Mencuci Mobil Dengan Sunlight, Apakah Aman? Ini Fakta Sebenarnya

08/10/2019

Perawatan dan service

6 menit

Mencuci Mobil Dengan Sunlight, Apakah Aman? Ini Fakta Sebenarnya
Mencuci mobil dengan Sunlight, nyatanya banyak dipertanyakan oleh Netizen, apakah aman atau tidak? Mencari hal tersebut, Cintamobil.com merasa tergerak untuk menjawabnya.

Mencuci Mobil Dengan Sunlight

Bukan saja mobil, para pengguna motor pun seringkali mencuci sepeda motornya dengan Sunlight. Selain karena murah di ongkos, hal tersebut juga dapat membuat tampilan mobil atau sepeda motor terlihat lebih mengkilap alias kinclong.

Mencuci Mobil Dengan Sunlight banyak dilakukan oleh pengguna mobil atau motor saat ini, namun apakah hal tersebut aman?

Apakah aman, mencuci mobil dengan Sunlight?

Menanggapi hal ini, mencuci mobil dengan Sunlight sejatinya sah-sah saja untuk dilakukan oleh setiap pengguna, itu hak masing-masing. Tapi sebelum menarik kesimpulan lebih jauh, alangkah baiknya kita lebih memahami apa saja kandungan dari sabun cuci piring ini.

>>> Baca juga: Berapa Idealnya Waktu Mencuci Mobil?

Kandungan Sunlight

Dari namanya saja, kita tahu bahwa Sunlight adalah sabun cuci piring. Kandungan kimia yang dimiliki, lebih fokus pada membersihkan lemak serta noda-noda pada peralatan makan. Tentu fungsinya akan terlihat berbeda dengan sabun yang khusus untuk mencuci mobil.

Sunlight sejatinya adalah sabun pencuci piring yang tidak direkomendasikan untuk mencuci mobil ataupun sepeda motor

Perlu diketahui sebelumnya bahwa Sunlight dirancang dengan material khusus untuk mencuci piring

Dampak Mencuci Mobil Dengan Sunlight

Lantas, apa akibatnya jika hal ini dilakukan secara terus-menerus? Dampak mencuci mobil dengan Sunlight akan membuat proteksi cat pabrik mengelupas seperti halnya Sealant, Coating, Wax dan sebagainya. Memang, jika dilihat tampilannya akan sangat mengkilap dan bersih, tapi lapisan cat terluar akan mengelupas jika digunakan dalam jangka waktu lama.

Di sisi lain, dampak mencuci mobil dengan Sunlight harus dilihat dari kandungan Detergen juga. Mengingat Sunlight punya kandungan Detergen yang tinggi, maka efeknya akan membuat Water Spot atau mirip jamur, jika Anda tidak mengelap seluruh bodi dengan bersih. Dalam hal ini, air sabun yang terlewat dan tidak dilap bersih akan menimbulkan efek noda mirip jamur.

Air Sabun Yang Melekat Pada Bodi Mobil jika tidak dilap akan menimbulkan noda jamur sehingga kurang sedap dipandang

Jika air sabun Sunlight tidak lap secara bersih maka akan memunculkan noda mirip jamur


>>> Baca juga:

Apakah Aman Mencuci Mobil Dengan Sunlight?

Ada baiknya mencuci mobil dengan Sunlight tidak dilakukan oleh Anda, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Lebih baik mencuci mobil menggunakan sabun khusus mobil karena punya kandungan pelembab seperti Wax Carnauba, Polimers dan banyak hal lainnya. Pelembab ini nantinya akan melapisi permukaan bodi yang sudah dicuci sehingga memberi efek mengkilap.

Beda ceritanya ketika mencuci mobil dengan Sunlight yang notabene tidak punya kandungan pelembab. Lama-kelamaan akan memberi efek kusam pada bodi mobil. Mungkin jika dalam kondisi darurat, hal tersebut boleh dilakukan tapi tidak dalam jangka waktu yang lama atau sering.

Pembaca juga mencari: membersihkan mesin mobil dengan sunlight, mencuci motor dengan sunlight, cuci mobil pakai sunlight, cuci motor pakai sunlight, sunlight untuk cuci mobil, mencuci mobil pakai sunlight.

>>> Ikuti terus tips otomotif terbaru dan menarik lainnya hanya di situs kesayangan, Cintamobil.com

 
back to top