Berapa Hari Sekali Idealnya Waktu Mencuci Mobil?

05/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Berapa Hari Sekali Idealnya Waktu Mencuci Mobil?
Mencuci mobil menjadi ritual wajib yang harus dilakukan pemilik. Ini penting dilakukan agar tampilan mobil tetap bersih dan menjaga komponen tidak cepat aus. Untuk waktu pencucian, ada yang melakukannya secara rutin walaupun kondisi mobil tidak terlalu kotor. Ada juga yang malas mencuci hingga tampilan sudah terlalu kotor. Lantas berapa hari sekali idealnya mencuci mobil?

Mencuci mobil di tempat cucian mobil

Seminggu sekali sudah cukup untuk mencuci mobil Anda

Waktu mencuci mobil yang ideal umumnya tergantung kondisi jalan yang dilewati. Bila Anda setiap hari melewati jalanan berdebu, sebaiknya dicuci miminal dua hari sekali. Namun pencucian periode tersebut tanpa menggunakan sampo bila mobil hanya berdebu. Cukup semprotkan air dan bilas.

>>> Teknik Mencuci Mobil: Mencuci Mobil dari Atas atau dari Bawah?

Sedangkan untuk mencuci mobil menggunakan sampo sebaiknya dilakukan setiap seminggu sekali. Tidak disarankan mencuci mobil dengan sampo dua hari sekali karena bisa mengikis cat dan membuatnya terlihat cepat kusam. Ada baiknya setelah dicuci saat proses pengeringan diberikan cairan perawatan atau car care.

Mengelap mobil yang kotor

Bila hanya berdebu, cukup dilap menggunakan kain microfiber

Selain waktu mencuci mobil yang tepat, perhatikan juga alat-alat yang digunakan untuk mencuci mobil. Mulai dari sampo, busa hingga lap pengering. Sampo mobil yang digunakan harus mempunyai pH (tingkat keasaman) yang seimbang yakni 7. Efek dari sampo mobil dengan pH tidak sesuai adalah timbul bintik putih yang menganggu tampilan mobil. Semoga berguna tips mencuci mobil dari kami.

>>> Temukan mobil pilihan dengan harga terbaik di sini

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Masih Banyak Dipakai, Ternyata Kanebo Berbahaya Untuk Mencuci Mobil

04/09/2019

Perawatan dan service

3 menit

Polusi udara yang masih tinggi di Jakarta membuat debu kerap menempel di permukaan mobil dengan cepat. Sayangnya, tidak semua pemilik punya waktu banyak untuk membersihkannya dengan cara mencuci. Kebanyakan, pemilik mobil mengakali keterbatasan waktu dengan melakukan sapuan pada bodi menggunakan kain chamois atau kanebo. Tapi ternyata, kanebo berbahaya untuk mencuci mobil. Kenapa?

Lihat juga

Masuk ke Bulan “Panas”, Intip Tips Mencuci Mobil di Musim Kemarau dari Cintamobil

27/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Pertengahan tahun selalu diikuti dengan cuaca yang semakin panas dengan sedikit hujan. Meskipun tidak kotor terkena lumpur, pastikan Anda tetap mencuci kendaraan dengan teratur. Kali ini, Cintamobil.com akan menunjukan beberapa tips mencuci mobil di musim kemarau untuk Anda.

Lihat juga

Apakah Perlu Mencuci Mobil Setiap Kali Terkena Air Hujan?

Di musim hujan yang tak kunjung berhenti, perawatan mobil pun harus ekstra. Ada juga beberapa cerita lucu yang mana ketika pemilik mobil baru saja mencuci mobilnya di salon, tiba-tiba hujan datang dalam perjalanan pulang. Tak heran, banyak menanyakan “apakah perlu mencuci mobil setelah terkena air hujan?”

Lihat juga

Do’s and Don’ts : Mobil Terlihat Lebih Bersih, Inilah Tips Mencuci Mobil

Mencuci mobil terkadang dianggap pekerjaan yang mudah dan asal bersih. Padahal perlu rencana yang matang agar kotoran yang ada di mobil tidak ada yang tertinggal.

Lihat juga

Tak Sempat Mencuci Mobil Setelah Hujan, Pastikan Untuk Melap Hingga Kering

Salah satu cara merawat cat mobil paling ampuh adalah mencuci mobil setelah hujan. Dengan begitu, cat mobil lebih terawat dan terhindar dari air hujan yang bersifat merusak cat.

Lihat juga