Jangan Dianggurin, Memahami Buku Manual Mobil Itu Penting Lho!

29/09/2021

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Buku manual mobil seringkali diabaikan oleh para pengendara. Padahal, memahami buku manual yang berisi ragam informasi perawatan soal mobil itu penting.

Tak semua pemilik mobil memahami pentingnya buku manual. Padahal buku manual mobil berisi tentang banyak informasi soal kendaraan Anda. Anda bisa mencari apa saja yang Anda butuhkan terkait mobil di dalam buku manual. 

Buku manual umumnya sudah termasuk di dalam pembelian mobil baru. Namun tak sedikit pemilik mobil yang justru mengabaikannya. Walhasil, bila terjadi sesuatu pada mobil yang ada malah kebingungan sendiri. 

Gambar menunjukan Buku manual

Buku manual mobil seringkali diabaikan oleh pengendara

"Tapi sayangnya sering sekali saat membeli kendaraan kita pikir kita tahu apa yang sudah kita ketahui selama ini, padahal fitur-fitur di masing-masing kendaraan beda," ungkap Pereli Nasional Rifat Sungkar belum lama ini. 

Rifat lebih lanjut menjelaskan terkait fitur keyless pada mobil. Fitur ini mungkin tak terlalu spesial, namun tetap ada perlakuan khusus untuk perawatannya. Namun pada kenyataannya kata Rifat, tidak semua pemilik mobil dengan fitur tersebut memahaminya. 

"Gimana plan B nya kalau baterai lowbatt, dimana taruhnya, dimana slot utk bisa membuat kunci itu tetap terdeteksi itu banyak yang nggak tau sama sekali. Saya berharap semua yang mengendarai kendaraan itu tahu prinsip dasar masing-masing," katanya lagi. 

Setidaknya di dalam buku manual mobil ada lima informasi penting yang patut diketahui oleh para pemilik. Simak penjelasan lengkapnya berikut seperti dikutip dari laman Auto2000. 

>>> Ngabuburit Sambil Cek Ban Serep Yuk!

1. Kapasitas Tangki dan Jenis Bahan Bakar

Informasi pertama adalah kapasitas tangki dan jenis bahan bakar yang digunakan mobil Anda. Di dalam buku tersebut, ada informasi kapasitas tangki dari mobil yang dimiliki. Selain itu, ada juga jenis bahan bakar yang minimal digunakan mobil itu. Misalnya minimal menggunakan bensin dengan tingkat kandungan oktan 92. Pun demikian dengan mobil diesel ada tingkat kandungan Cetane Number tertentu yang dianjurkan agar performa mobil bisa maksimal. 

Foto lubang tangki Daihatsu Ayla X Elegant 2014

Mobil LCGC misalnya, dianjurkan menggunakan BBM minimal RON 92

2. Fungsi Lampu Indikator Mobil

Lampu indikator mobil menunjukan suatu fungsi pada komponen di dalamnya. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membaca buku manual yang diberikan tersebut. Perlu diketahui, ada beberapa lampu indikator yang ketika menyala, maka itu artinya Anda harus mengunjungi bengkel.

Foto menunjukkan Lampu indikator check engine

Lampu indikator mobil menyala menandakan ada sesuatu hal yang terjadi

>>> Jangan Abai Cek Volume dan Kualitas Oli Mesin Mobil

3. Jenis dan Volume Oli

Jenis dan volume oli tak kalah penting. Oli merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang berfungsi untuk melumasi seluruh bagian mesin. Agar kinerja tetap prima, Anda harus mengetahui jenis dan volume oli mobil tersebut.

Ganti Oli Mesin

Terdapat juga informasi mengenai jenis oli yang pas untuk mobil Anda

Biasanya akan diberitahu kode oli dari sisi viskositas atau tingkat kekentalan oli mesin yang memang cocok bagi mobil Anda. Pastikan volume dan jenisnya memang sesuai anjuran pabrikan.

4. Ban Cadangan dan Perkakas

Di dalam buku manual juga terdapat penjelasan dan informasi terkait lokasi ban cadangan dan perkakas mobil. Anda harus mengerti penggunaan dan letak ban cadangan. Termasuk perkakas hingga dongkrak yang biasanya sudah termasuk dalam paket pembelian mobil. Jangan sampai hal ini terlewatkan karena sangat membantu di dalam kondisi darurat.

Ban serep

Ketahui letak ban serep pada mobil

5. Fitur Mobil

Informasi terakhir yang wajib diketahui dari buku manual adalah fitur-fitur pendukung di mobil. Hal ini sangat membantu karena fitur-fitur ini mencakup teknologi keselamatan yang ada di dalam mobil tersebut.

"Owner's manual ini kan sebetulnya banyak isinya dari garansi, fitur keselamatan, instalasi, troubleshoot, instruksi cara setup device yang ada di situ seluruh instruksi perawatan dan pemecahan masalah," pungkas Rifat.

>>> Info Lengkap Fitur dan Konfigurasi Toyota Kijang Innova

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top