Duel Mobil Rp 150 Jutaan: Toyota 7-Seater vs Wuling Confero DB

17/07/2021

Jual beli

6 menit

Share this post:
Jika Anda memiliki uang Rp 150 jutaan dan ingin membeli Toyota 7-seater, Anda bisa melirik Wuling Confero sebagai alternatif Toyota Calya. Berikut komparasinya.

Segmen Low Cost Green Car (LCGC) 7-penumpang memang tidak banyak persaingannya. Sejauh ini, Toyota 7-seater dan kembarannya, Daihatsu Sigra, masih menguasai pasar tersebut.

Namun, bukan berarti duo Astra tanpa perlawanan. Di rentang harga Rp 150 jutaan, masih ada Wuling Confero DB yang bisa Anda jadikan pilihan alternatif. Simak komparasi kedua mobil di bawah ini.

1. Desain

Bicara soal desain, memang hal ini cenderung subjektif. Namun, menurut kami Toyota Calya masih lebih unggul karena siluetnya yang lebih dinamis dan cenderung kompak. Wuling Confero DB memiliki desain boxy yang tampak seperti sebuah van di zaman dulu.

Gambar Wuling Confero DB

Fascia depan Wuling Confero DB facelift

Bahasa desain khas Toyota terlihat jelas pada fascia depan Calya. Beralih ke samping, mobil ini tampak seperti city car atau hatchback yang dipanjangkan ke belakang. Bahkan, panjangnya yang hanya 4 meter lebih sedikit ini tak jarang membuat heran, bagaimana dimensi sekompak ini bisa menampung tujuh orang penumpang.

Begitu pula dengan fascia belakang Toyota Calya, meski punya badge yang berbeda, tampilan mobil ini benar-benar mengingatkan kami pada mobil-mobil Toyota yang lainnya. Tidak ada yang spesial memang, tetapi mudah untuk dilihat dan diterima oleh mata.

Gambar Fascia Toyota Calya

Bagian depan mobil Toyota 7-seater termurah di Indonesia

Kalau kita beralih ke fascia depan Wuling Confero DB, seharusnya mobil ini tampil lebih segar dibanding Calya yang sudah bertahun-tahun malang melintang di aspal Indonesia. Namun, desain grill dan lampu depan Confero yang mengingatkan kami pada mobil van besar yang pernah populer. Sebut saja Nissan Serena atau VW Caravelle.

Untungnya, Wuling memberi aksen-aksen sporty dan elegan pada bagian fascia depan sehingga mobil ini masih tampak cukup modern.

Yang menjadi permasalahan utama dari segi desain adalah ukuran kaca depan Confero yang cukup besar dan tinggi. Hal tersebut membuat mobil sedikit tidak proporsional di bagian atasnya, meskipun, pastinya headroom mobil ini sangat mumpuni mengingat dimensi bagian atas mobil yang cukup tinggi.

>>> Marc Philipp Gemballa Marsien, 911 Versi Gurun Dengan 818 HP

Gambar Tampak Samping Confero DB

Menurut kami, bagian atas dan kaca Confero kurang proporsional

Kaca besar itu pernah kami singgung langsung ke Wuling saat penulis melakukan test drive. Kaca tersebut membuat sinar dan cahaya matahari lebih banyak masuk ke kabin, membuatnya lebih panas jika tidak diantisipasi dengan kaca film yang mumpuni.

Beralih ke samping, lagi-lagi siluet van besar terlihat menginspirasi Low MPV asal Tiongkok ini. Begitu pula dengan kaca tinggi dan lebar yang sudah kami singgung sebelumnya.

Setidaknya, fascia belakang Wuling Confero masih tampil cukup modern dan elegan. Apalagi melihat lambang lima berlian khas Wuling berwarna merah yang entah mengapa, membuat mobil ini terlihat berkelas dari bagian buritan.

>>> Ketahui Lebih Dalam Soal Regulasi Baru F1 2022

2. Fitur

Bicara fitur, memang Wuling Confero DB yang kami jadikan komparasi memang termasuk model dasar, sehingga tidak banyak fitur unggulan yang bisa ditemukan pada mobil ini.

Namun, bukan berarti Confero minim fitur. Ada head unit double DIN terintegrasi, AC double blower, transmisi manual 5-speed, serta electric power steering. Sayangnya, mobil ini belum dilengkapi Airbag dan ABS.

Gambar Interior Calya

Calya merupakan Toyota 7-seater termurah dengan fitur berlimpah

Untuk Calya, Anda sudah bisa mendapatkan tipe G bertransmisi manual yang tentunya secara fitur sudah sangat lengkap. Dari mulai lampu depan LED, spion lipat elektris, head unit layar sentuh, audio control pada kemudi, AC double blower, Dual SRS Airbag, dan ABS.

Untuk penilaian yang satu ini, Toyota 7-seater ini harus unggul atas Wuling Confero DB dengan fitur yang memang lebih lengkap.

>>> Beli Wuling Almaz Sekarang, Bayarnya Bisa Belakangan

3. Akomodasi

Untuk akomodasi, Toyota Calya harus menyerah dari Wuling Confero DB. Sebagai mobil Toyota 7-seater paling terjangkau dibandingkan saudaranya, Calya mendapatkan dimensi lebih kompak. Dari segi legroom maupun headroom, Confero lebih unggul dari Calya.

Begitu pula dengan pengaturan setir, Wuling Confero setidaknya masih bisa diatur secara tilt meski keduanya tidak bisa diatur secara teleskopik. Sehingga bisa memberikan posisi berkendara yang lebih baik bagi pengemudi. 

4. Performa

Dalam hal performa, lagi-lagi Toyota Calya harus bertekuk lutut dari Wuling Confero DB. Wajar saja, Confero menggunakan mesin 1,485 cc non katup variabel sedangkan Toyota Calya hanya berbekal mesin 3NR-VE 1,197 cc namun sudah dual VVT-i.

Foto mesin Wuling Confero

Dengan kubikasi lebih besar, Confero lebih bertenaga dibanding Calya

Mesin Wuling Confero DB dapat menghasilkan tenaga 107 HP dengan torsi 142 Nm. Sedangkan mesin Toyota Calya menghasilkan tenaga 87 HP dengan torsi 109 Nm. Di atas kertas, Confero lebih bertenaga dibanding Calya, hal ini sangat dibutuhkan jika Anda mengangkut 7 penumpang dan barang.

Untuk konsumsi bahan bakar, Wuling Confero DB mencatat konsumsi BBM sekitar 12,5 km/liter untuk rute kombinasi. Sedangkan Toyota Calya mencatat konsumsi 14,5 km/liter di rute yang sama.

  Mesin Toyota Calya G Mesin Wuling Confero DB
Seri Mesin 3NR-VE, 4-Silinder, DOHC, VVT-i L2B, 4-Silinder, DOHC
Pasokan Bahan Bakar Electronic Fuel Injection Electronic Fuel Injection
Tenaga Maksimum 87 HP 107 HP
Torsi Maksimum 109 Nm 142 Nm
Kapasitas Silinder 1.197 cc 1.485 cc
Tipe Transmisi Manual 5-Percepatan, Penggerak Roda Depan Manual 5-Percepatan, Penggerak Roda Belakang

>>> Info Lengkap Fitur dan Konfigurasi Toyota 7-seater Terbaru, Kijang Innova

5. Kesimpulan

Selain unggul dalam hal performa, Toyota Calya lebih baik dalam hal aftersales dengan jaringan dealer dan bengkel Toyota yang paling banyak dan luas di Indonesia. Tetapi, jika Anda memang sering membawa 7 penumpang dengan barang, sepertinya Wuling Confero DB akan lebih cocok.

Gambar Wuling Confero DB

Jadi mobil mana yang akan Anda pilih?

Harga Toyota Calya G M/T dibanderol Rp 153.650.000, menjadikannya mobil Toyota 7-seater termurah di Indonesia. Sedangkan utnuk Wuling Confero DB bisa didapatkan dengan harga Rp 154.800.000.

>>> Simak berbagai mobil Toyota 7-seater dan promo menarik lainnya hanya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja varian Toyota Caya?
Ada dua pilihan varian Toyota Calua, yaitu Calya E dan G.
Kapan Wuling Confero dipasarkan di Indonesia?
Wuling Confero pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017.
Apa saja varian Wuling Confero terbaru?
Ada dua varian Wuling Confero, yaitu Wuling Confero DB dan Confero S.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top