami isi menggunakan Pertamax yang punya nilai oktan 92, akselerasi mobil ini kembali ringan dan konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih irit.

Untuk posisi mengemudi, cukup ideal untuk MPV LCGC sekelasnya, bahkan kami lebih menyukai posisi duduk Toyota Calya 1.2 G MT 2017 ini bila dibandingkan dengan rival lain sekelasnya. Yang bikin takjub, ternyata feel berkendara mobil ini jika dikendarai sendiri lebih baik jika dibandingkan dengan kakaknya, yaitu Toyota Avanza. Bantingannya terasa pas, ban walau tipe eco namun terasa lebih menapak dan suspensinya minim ayunan meski dinaiki sendiri, serta saat berlari pada kecepatan cruising 100 km/jam mesinnya tidak meraung, Benar-benar MPV LCGC yang sempurna untuk keluarga Indonesia. Namun semua keunggulan itu bukannya tanpa kelemahan, saat mobil di isi dengan beban maksimal yaitu 7 penumpang termasuk pengemudi suspensinya terasa turun alias ambles. Apa itu suatu kelemahan? Menurut kami dari Cintamobil.com tidak. Perlu Anda ketahui, bobot kotor mobil ini tidak sampai 1,3 ton. Pabrikan memiliki kesulitan tersendiri saat men-develop mobil yang punya bobot ringan. Jika terlalu empuk akan terasa pas saat dinaiki sendiri, namun saat muatan penuh akan ambles. Jika terlalu keras akan sanat tidak nyaman dikemudikan sendiri, dan akan terasa pas saat digunakan dengan beban penuh.

>>> Untuk tahu lebih jelas tentang mobil Toyota lainnya, silahkan klik sini

spesifikasi Toyota Calya 2017

Yuk intip lebih detail Toyota Calya 1.2 G MT 2017 berikut ini!

Dimensi/ Ukuran Toyota Calya 1.2 G MT 2017

P x L x T

4.070 mm x 1.655 mm x 1.600 mm

Jarak poros roda

2.525 mm

Jumlah tempat duduk

7 tempat duduk

Mesin Toyota Calya 1.2 G MT 2017

Jenis

3NR-VE, 4 silinder segaris, DOHC, Dual VVT-i

Isi silinder

1.197 cc

Daya maksimum

88 Dk @ 6.000 rpm

Torsi maksimum

108 Nm @ 4,200 rpm.

Rangka Toyota Calya 1.2 G MT 2017

Transmisi/Sistem Penggerak

Manual 5 percepatan  / Penggerak depan

Suspensi depan

MacPhearson strut dengan per keong dan stabiliser

Suspensi belakang

Per keong dengan torsion beam

Rem depan

Ventilated Disc

Rem belakang

Drum

Ukuran pelek

Ring 14 dengan PCD 4 x 100

kelebihan & kekurangan Toyota Calya 2017

Ini dia kelebihan dan kekurangan Toyota Calya 1.2 G MT 2017 yang telah kami tes lengkap.

Kelebihan

Kekurangan

Harga terjangkau

Fitur agak kurang banyak dibanding pesaing

Resale value Toyota terkenal kuat

Model agak membosankan

Desain kompak namun muat 7 penumpang

Bisa lebih dimaksimalkan kembali luas kabinnya

Durabilitas Toyota tidak diragukan lagi

Belum ada fitur tilt steering apalagi teleskopik

daftar harga Toyota Calya 2017

Berikut ini adalah harga jual Toyota Calya di Indonesia dan tersedia dalam 2 pilihan tipe dan 2 pilihan transmisi.

Tipe Mobil

Harga Toyota Calya 2017

Toyota Calya 2017 1.2 E M/T

IDR. 135.100.000

Toyota Calya 2017 1.2 G M/T

IDR. 140.650.000

Toyota Calya 2017 1.2 G A/T

IDR. 152.650.000

Toyota Calya 2017 1.2 E A/T

IDR. 147.600.000

Video Toyota Calya 2017

KESIMPULAN Toyota Calya 2017

Terlihat emblem krom Toyota Calya 1.2 G MT 2017 warna merah

Kesimpulan test drive lengkap Toyota Calya 1.2 G MT 2017 adalah...

Jadi apakah mobil Toyota Calya 1.2 G MT 2017 layak untuk Anda? Jawabannya adalah Ya! Mobil ini sangat pas untuk karakteristik Indonesia, yang senang mobil dengan banyak penumpang, dimensi kompak sehingga mampu masuk tidak hanya gang tikus, namun gang curut juga bisa masuk. Dan yang terpenting adalah, mobil ini menggunakan emblem Toyota yang mempunyai nama besar dan purna jual prima yang hampir tidak pernah mengecewakan pelanggannya.

>>> Untuk membeli mobil lebih aman dan cepat, jangan lupa mampir situs Cintamobil.com

Arfian Alamsyah
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

Cari review mobil