Jangan Abaikan Plafon Mobil Kotor, Berikut Tips Membersihkan Plafon Mobil

Plafon mobil menjadi bagian yang sering diabaikan kebersihannya. Padahal bagian ini juga bisa membuat mobil terlihat tidak terawat bila kotor.

Kebersihan pada interior mobil umumnya hanya dilihat dari jok dan dasbor. Padahal ada satu bagian penting yang sering terabaikan yakni plafon mobil. Saat Anda membersihkan interior, fokus hanya bagian bawah seperti dasbor, jok, door trim dan kolong-kolong mobil.

>>> Semua tips perawatan mobil paling akurat hanya ada di sini

Meski tidak tersentuh pengemudi dan penumpang seperti jok atau dasbor, namun plafon mobil juga bisa kotor. Bila Anda sering membuka jendela saat berkendara, debu dan asap knalpot dari luar menjadi kotoran paling banyak menempel di plafon. Terlebih bila Anda sering merokok di mobil maka asap rokok bisa membuat plafon cepat kotor. Ketika kotoran sudah mengendap, maka bisa timbul bau tidak sedap yang bisa membuat interior tidak sehat.

Gunakan kain lembut

Gunakan kain berbahan lembut untuk membersihkan plafon agar tidak merusak material

Perawatan plafon pun tidak harus dilakukan seminggu atau sebulan sekali. Minimal lakukan perawatan pada plafon setiap 6 bulan sekali agar kotoran hilang kualitas udara dalam kabin tetap sehat. Untuk membersihkannya, bahan dan peralatan yang dipakai tidak terlalu rumit dan biasa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Anda bisa menggunakan tisu, kain lap katun, sikat lembut, kain chamois dan cairan pembersih khusus plafon yang bisa ditemukan di toko aksesoris mobil.

>>> Berencana untuk melakukan perjalanan jauh? Simak tips untuk menjaga kebersihan mobil

Cara membersihkannya pun tidak sulit. Pertama-tama, periksa seluruh bagian plafon dari depan hingga belakang. Konsentrasikan kotoran yang menempel pada plafon. Semprotkan cairan pembersih secara menyebar pada permukaan plafon yang kotor dan sikat secara perlahan. Saat menyikat jangan terlalu ditekan karena bisa merusak tekstur dari kain plafon yang sensitif.

Gunakan cairan pembersih

Untuk noda membandel gunakan cairan pembersih

Selesai disikat, gunakan kain chamois dalam konsisi lembap untuk mengangkat kotoran dengan cara diusap, angkat dan keringkan. Bila ada kotoran yang tertinggal, usap dengan tisu pada permukaan plafon. Selain itu tisu juga bisa dibersihkan pada sela-sela permukaan plafon. Untuk kotoran baru menempel akan mudah terangkat.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

 
back to top