Menentukan Bahan Sarung Jok Mobil, Pilih Kulit Asli atau Kulit Sintetis?

01/09/2019
Pilihan bahan sarung jok mobil yang banyak digunakan oleh pemilik kendaraan adalah bahan kulit asli dan bahan kulit sintetis. Apa saja perbedaan kedua bahan ini?

Banyak sekali pemilik mobil yang berencana mengganti pelapis jok mobil standarnya. Alasannya pun beragam, ada yang supaya jok standarnya tetap awet, ada pula yang bosan dengan penampilan jok bawaan pabrik.

Untuk mengganti sarung jok mobil ini pun terbagi dalam dua kategori, yaitu yang jok paten, atau semi paten. Sementara bahan sarung jok mobil yang sering dipilih adalah kulit asli dan kulit sintetis.

>>> Begini Cara Membersihkan Jok Mobil

Apa saja perbedaan kedua bahan ini berikut kelebihan dan kekurangannya? Mari kita bahas satu per satu.

1. Bahan Dasar

motif jok mobil

Kulit sintetis berbahan dasar PVC

Sesuai namanya, bahan dasar dari pelapis jok mobil ini pun berbeda. Untuk kulit asli, tentunya bahan berasal dari kulit hewan yang sudah dikeringkan dan beri pengawet dengan proses kimiawi tertentu. Sementara untuk kulit sintetis bahan dasar yang dipakai adalah Poly Vynil Chloride (PVC) atau Poly Urethane (PU).

>>> Promo mobil baru dengan harga menarik cek disini

2. Tekstur

pilihan bahan kulit

Kulit sintesis biasanya lebih kasar dan kaku

Perbedaan antara bahan pelapis jok mobil dari kulit asli dan kulit sintetis juga berbeda jika dilihat permukaan teksturnya. Untuk bahan kulit hewan biasanya bertekstur namun cukup halus saat disentuh. Sedangkan kulit sintetis lebih kasar dan kaku, berserat, dan biasanya diberi stampel label merek pada sisi sebaliknya.

3. Warna

pilihan warna jok mobil

Kulit sintetis pilihan warnanya beragam

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Untuk sarung jok mobil yang menggunakan pelapis berbahan kulit asli, biasanya warnanya hanya sebatas hitam atau cokelat. Sementara untuk yang kulit sintetis warnanya lebih beragam. Selain itu ketahanan warna jok kulit asli bisa sampai 10 tahun dengan perawatan yang benar, namun kalau kulit sintetis hanya sampai 5 tahun.

4. Harga

jok mobil warna cokelat

Harga kulit asli jauh lebih mahal dibanding kulit sintetis

Tentunya bahan sarung jok mobil yang memakai kulit asli jauh lebih mahal dibanding yang memakai kulit sintetis. Perbedaannya bisa dua kali lipat lebih mahal dibandingkan kulit sintetis. Dan terkadang tidak semua seat maker dapat mengerjakan jok mobil dengan sempurna saat memakai bahan kulit asli. Harus yang benar-benar sudah berpengalaman.

>>> Tips dan trik lainnya tentang mobil ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain