7 Fitur Rolls-Royce Ghost Bikin Berkendara Serasa di Atas Karpet Terbang

03/09/2020

Mobil baru

3 menit

Share this post:
7 Fitur Rolls-Royce Ghost Bikin Berkendara Serasa di Atas Karpet Terbang
Baru saja diperkenalkan, intip 7 fitur Rolls-Royce Ghost terbaru yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dari salah satu sedan termewah asal Inggris ini.

Sedan mewah Rolls-Royce Ghost yang baru saja diperkenalkan memang dibuat lebih minimalis dibandingkan generasi pertama. Tapi kelengkapan teknologinya tak kalah dengan sedan mewah lainnya. Intip 7 fitur Rolls-Royce Ghost terbaru yang ditawarkan bertujuan untuk meningkatkan kesan mewah dan kemudahan ketika berada di dalam mobil. 

1. Illuminated Fascia

fitur Rolls-Royce Ghost 2021 berwarna hitam
Illuminated Fascia bisa ditemukan pada dashboard penumpang depan

Satu fitur baru disebut ‘Illuminated Fascia’ merupakan perpanjangan dari headliner Starlight yang sudah tersedia pada model terbaru Rolls-Royce lainnya. Cahaya layaknya bintang berasal dari 152 LED yang dipasang pada panel instrumen di depan bangku penumpang depan. Teknologi mewah ini membutuhkan waktu dua tahun dan lebih dari 10.000 jam pengembangan.

2. Suara harmonisasi kabin

Pengembangkan Ghost disebut membutuhkan kabin yang sunyi bagi penumpang. Karena itu Ghost mendapatkan hampir 100 kg isolasi udara ke dalam mobil, termasuk pada kaca jendela bagian dalam dan ban. Bahkan pengaturan wiper kaca dan ventilasi udara juga diperhatikan untuk menghilangkan suara sekecil mungkin. 

kursi Rolls-Royce Ghost 2021 berwarna putih
Ghost mendapatkan sistem kabin yang sangat kedap

Namun ternyata kabin yang terlalu tenang cukup menyeramkan dan tidak sesuai dengan kemewahan dari Ghost. Maka teknisi Rolls-Royce pun ‘menyelaraskan’ berbagai suara dalam mobil sehingga bisa saling berharmonisasi. Misalnya rangka kursi beresonasi dengan bodi mobil sehingga ditambahkan peredam tanpa menghilangkan suara yang dihasilkan.

>>> Rolls-Royce Ghost 2021 Meluncur dengan Kesan Mewah nan Minimalis

3. Platform Rolls-Royce terbaru

Sebelumnya, Rolls-Royce Ghost generasi pertama masih mengandalkan platform yang sama dengan yang digunakan pada BMW Seri-7. Di generasi kedua ini, Ghost menggunakan platform khusus dari Rolls-Royce bernama Architecture of Luxury. Sistem ini disebut lebih kokoh dan kaku, namun lebih ringan dibandingkan platform sebelumnya.

ilustrasi platform Rolls-Royce Ghost 2021 berwarna putih
Platform terbaru dibuat lebih kokoh dan kaku

Meskipun mesin masih menggunakan versi 6.8L V12 yang juga digunakan pada Cullinan,Ghost mampu menghasilkan 570 PS dan torsi maksimal 850 Nm. Bahkan dengan bobotnya yang mencapai 2.5 ton, Ghost mampu berlari 0-100 km/jam hanya dalam 4.6 detik. Sedangkan kecepatan tertingginya harus dibatasi hingga 250 km/jam untuk alasan keamanan.

4. Planar Suspension System

Dinamai berdasarkan bidang geometris yang datar dan rata, fitur Rolls-Royce Ghost ini merupakan hasil dari 10 tahun pengujian dan pengembangan kolektif untuk menciptakan perasaan ‘terbang di jalanan’ yang berlum pernah dimiliki mobil manapun di dunia. Rolls-Royce mengungkapkan berkendara dengan Ghost sama seperti meluncur bersama permadani terbang milik Aladdin.

dashboard Rolls-Royce Ghost 2021 berwarna hitam
Sistem suspensi Ghost bisa mendeteksi jalan yang akan dilalui

Dengan unit peredam upper-wishbone, Ghost dilengkapi kamera Flagbearer yang akan membaca jalanan di depan bersamaan dengan sistem transmisi berdasarkan satelit. Sistem Planar membuat suspensi mengeras maupun melunak guna beradaptasi dengan permukaan jalan yang akan dilalui.

>>> First Impression Rolls Royce Ghost 2015, Mobil Mewah Generasi Kedua dari Ghost

5. Satellite Aided Transmission

kamera Rolls-Royce Ghost 2021 berwarna hitam
Transmisi berbasis satelit menggunakan sistem GPS

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, sistem transmisi baru berbasis GPS yang digunakan akan memilih gigi secara otomatis untuk meningkatkan rasa berkendara yang mulus bersama Ghost. Bahkan fungsi penyesuaian suspensi proaktif baru ini bisa dilakukan ketika kendaraan menyentuh kecepatan 100 km/jam.

>>> Rilis 1 September, Interior Rolls-Royce Ghost Hadirkan Dashboard ‘Berbintang’

6. Bespoke Audio System

Roll-Royce menambahkan Bespoke Audio System yang mengunakan respons frekuensi dari bagian sisi bodi untuk mengubah mobil menjadi satu subwoofer raksasa. Begitu pula dengan penggunaan speaker exciter yang direkatkan ke permukaan obyek untuk meningkatkan kualitas suara yang dihasilkan.

audio Rolls-Royce Ghost 2021 berwarna cokelat
Ada 18 channel bagi untuk sistem audio Bespoke

Sistem speaker Ghost menggunakan 18 channel dan memiliki output 1.300 watt dan mampu memainkan file audio yang tidak terkompresi. Mikrofon aktif di dalam mobil menyesuaikan frekuensi dengan cepat untuk memastikan kualitas suara yang optimal.

7. Pintu elektris

pintu Rolls-Royce Ghost 2021 berwarna putih
fitur Rolls-Royce Ghost hadirkan Suicide Door dengan buka-tutup otomatis

Masih menggunakan Suicide Door layaknya model mewah Rolls-Royce lainnya, fitur Rolls-Royce Ghost baru termasuk sistem bukaan elektris hanya dengan menekan tombol dari dalam maupun luar mobil. Sebelumnya, fitur elektris hanya bisa digunakan ketika menutup pintu. Fitur baru ini akan memudahkan penumpang ketika akan keluar masuk mobil.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas hanya di sini

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Bos Rolls-Royce Sebut Penjualan Mobil Mewah Mulai Pulih

03/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Penjualan mobil mewah disebut mulai pulih dari corona. Setidaknya hal itu terlontar dari bos Rolls-Royce usai meluncurkan mobil terbarunya, Ghost 2021.

Lihat juga

Rolls-Royce Ghost 2021 Meluncur dengan Kesan Mewah nan Minimalis

02/09/2020

Mobil baru

3 menit

Rolls-Royce Ghost 2021 generasi kedua hadirkan ubahan baru dengan tampilan yang mewah nan minimalis, tapi tetap mempertahankan berbagai fitur khas Rolls-Royce.

Lihat juga

Rilis 1 September, Interior Rolls-Royce Ghost Hadirkan Dashboard ‘Berbintang’

26/08/2020

Mobil baru

2 menit

Dipasarkan untuk konsumen-konsumen tajir di seluruh dunia, interior Rolls-Royce Ghost mendapatkan fitur Illuminated Fascia yang membuatnya semakin terkesan mewah.

Lihat juga

Rolls-Royce Cullinan Black Badge 2020, Tak Sekedar Tampilan Serba Hitam

25/08/2020

Mobil baru

5 menit

Rolls-Royce Cullinan Black Badge hadir dengan nuansa eksterior serba hitam. Meski begitu bukan cuma penampilan saja perbedaannya, namun ada hal istimewa lain.

Lihat juga

Ini Dia Rolls-Royce Phantom Electric Pertama di Dunia

24/08/2020

Mobil baru

5 menit

Rolls Royce Phantom electric pertama berhasil diciptakan oleh Lunaz, perusahaan yang mengubah sedan berkelas kerajaan Inggris itu menjadi kendaraan bertenaga listrik.

Lihat juga