Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: MPV Murah Dengan Fitur Mumpuni

26/12/2020

Share this post:

Toyota Calya 2020

Editor rate:

Rp. 115.000.000

Harga mobil Toyota Calya & Promo Lihat promo

Diposisikan sebagai trim murah, Toyota New Calya 1.2 E 2019 ternyata punya kelengkapan fitur Calya yang cukup lengkap. Apakah mobil ini layak jadi pilihan?

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: MPV Murah Dengan Fitur Mumpuni
Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: MPV Murah Dengan Fitur Mumpuni
0 Gambar

Pengantar Toyota Calya 2020

Mari kita simak spesifikasi Toyota Calya 2020 di bawah ini.

Kelebihan

Fitur tidak terpaut jauh dari tipe G

Akomodasi sama baiknya dengan trim G

Mesin irit bahan bakar

Kekurangan

Double blower tanpa evaporator

Head unit tak lebih baik dari tipe E sebelumnya

Headrest depan masih model pocong

Saat ini, mobil tak lagi menjadi barang mewah. Bahkan jadi penunjang mobilitas mayoritas orang di kota besar,Setelah sukses lewat Toyota Avanza, PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali merilis MPV murah lainnya, yakni Toyota Calya yang menjadi sebuah LCGC berbasis MPV 3-baris yang diplot sebagai line-up entry level untuk keluarga Indonesia.

Peluncuran Toyota New Calya 2019

Setelah tiga tahun, Toyota Calya mendapatkan facelift pertama

Pertama kali diperkenalkan tahun 2016, kini Toyota Calya mendapat penyegaran jelang akhir 2019 lewat beberapa revisi baik secara eksterior, interior, dan fitur. Sebelumnya, kita telah membahas trim G yang merupakan model paling mahal, dan kali ini giliran tipe E yang merupakan trim entry-level Toyota Calya. Meski jadi tipe paling murah, bukan berarti Calya trim E miskin fitur. Karena jika melihat secara keseluruhan, kedua model tidak memiliki perbedaan secara eksterior, interior, fitur, dan lainnya. Apa saja sih perbedaan tipe E dengan G? Simak review Toyota New Calya 1.2 E 2019 yang telah disusun oleh Cintamobil.com berikut ini.

Eksterior Toyota Calya 2020

Kita mulai dari eksterior, pada dasarnya kedua varian Toyota Calya hadir dengan velg Alloy two-tone berukuran 14 inci, lampu LED pun hadir sebagai standar. Tapi, ada beberapa detail kecil yang jadi pembeda antara kedua varian. Untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini.

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: Eksterior Depan

Kita mulai dari depan, Toyota Calya E hadir dengan tampang depan yang lebih polos. Tidak ada aksen dark chrome di upper grile selayaknya tipe G, sebagai gantinya bagian tersebut diberi finishing sewarna body.

Tampilan depan Toyota Calya E 2020

Tampilan depan new Calya terlihat polos tanpa ornamen krom dan fog lamp

Selain itu, Toyota Calya E juga tidak punya fog lamp seperti di tipe G, selain itu housing foglampnya juga diberi aksen berbeda. Trim G diberi finishing black glossy, sedang tipe E diberi finishing hitam plastik biasa. Selebihnya, tak ada perbedaan terlalu mencolok antara kedua model.

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: Eksterior Samping

Beralih ke samping, tidak ada perbedaan kontras antara Toyota Calya E dengan tipe G, khususnya jika melihat velg 14 inci dengan motif machining yang sama. Namun, jika melihat lebih seksama ada beberapa perbedaan antara kedua model.

Tampilan samping Toyota New Calya 2019

Jika mobil diberi warna hitam, jujur akan sulit menemui perbedaan Calya tipe G dengan E

Yang pertama, kaca spion kedua model berbeda. Trim E memakai spion elektrik standar tanpa lampu sein, sedang tipe G hadir dengan spion retractable dengan spion di sampingnya. Bagian pillar kedua mobil juga berbeda, di mana Calya E diberi finishing sewarna body, sedang Calya G diberi finishing hitam sehingga kaca terlihat lebih menyatu dan besar.

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: Eksterior Belakang

Tampilan belakang Toyota Calya E 2020

Sama seperti di depan, rear garnish New Calya E diberi finishing sewarna body

Perbedaan Toyota Calya E di belakang tidak terlalu jauh dengan depan, di mana ornamen di atas dudukan pelat nomor diberi finishing sewarna body. Sedang Calya G hadir dengan finishing black chrome. Selain itu, bedaanya tidak terlalu banyak. Di mana model lampu, kelengkapan seperti sensor parkir dan wiper telah menjadi standar di kedua tipe Calya.

>>> Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp 2 Juta...


Interior Toyota Calya 2020

Beralih ke dalam kabin, Toyota Calya E 2019 hadir dengan konsep dual-tone dengan aksen coklat yang lebih gelap dibandingkan varian pre-facelift. Dan berbicara soal kelengkapan, kedua varian memiliki perbedaan yang cukup kentara, apa saja? Simak uraiannya di bawah ini.

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: Dashboard & Setir

Seperti Calya tipe G, Toyota Calya E hadir dengan layout yang sama seperti model pre-facelift dengan konsep dual-tone. Bedanya, perpaduan warnanya jadi lebih gelap dibandingkan sebelumnya. Ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat dari kedua varian, mulai dari panel AC diberi finishing hitam, sedangkan untuk tipe G diberi warna silver.

Layout dasbor Toyota Calya 1.2 E 2019

Meski tidak terlalu kentara, ada perbedaan di dasbor kedua varian Calya

Selain itu, tipe G juga dilengkapi storage kecil tepat di bawah panel AC, itu tidak ada di trim E.  Untuk setir, Toyota Calya 1.2 E tidak dilengkapi tombol multifungsi untuk mengatur audio. Head unit kedua varian juga berbeda, namun ini akan dibahas nanti.

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: Kursi

Kursi belakang Toyota New Calya 1.2L E 2019

Sayang, kursi depan Calya masih menggunakan model pocong dengan headrest yang menyatu

Meski statusnya sebagai LCGC, Toyota Calya memiliki kursi yang tergolong nyaman dan dapat mengakomodir 7 penumpang termasuk pengemudi. Hal ini juga berlaku untuk tipe E. Semua mobil di kursi sudah dilengkapi headrest dan seatbelt 3-point, sayangnya kursi depan dengan desain pocong dan dibuat fixed, di mana cuma baris kedua dan ketiga yang bisa diatur secara manual.

>>> Simak berita seputar Toyota lainnya di sini

Fitur Toyota Calya 2020

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: Head Unit

Berbeda dari varian G yang dilengkapi head-unit layar sentuh, Toyota New Calya E hadir dengan head unit double-DIN yang lebih sederhana. Dalam kondisi mati, head-unitnya tampak seperti monitor layar sentuh, tapi saat nyala terlihat head unit monokrom berwarna amber (oranye) dengan tombol layar sentuh capacitive.

Head unit Toyota New Calya E 2019

Dibandingkan model saat ini, head unit sebelumnya justru lebih bagus

Terlihat seperti sebuah improvement, padahal tidak demikian. Minimnya tombol fisik membuat pengoperasian head-unit sedikit menyulitkan, khususnya bagi pengendara. Selain itu, input yang ditawarkan juga terbatas hanya CD, AUX, USB, dan Radio, tidak ada Bluetooth seperti head-unit model sebelumnya.

Review Toyota New Calya 1.2 E 2019: Fitur keamanan

Modul ABS untuk Toyota New Calya E 2019

ABS hadir sebagai standar di seluruh trim Toyota New Calya

Harga boleh murah, tapi Toyota New Calya 1.2 E dilengkapi fitur safety yang terhitung lengkap di kelasnya. Fitur seperti ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brake-Force Distribution) dapat mencegah rem terkunci, lalu ada sensor parkir, kunci dengan immobilizer sampai dudukan ISOFIX untuk child seat yang proper.

>>> Toyota Calya 2019, Opsi Mobil Keluarga Pertama untuk Anda

Operasi Toyota Calya 2020

Mesin Toyota New Calya E 2019

Calya masih memakai mesin yang sama seperti model pre-facelift

Toyota New Calya 2019 hadir dengan mesin 1.197 cc berkode 3NR-VE yang menghasilkan tenaga 88 PS atau sekitar 86,5 HP di 6.000 rpm dan torsi 11,0 Kgm atau sekitar 107,9 Nm di 4.200 rpm. Bedanya, untuk trim E cuma tersedia pilihan girboks manual 5-percepatan saja, tidak ada opsi otomatis seperti di tipe G.

>>> Pilihan Warna Mobil Calya yang Ada di Indonesia

Spesifikasi Toyota Calya 2020

Setelah mengupas sisi eksterior, interior, dan fitur, simak spesifikasi Toyota New Calya E 1.2 2019 di bawah ini:

Mesin Toyota New Calya E 1.2 2019
Seri mesin 3NR-VE, 4-Silinder Segaris, DOHC, Dual VVT-i
Pasokan Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Rasio Kompresi 10,3 : 1
Tenaga Maksimum 86,5 HP (88 PS) @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 107,9 Nm (11,0 Kgm) @ 4.200 rpm
Kapasitas Silinder 1.197 cc
Bore X Stroke 72,5 mm X 72,5 mm
Tipe Transmisi Manual 5-percepatan, FWD
Rangka Toyota New Calya E 1.2 2019
Panjang X Lebar X Tinggi 4.070 mm X 1.655 mm X 1.600 mm
Jarak Sumbu Roda 2.525 mm
Ground Clearance 180 mm
Track Roda Depan & Belakang 630 mm & 915 mm
 Kapasitas Tangki 36 L
Suspensi/Kaki-Kaki Toyota New Calya E 1.2 2019
Suspensi Depan & Belakang  Depan: MacPherson Strut with Coil Spring
Belakang: Semi Independent Torsion Axle Beam dengan Coil Spring
Sistem Kemudi Electronic Power Steering
Rem Depan & Belakang Ventilated Disc Brake & Drum Leading Triling Brake
Teknologi Sistem Pengereman Anti-Lock Braking System
Teknologi Safety Sasis Side Impact Beam
Struktur Sasis Monokok, A-Segment Segment
Pelek Machining Alloy, 14 inch
Jenis Ban Bridgestone Ecopia, 175/65 R14

Daftar Harga Toyota Calya 2020

Toyota New Calya E 2020

Spesialnya, unit yang kami review baru menempuh jarak 24 km saja

Unit Toyota New Calya 1.2 E 2019 yang kami review ini dijual oleh CARRO Automall dengan harga kredit Rp 115.000.000,- dengan cicilan mulai dari Rp 2,1 juta untuk tenor 60 bulan. Sedang jika ingin membeli mobil ini secara cash, Anda harus mengeluarkan uang Rp 119.000.000.

>>> Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Calya Sebelum Membelinya

Kesimpulan Toyota Calya 2020

Murah tapi tidak murahan, itu mungkin hal yang bisa disimpulkan soal Toyota New Calya 1.2 E 2019 yang kami review saat ini. Mobil yang dijual oleh CARRO Automall ini baru berjalan 24 km, kondisinya jelas masih seperti baru. Dengan kondisi yang masih seperti baru dengan selisih Rp 30 juta dari harga barunya, mobil satu ini rasanya sulit untuk dilewatkan. Apalagi bagi Anda yang mencari sebuah MPV entry level dengan fitur yang lumayan lengkap.

>>> Simak review lain yang tak kalah menariknya di sini

Derry Munikartono Ahnas Putra
Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Dealer mobil terpercaya

Lihat lainnya

BLESS AUTO

Jawa Barat

CARRO Automall

Jawa Barat

SANGGAR MOBILINDO

Jawa Barat

Review lain

Review Toyota New Calya 1.2 G 2019: Fitur Nambah Banyak, Cuman Lebih Mahal Rp 2 Juta...

16/09/2019

Editor rate:

Setelah 3 tahun masa peredaran di bumi Indonesia, akhirnya Toyota Calya mendapatkan penyegaran yang cukup banyak. Inilah review kami mengenai mobil Toyota New Calya 1.2 tipe G yang pada hari ini (16/9) PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi meluncurkan Calya versi penyegaran ini ke pasar mobil tanah air.

Lihat juga

Review New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T 2019: Varian 'Nanggung'?

14/10/2019

Editor rate:

Inilah salah satu model termurah dari Daihatsu Sigra terbaru dengan varian bermesin 1200 cc yang dilengkapi transmisi otomatis. Namun, ia hanya beda Rp 5,5 juta dari tipe dibawahnya dan beda 3 item saja. Lantas apakah mobil ini layak beli? Simak ulasan kami mengenai New Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe A/T 2019

Lihat juga

Review New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019: Hanya Dibanderol Rp 124 Jutaan, Idealkah Untuk Taksi Online?

23/09/2019

Editor rate:

Inilah varian termewah dari Daihatsu Sigra yang bermesin 1.000 cc 3 silinder. Varian ini cukup ramai diburu pembeli fleet maupun bagi yang usaha taksi online. Tak heran, Sigra berjumlah silinder ganjil ini masih dipertahankan untuk oleh PT Astra Daihatsu Motor. Inilah ulasan dari kami mengenai New Daihatsu Sigra 1.0 M M/T 2019.

Lihat juga

Review Toyota Kijang 1977: Kijang Generasi Pertama Sang Pembesar Toyota Indonesia

Rp 30.000.000

14/11/2020

Editor rate:

Kisah kelahiran Toyota Kijang generasi pertama ini tak dapat dipisahkan dari proyek Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS) Pemerintah Orde Baru awal 1970-an

Lihat juga

Review Toyota Yaris 1.5 E CVT 2018: Trim Paling Terjangkau Yaris

Rp. 197.000.000

20/10/2020

Editor rate:

Inilah trim yang punya harga paling terjangkau dari Toyota Yaris, yakni sebuah Toyota Yaris 1.5 E CVT 2018 yang dijual mitra dealer kami CARRO Indonesia

Lihat juga
back to top