5 Kiat Mencegah Mobil Terbakar

19/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
5 Kiat Mencegah Mobil Terbakar
Mungkin Anda pernah melihat kejadian mobil kebakar di jalanan. Lalu bagaimana caranya mencegah mobil terbakar? Simak informasinya dari tips di bawah ini.

Musibah mobil terbakar bisa terjadi pada setiap pemilik kendaraan roda empat. Walaupun masih jarang terjadi, sebaiknya Anda sebagai pemilik kendaraan harus tetap waspada akan masalah yang satu ini.

Sebenarnya apa penyebab mobil bisa terbakar? Dilansir dari laman Suzuki Indonesia, berikut beberapa tips mencegah mobil terbakar.

>>> Mengenal Ragam Sistem Komponen Mesin Mobil

Gambar menunjukan Mesin mobil

Cek ruang mesin kendaraan pastikan tidak ada kain yang tertinggal setelah dibersihkan

Umumnya semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba dari sisi kenyamanan, keselamatan, tenaga, dan kecepatan sesuai jenis kendaraan. Pemasangan/penempatan dan kapasitas komponen kelistrikan pun didesain agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak terjadi hubungan pendek arus listrik yang dapat menyebabkan mobil terbakar.

Menurut Riecky Patrayudha, (4W, 2W & Marine Service Director, PT Suzuki Indomobil Sales) ada beberapa kiat untuk mencegah mobil terbakar akibat kelalaian pengguna, di antaranya:

1. Selalu cek ruang mesin kendaraan

Saat ini sedang membersihkan ruang mesin mobil menggunakan lap kain atau material lainnya pastikan tidak ada yang tertinggal atau jatuh ke arah knalpot. Karena hal ini bisa berbahaya bisa berpotensi menimbulkan kebakaran. Maka dari itu selalu cek ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

2. Pastikan tutup oli terpasang rapat

Kebakaran juga bisa disebabkan oleh kebocoran oli dikarenakan tutup oli tidak terpasang dengan benar. Mengapa ini bisa terjadi? karena saat mesin tengah hidup, cipratan oil yang keluar dari lubang pengisian oli berpotensi menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api.  

3. Tidak meninggalkan powerbank yang masih terpasang di soket pengisian

Saat Anda ingin keluar dari mobil dengan waktu yang lama sebaiknya tidak membiarkan mengisi daya powerbank melalui soket mobil. Pengisian daya powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan konsleting pada baterai dan berpotensi meledak.

>>> Fokus Selesaikan Pesanan Kemhan, Pindad Maung Belum Tersedia untuk Warga Sipil

Gambar menunjukan Korek di dalam mobil

Jangan sembarangan menyimpan korek api di dalam mobil

4. Hati-hati saat menyimpan korek api ke dalam kendaraan

Tanpa disadari, terkadang kita membawa korek api gas dan menyimpannya di dalam kendaraan seperti di dasbor atau laci. Apabila terjadi guncangan atau suhu di dalam kendaraan panas, korek api menjadi mudah meledak.

5. Pastikan menempatkan mobil jauh dari bahan yang mudah terbakar

Hindari menempatkan mobil saat mesin hidup di dekat benda yang mudah terbakar, seperti ranting, sampah, kertas, dan plastik. Apabila benda-benda tersebut menempel ke knalpot, kendaraan dapat berpotensi terbakar tiba-tiba.

>>> Baca tips dan trik otomotif lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

10 Hal Ini Membuat Mitsubishi Xpander Cross Pas Diajak New Normal Adventure

18/08/2020

Mobil baru

5 menit

Setidaknya terdapat 10 alasan teknis yang membuat Mitsubishi Xpander Cross sangat cocok untuk diajak untuk berpetualang new normal adventure saat ini...

Lihat juga

Amankah Penggunaan Cover Mobil Transparan Terhadap Cat Mobil?

18/08/2020

Perawatan dan service

4 menit

Cover mobil berbahan plastik bening kini sedang jadi tren dan banyak digunakan karena sifatnya yang transparan. Bagaimana kualitasnya, amankah terhadap cat mobil?

Lihat juga

Deretan Paket Astra Peugeot di MTF Virtual Autofiesta 2020

18/08/2020

Event - Promosi

3 menit

Anda bisa memanfaatkan ajang MTF Virtual Autofiesta 2020 dengan promo yang sangat spesial hasil kolaborasi Astra Peugeot dengan Mandiri Tunas Finance.

Lihat juga

Renault Rilis Duster Bermesin 1.3 Turbo

18/08/2020

Mobil baru

5 menit

Renault Duster 1.3 Turbo resmi dirilis di India. Pakai mesin 1.300 cc dengan tambahan teknologi turbocharged, mobil ini ditawarkan mulai dari Rp 200 jutaan.

Lihat juga

Sambut HUT RI ke-75 , BMW Luncurkan Mobil Baru Edisi Khusus

18/08/2020

Pasar mobil

3 menit

BMW Group Indonesia tawarkan BMW 520i M Sport Edition 75 dan MINI John Cooper Works GP dengan kode produksi 0075 ditawarkan dengan penawaran istimewa.

Lihat juga
 
back to top