Kenali 4 Jenis Karpet Mobil Berdasarkan Bahannya

11/10/2020

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Kenali 4 Jenis Karpet Mobil Berdasarkan Bahannya
Karpet mobil menjaga kebersihan dalam kabin dan efektif meredam kebisingan. Namun sebaiknya kenali dulu jenis karpet mobil sebelum Anda memutuskan membeli.

Interior mobil tidak hanya kursi, dashboard, dan kemudi, melainkan juga lantai. Bagian terbawah dalam kabin ini turut mempengaruhi keindahan dan kenyamanan berkendara. Karenanya, lantai diberikan berupa karpet.

Meski bukan komponen vital, keberadaan karpet mobil sangat penting dan bermanfaat besar. Karpet melindungi lantai dari berbagai kotoran dan debu. Karpet juga sangat efektif meredam kebisingan dari suara mesin maupun deru mobil yang tengah berjalan. Tak kalah penting karpet mobil membuat penampilan kabin semakin cantik dan bikin nyaman. Bahkan, karpet mobil membuat mobil tampak mewah. Lantas, karpet seperti apa yang mau Anda beli?

Jenis karpet mobil berdasarkan fungsinya

Berdasarkan fungsinya seperti disebut di atas, jenis karpet mobil terbagi menjadi 2, yaitu karpet dasar dan karpet pelapis.

  • Karpet dasar

Disebut karpet dasar karena letaknya berada di bagian paling dasar lantai. Karpet inilah yang secara langsung menutupi plat lantai mobil. Sebagian besar karpet dasar terbuat dari bahan fabric, sesuai dengan alas mobil, dan sudah terpasang dari pabrik tanpa pembeli bisa memilih. Karpet dasar inilah yang memberikan peredaman dalam kabin. Karenanya tak mengherankan, beberapa pemilik menambahkan sendiri karpet yang lebih tebal agar kabin semakin senyap.

  • Karpet pelapis

Karpet pelapis diletakkan di bagian lantai untuk melapisi lantai dasar. Fungsinya melindungi dari beragam kotoran dan debu, baik yang terbawa alas kaki pengendara dari luar maupun remah-remah makanan penumpang. Karpet pelapis ini pula yang membuat penampilan interior semakin cantik.

>>> 7 Fitur Rolls-Royce Ghost Bikin Berkendara Serasa di Atas Karpet Terbang

Foto salah satu karpet mobil

Karpet pelapis hanya diletakkan, bukan direkatkan

Jenis karpet mobil berdasarkan bahannya

Berbeda dengan karpet dasar yang terpasang kuat menggunakan rivet atau yang lain, karpet pelapis cukup diletakkan di lantai. Tujuannya agar lebih mudah dilepas dan dipasang kembali jika dibutuhkan. Misalnya untuk dibersihkan atau diganti dengan yang baru.

Tidak perlu khawatir karpet bakal bergeser bentuk karpet sudah disesuaikan dengan lekukan kabin, berukuran span dan di bagian bawah biasanya berupa lapisan anti selip. Kemudian karpet juga diinjak kaki si penumpang, jadi tetap akan solid di tempatnya.

Selain bawaan pabrik, Anda bisa menggantinya sendiri dengan produk aftermarket. Yang penting, bentuk dan ukurannya sesuai. Nah, sebelum Anda memutuskan mengganti dengan karpet pelapis yang baru sebaiknya kenali dulu jenis karpet pelapis agar tidak salah pilih.

>>> Menentukan Bahan Sarung Jok Mobil, Pilih Kulit Asli atau Kulit Sintetis?

Berdasarkan bahannya, setidaknya ada 4 jenis karpet mobil tersedia di pasaran:

  • Karpet Sintetis

Foto menunjukkan Karpet mobil sintetis pada mobil

Karpet mobil sintetis, tapi tetap keren

Karpet berbahan sintetis paling mudah ditemukan di pasaran dan peminatnya sangat tinggi. Hal ini karena harga karpet sintetis cukup murah namun sangat awet dan mudah dibersihkan. Selain itu karpet sintetis efektif menyerap bau kaki dengan baik dan menghindarkan kabin dari bau yang mengganggu.

  • Karpet Karet

Secara fungsi karpet berbahan karet asli ini sama dengan yang lain. Yaitu melindungi dari kotoran dan menyerap bau-bau yang mengganggu. Keunggulannya karpet karet mudah dibersihkan dan lebih awet dibanding karpet sintetis.

  • Karpet Beludru

Untuk penampilan lebih mewah, karpet mobil berbahan beludru pilihannya. Karpet ini lebih umum terpasang pada mobil-mobil premium atau mobil yang mengutamakan keindahan. Kelebihan lainnya selain tampil mewah, karpet beludru sangat lembut dan halus. Namun kekurangannya, karpet beludru sulit dibersihkan dan memerlukan peralatan khusus berupa vacuum cleaner.

>>> Cara Menghilangkan Bulu di Jok dan Karpet Mobil

  • Karpet PVC

Foto menunjukkan Karpet mobil PVC

Karpet mobil PVC, lagi ngetren saat ini

Salah satu yang sangat ngetrend yaitu karpet PVC coil. Banyak yang menyebut sebagai ‘karpet mie’ karena permukaannya yang keriting menyerupai mie. Namun dengan teksturnya tersebut karpet PVC mampu mencegah debu dan kotoran berterbangan setelah jatuh. Keunggulan lainnya karpet PVC memberikan penampilan elegan di dalam kabin dan cukup mudah dibersihkan saat kotor. Cukup dikibaskan atau disemprot dengan air bertekanan tanpa harus disikat.

Nah, suka yang mana? Silahkan memilih. Untuk harga berbeda-beda dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

>>> Baca tips dan trik seputar perawatan mobil di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Musim Hujan Datang, Jangan Lupa Rutin Membersihkan Karpet Mobil

25/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Saat musim hujan datang, jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan karpet mobil. Karena jika karpet dibiarkan kotor, maka kotoran akan mengenai bagian lain pada interior mobil.

Lihat juga

Agar Kabin Senantiasa Resik Dan Nyaman, Berikut 4 Tips Merawat Karpet Mobil

07/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Meski sepintas sepele, namun kebersihan karpet mobil menyumbang besar dalam kenyamanan selama di dalam mobil. Agar lebih mudah, kami akan berikan 4 tips dalam merawat karpet mobil

Lihat juga

Mengenal Fungsi Karpet Mobil, Bukan Sekedar Buat Pemanis Kabin

25/06/2019

Perawatan dan service

4 menit

Fungsi karpet mobil bukan hanya sebagai pemanis kabin dan alas untuk melindungi lantai dasar mobil Anda, namun juga ada yang lainnya. Yuk ketahui serba serbi tentang karpet mobil.

Lihat juga

Berencana Memasang Karpet Mobil Premium Berbahan PVC Coil? Perhatikan Hal-hal Berikut

Karpet mewah dengan bahan PVC Coil saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Karpet mobil segmen premium ini ternyada ada yang dari hasil daur ulang bukan PVC Coil murni. Sebelum memasang karpet mobil premium ini, perhatikan hal-hal berikut.

Lihat juga

Tetap Nyaman di Jalan, Inilah Tips Cara Menjaga Kebersihan Karpet Mobil

Menjaga kebersihan kabin menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang, termasuk kebersihan karpet dasar. Karpet dasar yang bersih akan menghadirkan udara segar yang terbebas dari debu.

Lihat juga