Ini Caranya Kalau Ingin Modifikasi Mobil L300 Jadi Mewah

17/02/2021

Perawatan dan service

8 menit

Modifikasi mobil L300 ini bisa Anda terapkan baik untuk Mitsubishi L300 pick up atau L300 minibus. Tapi yang jelas, modifikasi ini akan membuat mobil Anda terlihat mewah dan mengundang perhatian di jalan raya.

Modifikasi mobil L300 baik minibus maupun pick up banyak dilakukan para pemilik kendaraan ini. Alasannya tentu saja supaya mobil kesayangan mereka terlihat makin menarik meskipun usianya sudah tak lagi muda. Pasalnya, Mitsubishi tercatat memasarkan L300 di Indonesia sejak periode 1980-an. Jika di negara lain dikenal juga dengan nama Mitsubishi Delica, untuk pasar Indonesia, L300 datang dengan versi pick up maupun minibus.

Tapi meskipun sudah terhitung sebagai mobil lawas, pemilik Mitsubishi L300 tak pernah surut. Durabilitas mesin, kemudahan dalam perawatan dan kemudahan mendapatkan suku cadang, serta tenaganya yang tetap kuat, adalah beberapa faktor yang membuat mobil ini masih digemari sejumlah kalangan hingga saat ini. Tak heran Anda mungkin masih menjumpai para pengusaha yang menggunakan mobil L300 sebagai kendaraan operasional mereka.

Lalu bagaimana kalau Anda juga ingin modifikasi mobil L300 pick up atau modifikasi L300 minibus? Tenang, karena kali ini Cintamobil.com akan memberikan tips apa saja yang harus dilakukan saat hendak modif L300 minibus maupun pick up.

>>> Penjualan Pick Up Bulan November Terbaik Sepanjang Tahun

Mitsubishi L300 Modif Stiker Meriah

Modifikasi Mitsubishi L300 Stiker

Tempel cutting sticker di sekujur tubuh mobil akan membuat tampilannya makin meriah

Trik paling mudah dan termurah saat hendak modif mobil L300 pick up atau minibus adalah dengan memasang cutting sticker. Tentu saja tema stiker yang dipilih bebas sesuai selera Anda. Boleh bertema animasi, graffiti, grafis-grafis bernuansa racing, atau sekedar stiker bermuatan tulisan-tulisan unik dan menarik.

Namun supaya modifikasi Mitsubishi L300 minibus maupun pick up Anda makin meriah, maka sebaiknya bidang bodi mobil yang diaplikasikan stiker cukup luas. Contohnya kalau mau modif mobil pick up L300 maka stiker sebaiknya dipasang di bagian kepala mobil serta keseluruhan bak belakang.

Kemudian perhatikan juga permainan kombinasi warna antara cat bodi dengan warna stiker. Misalnya kalau L300 Anda berwarna hitam, maka modifikasi mobil L300 supaya terlihat meriah adalah dengan pilih stiker warna-warna cerah. Misalnya putih, merah muda, kuning, hijau muda, biru muda, ungu muda, atau kombinasi semuanya. Dengan begitu keberadaan stiker ini akan langsung terlihat mencolok.

Modifikasi L300 Simple Pakai Velg Besar

Modifikasi Mitsubishi L300 velg besar

Mobil ini masih bisa pasang velg ring 16 atau 17, tapi perhatikan PCD-nya

Trik berikutnya ketika hendak modifikasi mobil L300 minibus maupun pick up supaya bisa jadi sorotan saat di jalan raya adalah dengan mengganti velg standar mobil ini. Sebab pada kondisi standar, Mitsubishi membekali L300 dengan steel wheels alias velg besi berukuran 14 inci. Jika ingin tetap tidak ada perubahan di sektor kaki-kaki maupun fender, maka modifikasi bisa dilakukan dengan mengganti ke velg berdiameter maksimal 17 inci.

Namun yang perlu diperhatikan saat modif mobil L300 minibus atau pick up adalah PCD dari velg tersebut. Adapun jumlah baut velg Mitsubishi L300 ada 5, dengan jarak antar baut velg 114,3 mm. Jadi velg yang cocok untuk mobil L300 adalah yang punya PCD 5x114,3.

Ukuran PCD pada L300 ini pun serupa dengan Mitsubishi Kuda, Mitubishi Grandis, Mitsubishi Outlander, dan Mitsubishi Xpander. Jadi kalau mau pakai velg bawaan dari masing-masing mobil tersebut juga bisa untuk dipasang ke kaki-kaki L300.

>>> Kenali PCD Pelek Mobil Anda Sebelum Membeli Pelek Aftermarket Idaman

Mitsubishi L300 Modif Ceper

Modifikasi Mitsubishi L300 Air Suspension

Ada Mitsubishi L300 yang sudah dipasangi suspensi udara

Ketika bodi sudah tertutup stiker, kemudian velg standar juga telah diganti, maka langkah apalagi untuk modifikasi mobil L300 Anda? Tips ketiga untuk bisa membangun Mitsubishi L300 minibus modifikasi yang terlihat keren adalah dengan menurunkan ketinggian bodi mobil tersebut alias dibuat ceper.

Untuk membuat Mitsubishi L300 lebih ceper dari kondisi standar sebenarnya juga bukan hal sulit. Untuk suspensi bagian depan, Anda tinggal memotong ulir per sesuai kebutuhan. Makin panjang ulir per yang dipotong maka makin ceper mobil tersebut. Atau kalau tak mau potong per, bisa juga mengganti dengan per aftermarket yang juga cocok digunakan untuk L300.

Sedangkan untuk suspensi belakang yang masih berjenis leaf springs alias per daun, maka Anda tinggal roll atau press lembaran per tersebut. Hampir setiap bengkel kaki-kaki mobil bisa mengerjakan press per daun ini. Dan biaya pengerjaannya pun terjangkau.

Modifikasi Bemper L300 Pakai Bodykit

Modifikasi Mitsubishi L300 kontes

Pakai bodykit custom biar terlihat makin keren

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan saat hendak membangun Mitsubishi L300 minibus modifikasi adalah dengan memasang bodykit pada bemper depan dan bemper belakang. Bentuk bodykit ini bisa Anda pesan ke bengkel-bengkel spesialis pembuat bodykit mobil.

Bahannya bisa pilih dari plat besi atau fiber. Jika pakai plat besi maka bodykit cukup kuat apabila nantinya terbentur benda atau mobil menabrak sesuatu. Tapi risikonya, bobot bodykit cukup berat dan akan menambah beban mobil secara keseluruhan. Sebaliknya bahan bodykit dari fiber relatif lebih ringan dair plat besi. Tapi risikonya, jika terbentur maka bodykit mudah hancur.

Umumnya body part untuk modifikasi mobil L300 ini tidak banyak dijual bebas, sehingga untuk mendapatkannya Anda wajib pesan terlebih dulu. Biasanya butuh waktu 2-3 hari untuk membuat bodykit ini, dan Anda bisa pesan sudah berikut cat senada bodi atau hanya berupa epoxy.

>>> Review Mitsubishi L300 Filipina Version 2018, Sang Legenda Di Lain Negara

Modifikasi Interior dan Audio Mitsubishi L300

Modifikasi Mitsubishi L300 Interior

Mitsubishi L300 juga bisa interiornya diubah mewah seperti ini

Kalau sisi eksterior sudah tampil mewah, keren, dan meriah, maka langkah modifikasi L300 minibus atau pick up berikutnya adalah dengan memperhatikan sisi interior. Tentunya tema kabin dari mobil ini bisa disesuaikan dengan penampilan luarnya.

Misal kalau modif L300 minibus dibagian luar hadir dengan corak meriah dan tema warna-warna cerah seperti biru muda, maka interior bisa dibuat senada. Yaitu dengan memilih material pelapis jok, trim pintu, plafon, dan dasbor dengan warna biru muda juga. Tentunya Anda juga bisa kombinasikan dengan warna ain, misalnya putih, kuning, atau hitam. Sedangkan bahan pelapis ruang kabin ini Anda bisa pilih material kulit sintetis. Sebab bahan ini cenderung mudah dibersihkan apabila terkena noda atau kotoran. Mengingat mobil ini sejatinya masih dipakai untuk kebutuhan kegiatan angkut barang atau penumpang.

Nah selain melapis ulang ruang kabin, Anda bisa juga tambahakan audio system di mobil tersebut. Yakni dengan memasang headunit double din berlayar sentuh dan speaker dengan sistem 3 way lengkap dengan subwoofer dan power amplifier. Kalau untuk modif mobil 300 pick up Anda bisa juga tambahkan subwoofer atau speaker untuk diletakkan di sebagian ruang bak belakang. Namun perlu diingat, komponen ini harus tertutup rapat agar tidak menimbulkan konsleting saat terkena hujan.

Kalau semua elemen eksterior dan interior sudah beres di garap, maka hasil modifikasi mobil L300 Anda akan membuat siapa saja yang melihatnya terpana. Selamat berkreasi ya!

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan informasi lainnya seputar mobil baru dan mobil bekas

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya modifikasi Mitsubishi L300?
Biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Mitsubishi L300 tergantung dari komponen yang akan dipasang atau dimodifikasi. Kalau hanya memasang cutting sticker dan hanya untuk bagian depan saja, maka biayanya mulai dari Rp 100.000. Semakin banyak komponen yang dimodifikasi maka butuh dana yang semakin besar pula.
Apakah L300 masih dijual Mitsubishi?
Mitsubishi masih terus menjual L300 tipe pick up yang masih dalam segmen kendaraan komersial. Untuk mendapatkannya Anda tinggal datang ke dealer resmi Mitsubishi terdekat dengan posisi Anda.
Dimana jual aksesoris Mitsubishi L300?
Untuk aksesoris Mitsubishi L300 bisa Anda dapatkan di toko-toko aksesoris kendaraan roda empat atau di toko online yang ada di market place di Indonesia. Tapi untuk bodypart seperti bodykit, umumnya harus pesan di bengkel-bengkel spesialis pembuatan bodykit mobil.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top