Perhatikan 4 Kesalahan Mencuci Mobil Sendiri Saat Di Rumah Saja

02/05/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Perhatikan 4 Kesalahan Mencuci Mobil Sendiri Saat Di Rumah Saja
Mencuci mobil sendiri saat di rumah aja bisa menjadi aktivitas mengasyikkan. Tapi ingat, ada beberapa kesalahan mencuci mobil sendiri yang harus Anda hindari.

Mengikuti anjuran dari Pemerintah untuk stay at home atau di rumah aja terkadang membosankan. Tapi itu lebih baik dari pada sering di luar. Dengan lebih banyak di rumah, potensi perpapar virus Corona (COVID-19) lebih kecil. Selain itu dengan lebih sering di rumah berarti turut membantu program pemerintah dalam menangani virus mematikan tersebut. Lantas bagaimana mengatasi kebosanan?

Mencuci mobil

Ada banyak cara mengatasi kebosanan saat di rumah, seperti olahraga ringan, bermain game, membaca novel dan buku kesukaan, mini garden, memasak dan yang lain. Mencuci mobil juga bisa jadi kegiatan mengasyikkan, bahkan jika Anda punya anak itu bisa menjadi pembelajaran berharga bagi mereka dalam mengenal kebersihan.

Nah, soal cuci mencuci mobil meski kelihatannya sederhana ada banyak hal yang harus Anda perhatikan karena menentukan hasil akhir pencucian. Silahkan simak tips mencuci mobil yang benar pada video berikut!

Kesalahan mencuci mobil sendiri

Tidak seperti mencuci mobil di jasa cuci atau car wash yang memang ditangani oleh ahlinya, mencuci mobil sendiri memerlukan banyak perhatian, mengingat banyak hal yang sering diremehkan padahal itu sebuah kesalahan. Berikut 4 kesalahan mencuci mobil sendiri yang harus dihindari

1. Menggunakan peralatan yang minim

Menggunakan peralatan minim selain merepotkan berpotensi menimbulkan dampak buruk. Misalnya, Anda hanya menggunakan satu kain dan satu wadah air sabun yang digunakan untuk mencuci bagian bodi atas mobil dan bagian bawah. Repotnya Anda harus mengganti air sabun agar yang dipakai mencuci bagian atas tidak dipakai mencuci bagian bawah atau sebaliknya. Begitu pula kain yang dipakai harus dibilas untuk memastikan kotoran yang menempel hilang sebelum digunakan pada bagian lain. Jika dipaksakan tidak mengganti air dan tidak membilas kain bisa saja timbul baret halus pada cat bodi mobil karena tergores butiran debu kecil yang menempel pada kain.

>>> Begini Cara Cuci Mobil untuk Menghilangkan Virus Corona

Foto peralatan mencuci mobil

Siapkan dulu peralatan cuci mobil yang lengkap

2. Tidak mengusap bagian mobil dengan benar

Berikutnya tidak mengusap bagian mobil dengan benar, seperti meninggalkan rongga-rongga kecil atau pengusapan yang tidak merata.

3. Tidak menggunakan sabun khusus cuci mobil

Sabun piring dan sabun colek selalu menarik dipakai untuk mencuci mobil karena busanya yang melimpah. Tapi itu sangat tidak dianjurkan. Meski busanya melimpah dan memiliki daya bersih tinggi, kandungan dalam sabun colek justru bisa merusak cat bodi mobil maupun pelindungnya seperti wax, coating, atau seal. Untuk mencuci mobil gunakan sabun khusus yang banyak dijual supermarket atau di toko perlengkapan kendaraan.

>>> Mencuci Mobil Dengan Sunlight, Apakah Aman? Ini Fakta Sebenarnya

Foto mobil sedang dicuci

Jangan gunakan sabun colek dan sabun cuci piring untuk mencuci mobil

4. Menggunakan kain sembarangan

Mencuci mobil menggunakan kain sembarangan tidak hanya kurang maksimal, tapi berisiko menimbulkan baret pada cat bodi karena mungkin saja kain yang digunakan kasar. Jadi, siapkan dulu kain halus yang memang khusus untuk mencuci mobil yaitu Microfiber Wash Mitt. Sama Seperti halnya sabun khusus cuci mobil, wash mitt bisa didapat di supermarket, di toko perlengkapan kendaraan, atau di toko online - toko online terpercaya.

Gunakan juga Microfiber Towels atau handuk microfiber khusus untuk mengeringkan air setelah selesai mencuci agar tidak meninggalkan bercak pada bodi dan kaca. Selain halus handuk microfiber punya kemampuan lebih dalam mengangkat kotoran yang mungkin masih tertinggal.

Foto sedang mencuci mobil

Bedakan kain untuk bodi dan kain untuk kaki-kaki

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Amankah Mencuci Mobil dengan Air Hujan?

Amankah Mencuci Mobil dengan Air Hujan?

30/04/2020

Perawatan dan service

3 menit

Musim hujan masih berlangsung di negeri kita tercinta, artinya masih banyak mobil kotor karena kehujanan. Anyway amankah mencuci mobil dengan air hujan?

Lihat juga
Tips Berkendara Aman Buat Yang Malas Mencuci Mobil

Tips Berkendara Aman Buat Yang Malas Mencuci Mobil

12/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Meski Anda jarang mencuci mobil dan tega membiarkannya kotor, bagian yang satu ini tetap harus bersih mengingat begitu vitalnya bagi keselamatan berkendara.

Lihat juga
Begini 5 Langkah Mencuci Mobil Pasca Banjir

Begini 5 Langkah Mencuci Mobil Pasca Banjir

11/01/2020

Perawatan dan service

3 menit

Setelah musim banjir tiba dan sesekali matahari menampakkan dirinya, kini saatnya recovery kondisi mobil Anda. Begini 5 langkah mencuci mobil pasca banjir

Lihat juga
 
back to top