5 Rekomendasi Oli Mesin Honda Mobilio Terbaik untuk Mesin Anda

23/10/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Simak 5 rekomendasi oli mesin Honda Mobilio yang bisa Anda pertimbangkan untuk menjaga kualitas mobil dan mesin selalu berada dalam kondisi prima setiap saat.

Jangan lupa untuk mengecek kondisi oli mesin Honda Mobilio Anda agar tidak menimbulkan masalah pada mesin di kemudian hari. Salah satunya dengan rutin mengganti oli sesuai dengan waktu atau masa pemakaian. Agar tidak terkecoh, simak penjelasan dari tim Cintamobil.com mengenai beberapa rekomendasi oli mesin untuk Honda Mobilio terbaik untuk Anda.

Rekomendasi oli mesin Mobilio

Honda Mobilio saat ini menggunakan mesin berkapasitas 1.5 liter dengan teknologi SOHC dan i-VTEC yang mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 118 PS. Oleh karena itu, rekomendasi oli mesin untuk Honda Mobilio disarankan menggunakan oli dengan spesifikasi 5W40 maupun kode 0W-20. Ini tak banyak berbeda antara oli mesin Honda Mobilio matic maupun bertransmisi manual.

Namun patut diingat bahwa spesifikasi di atas cocok untuk model dengan kilometer di bawah 100.000 kilometer, atau biasa diasumsikan dengan 5 tahun pemakaian. Sedangkan bagi model dengan kilometer lebih dari 100.000 atau pemakaian lebih dari 5 tahun bisa memakai oli dengan spesifikasi 5W30, salah satu rekomendasi oli mesin Mobilio 2014.

Berikut beberapa rekomendasi oli mesin Honda Mobilio yang bisa menjadi pertimbangan Anda saat melakukan perawatan dan servis mobil Anda 

1. Honda E-Pro Gold 0W-20

Sesuai dengan namanya, Honda E-Pro merupakan oli yang khusus diperuntukkan bagi mesin mobil Honda. E-Pro adalah oli Full Synthetic yang mampu membuat umur oli lebih lama serta menggunakan zat aditif Hi-Vo Polimer yang dikembangkan oleh tim R&D Honda untuk memberikan performa optimal serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

oli Honda E-Pro 0W-20 untuk Honda Mobilio
Oli mesin Honda E-Pro Gold 0W-20

Ada pula teknologi Friction Modifier yang berfungsi untuk mengurangi efek gesekan terhadap area yang dilumasi. Untuk harga Honda E-Pro Gold 0W-20 1 liter dibanderol dengan harga mulai dari Rp 125 ribuan hingga Rp 200 ribuan. Sedangkan E-Pro berkapasitas 4 liter mulai dari Rp 450 ribuan hingga Rp 500 ribuan.

>>> Ini Fungsi Oli Mesin dan Dampak Jika Tidak Diganti Secara Berkala

2. TOP1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W-20

Top1 Indonesia turut mengeluarkan oli khusus untuk mobil keluaran terbaru dan model Low Cost Green Car (LCGC). Keunggulannya terlihat pada teknologi Stop-and-Go Formulation yang menawarkan molekul dengan tingkat kestabilan tinggi untuk mengoptimalkan kinerja mesin ketika berada dalam kondisi berkendara stop-and-go yang sering terjadi di perkotaan.

oli TOP1 HP Sport Fully Synthetic untuk Honda Mobilio
Oli mesin TOP1 HP Sport Fully Synthetic

Teknologi lainnya terlihat pada Xtra-Clean Additives untuk memberikan perlindungan pada mesin di berbagai kondisi berkendara dengan mencegah partikel kotoran menempel di dalam mesin. TOP1 HP Sport Fully Synthetic SAE 0W-20 dibanderol dengan harga Rp 280 ribuan untuk kapasitas 4 liter dan Rp 65 ribu untuk oli berkapasitas 1 liter.

3. Shell Helix Ultra 0W-20

Oli mesin ini dirancang khusus untuk mobil dengan mesin injeksi langsung berbahan bakar bensin, seperti yang digunakan oleh Honda Mobilio. Oli ini juga cocok untuk mesin dengan teknologi turbocharger terbaru (TGDI) dan akan melindungi mesin dari kerusakan pra-penyalaan kecepatan rendah (LSPI) yang sering dialami oleh mesin turbo ketika baru dihidupkan.

oli Shell Helix Ultra 0W-20 untuk Honda Mobilio
Oli mesin Shell Helix Ultra 0W-20

Shell Helix Ultra juga cocok untuk mesin bensin modern dengan konverter katalitik. Mampu memberikan perlindungan terhadap keausan dan lumpur serta membuat piston 50% lebih bersih dibandingkan oli standar lainnya. Harga Shell Helix Ultra 0W20 berada di kisaran Rp 150 ribu hingga Rp 250 ribu untuk botol 1 liter dan Rp 700 ribu hingga Rp 800 ribu untuk botol 4 liter.

>>> Mengetahui Harga Oli Shell Mobil, Banyak Jenis Kekentalan Beda

4. Motul H-Tech 100 Plus SAE 0W-20

Motul memang baru memperkenalkan oli H-Tech 100 Plus pada tahun 2016 lalu. Oli mobil ini disebut pas untuk mobil baru yang memiliki spesifikasi dan teknologi mesin yang sudah modern. Oli SAE 0W-20 dari Motul memiliki kadar sintetik 100% dan menjadi oli paling encer yang dikeluarkan Motul kala itu.

oli Motul H-Tech 100 Plus SAE 0W-20 untuk Honda Mobilio
Oli mesin Motul H-Tech 100 Plus SAE 0W-20

Oli ini dirancang untuk meningkatkan kinerja efisiensi bahan bakar, terutama cocok untuk mesin dengan teknologi turbo atau naturally aspirated dan dilengkapi dengan catalytic converter. Penggunaannya disarankan bagi Anda yang sering melaju di jalanan perkotaan maupun jalanan bebas hambatan. Harganya untuk botol 1 liter dibanderol Rp 175 ribu dan botol 4 liter dihargai Rp 600 ribu.

5. Amsoil Signature Series 0W-20

Salah satu oli mesin berkualitas yang bisa Anda temui untuk Honda Mobilio Anda. Oli ini disebut mampu meningkatkan kinerja dan performa mesin, menjaga efisiensi bahan bakar, dan memberikan perlindungan bagi mesin Anda. Perlindungan yang diberikan termasuk menjaga piston tetap bersih guna menghindari masalah pada mesin, misalnya hilangnya tenaga.

oli Amsoil Signature Series 0W-20 untuk Honda Mobilio
Oli mesin Amsoil Signature Series 0W-20

Formulasi sintetik yang digunakan disebut lebih stabil untuk menahan oksidasi dan menetralkan asam dalam waktu yang lebih lama. Bahkan mampu bertahan selama pemakaian lebih dari 200 jam. Harga Amsoil Signature Series 0W-20 berada di kisaran Rp 220 ribu hingga Rp 250 ribu per liternya. Sayangnya kami belum menemukan kemasan 4 liter dipasarkan di Indonesia.

Kapasitas oli mesin Mobilio

Sama seperti beberapa model Honda lainnya, ada dua pilihan servis oli Mobilio, yaitu tanpa filter dan disertai dengan ganti filter. Bagi Mobilio tanpa filter membutuhkan oli hingga 3,4 liter. Sementara bagi Anda yang ganti oli Mobilio dengan filter perlu 3,6 liter oli. Jadi harga oli mesin Honda Mobilio berada di kisaran Rp 600 ribuan hingga Rp 900 ribuan.

Namun perlu diingat bahwa tidak semua mobil memiliki kapasitas oli yang sama. Ini dipengaruhi oleh keausan serta pengeringan oli yang terjadi pada mesin. Sehingga untuk sekali penggantian oli, maka Anda bisa membeli oli dengan kapasitas 4 liter untuk menghemat biaya.

Nah, pastikan memilih rekomendasi oli mesin mobil Honda Mobilio yang sesuai dengan mesin Anda agar mobil selalu berada dalam kondisi prima ketika digunakan. Segera ganti oli mesin secara berkala, per kilometer atau per masa pemakaian untuk menghindari masalah pada mesin dan komponen lainnya di kemudian hari.

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa kapasitas oli mesin Honda Mobilio?
Tergantung kondisi mobil, kapasitas oli mesin Honda Mobilio berada di kisaran 3,4 liter untuk penggantian tanpa filter dan 3,6 liter untuk penggantian dengan filter.
Berapa harga oli mesin Honda Mobilio?
Untuk total penggantian hingga 4 liter, harga oli mesin untuk Honda Mobilio berada di kisaran Rp 600 ribu hingga Rp 900 ribuan.
Berapa harga Honda Mobilio terbaru di Indonesia saat ini?
Harga Honda Mobilio saat ini dibanderol mulai dari Rp 197 jutaan untuk varian terendah hingga Rp 250 jutaan untuk Mobilio RS CVT sebagai varian tertinggi.

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top