Rekomendasi Model Plafon Mobil & Cara Merawatnya

17/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi plafon mobil agar terlihat lebih menarik dan nyaman saat dikendarai sah-sah saja. Namun, ketahui dulu jenis model plafon mobil dan bagaimana cara merawatnya agar tak mudah rusak!

Mengganti model plafon mobil Anda akan memberikan suasana yang baru. Terlebih lagi, seringkali plafon mobil menjadi bagian yang jarang diperhatikan oleh pemilik. Padahal beberapa jenis bahan plafon sangat rentan rusak. Sebelum Anda melakukan modifikasi pada plafon mobil, yuk ketahui dulu pelapis plafon atau interior mobil serta cara perawatannya.

Material Model Plafon Mobil

memasang plafon mobil
Ada berbagai bahan material plafon yang bisa Anda gunakan

Anda bisa menemukan banyak material yang biasa digunakan pada plafon mobil atau interior lainnya. Namun, bahan pelapis interior bisa terbuat dari fabric, kulit sintetis, leather, dan suede. Apa bedanya?

Material Fabric

Material ini sangat sering Anda temukan pada mobil-mobil di Indonesia. Fabric merupakan gabungan antara kanvas, kain, dan katun yang harganya relatif murah. Kelebihannya, jenis fabric lebih kuat menghadapi cuaca dan sinar matahari. Namun, kekurangannya karena sangat mudah menyerap kotoran dan air, Anda perlu hati-hati. Terlebih lagi cara membersihkannya jauh lebih lama dibandingkan material kulit.

Kulit Sintetis

Material kulit sintetis untuk interior mobil, termasuk pada plafon mobil saat ini menjadi favorit banyak orang. Selain memiliki fleksibilitas yang bagus, material ini lebih terjangkau daripada kulit asli. Jenis ini akan sangat mudah di mix and match pada interior mobil Anda, termasuk juga pada jok mobil. Dari segi kualitas, bahan ini nggak mudah pecah, tahan panas, lebih nyaman saat disentuh, dan punya ketebalan ideal. Nggak perlu khawatir dari sisi perawatannya. Kulit sintetis tak mudah menyerap cairan dan kotoran. Cara membersihkannya pun mudah, bisa dengan air atau cleaner khusus.

Leather

Jika ingin memberikan nuansa mewah pada mobil, Anda bisa mengganti plafon dengan material kulit asli. Material ini lebih bertekstur dibandingkan kulit sintetis. Namun, karena organik, leather lebih cepat retak dan pudar jika terkena panas terus-menerus. Perawatannya pun lebih intensif. Anda perlu menggunakan conditioner yang mengandung lanolin waxy cream.

Suede

Material suede menjadi pelapis paling premium karena kualitas yang terkenal. Biasanya jenis ini kerap digunakan untuk melapisi interior mobil balap dan supercar. Bagaimana tidak, teksturnya lebih dan halus saat disentuh. Namun, material ini perlu penanganan khusus. Untuk membersihkannya, Anda perlu menggunakan vacuum cleaner dan sikat khusus agar tak merusak lapisan mobil.

>>> Jangan Abaikan Plafon Mobil Kotor, Berikut Tips Membersihkan Plafon Mobil

Rekomendasi Desain Plafon Mobil

Modifikasi model plafon mobil sebenarnya nggak begitu sulit karena sudah banyak bengkel yang memiliki motif dan gambar plafon mobil yang bisa diterapkan untuk berbagai brand mobil. Harga jasa modifikasi model plafon mobil pun beragam mulai dari Rp 500 ribuan tergantung dari bahan yang digunakan. Namun, salah satu konsekuensi modifikasi plafon mobil adalah akan membuat kabin jadi lebih ramai dan agak sulit dibersihkan, apalagi jika Anda tidak menggunakan bahan yang bagus. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa rekomendasi gambar plafon mobil. 

Model Plafon Mobil Warna Merah

Modifikasi plafon mobil untuk suasana baru via huniankini

Jika Anda bosan dengan kabin mobil yang begitu-begitu saja, mengubah bungkus plafon mobil bisa memberikan nuansa baru. Salah satu desain plafon mobil yang bisa Anda gunakan adalah motif plafon mobil sofa. Plafon mobil jok atau sofa ini menggunakan bahan berkualitas yang nyaman saat digunakan. 

desain plafon mobil

Model plafon mobil minimalis via homupdate

Inspirasi motif plafon mobil lainnya adalah perpaduan warna yang akan membuat interior mobil semakin menarik. Anda bisa menggunakan plafon mobil bahan kulit sintetis yang nyaman digunakan dan harga yang relatif murah. Umumnya jenis plafon ini bertekstur halus saat dipegang, tidak berserat, dan cenderung lentur. 

model plafon mobil keren warna orange

Modifikasi mobil dari jok, plafon, hingga doortrim via huniankini

Nah, jika Anda tak cukup puas dengan plafon, modifikasi interior mobil juga bisa dilakukan untuk jok, dashboard, dan door trim. Modifikasi ini akan mempercantik interior, tapi saran kami gunakan warna atau motif netral sehingga perjalanan Anda akan tetap terasa nyaman. Jangan lupa untuk menjaga interior mobil yang sudah dimodifikasi. 

>>> Jangan Sampai Salah! Ini Aturan Penggunaan Lampu Hazard pada Mobil

Cara Membersihkan Plafon Mobil

Setelah melakukan modifikasi pada plafon mobil Anda, jangan lupa ya untuk rutin dirawat dan dibersihkan agar nggak mudah rusak atau berganti warna. Hal ini akan memberikan kenyamanan saat Anda mengendarai mobil. Membersihkan plafon mobil juga mudah, kok! Bahkan bahan-bahan di dapur juga bisa Anda gunakan. Nah, bagaimana membersihkan plafon mobil dengan efektif?

Membersihkan plafon mobil dengan kain

Bersihkan plafon untuk menjaga interior tetap terasa rapi

Gunakan Lap Microfiber. Super lap yang bisa membersihkan segala kotoran, termasuk pada plafon mobil. Caranya pun mudah! Gunakan lap microfiber yang kering dan bersih untuk menyeka plafon. Seka searah pada noda kotoran.

Gunakan Cairan Pembersih Jok. Hindari mencampurkan air dengan sabun biasa. Anda bisa menggunakan pembersih jok atau shampo khusus untuk membersihkan interior mobil secara efektif. Tingga semprot cairan khusus ke permukaan plafon, lalu seka dengan lap microfiber dengan pelan.

Gunakan Air & Cuka. Bahan-bahan dapur juga bisa digunakan untuk membersihkan plafon. Campurkan air dan cuka dengan perbandingan 3:1. Bersihkan dengan lap microfiber pada noda minyak di plafon.

Pengharum Ruangan. Untuk bau yang membandel di plafon, Anda bisa semprotkan pengharum ruangan sekaligus membersihkannya. Hindari menyemprot terlalu banyak hingga basah agar tidak merusak lem perekat kain ke plafon mobil.

Gunakan Vacuum Cleaner. Perlu sesekali membersihkan plafon mobil dengan vacuum cleaner. Atur daya serap ringan pada vacuum cleaner agar tak merusak plafon, ya!

Itu dia tips dan trick untuk modifikasi plafon mobil Anda. Sebelum modifikasi, sebaiknya pikirkan matang-matang, mengingat harga beberapa mobil modifikasi mengalami penurunan bahkan sulit untuk dijual. Desain plafon mobil modifikasi mana yang jadi favorit Anda?

>>> Simak berbagai tips & trik lainnya di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga plafon mobil?
Harga plafon mobil ini bermacam-macam
Bagaimana cara membersihkan plafon mobil?
Anda bisa menggunakan Lap Microfiber, Cairan Pembersih Jok, memakai Air dan Cuka, Pakai Pengharum Ruangan untuk membersihkan plafon mobil
Mana tempat terbaik untuk membeli plafon mobil?
Anda bisa membeli di dealer mobil atau toko jual aksesoris mobil di tempat yang Anda tinggal

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.

 
back to top