Ngabuburit Sambil Cek Ban Serep Yuk!

21/04/2021

Perawatan dan service

2 menit

Ngabuburit Sambil Cek Ban Serep Yuk!
Jangan anggap remeh keberadaan ban serep di mobil Anda. Berikut ini cara cek ban serep yang menjadi penyelamat di kala darurat.

Lagi cari ide ngabuburit yang bermanfaat? Waktunya cek ban serep mobil Anda, yuk! Ban serep kerap kali dilupakan karena disimpan di dalam mobil. Padahal ban serep digunakan saat terjadi hal yang tak diinginkan pada ban mobil, entah itu kempes, tertusuk paku, atau pecah. Jadi, saat jauh dari bengkel Anda sudah ada antisipasinya.

Saat menggunakan ban serep, pastikan jika Anda menggunakan ban yang sesuai dengan empat ban lainnya, mulai dari ukurannya, ketebalannya, dan kondisinya. Perlu diingat bahwa setiap mobil yang dipasarkan di Indonesia wajib memiliki ban serep yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Ban serep yang disimpan di kolom mobil biasanya menggunakan ukuran yang sama dengan ban standar, berbeda dengan ban serep yang berada di bawah bagasi karena ukurannya lebih kecil untuk menghemat ruang penyimpanan. Nah, bagaimana cara cek ban serep? Simak selengkapnya, yuk!

1. Periksa Tekanan Angin Pada Ban Kendaraan

Cek Tekanan angin ban mobil

Anda bisa pakai tire pressure gauge untuk cek tekanan angin ban

Tekanan angin menjadi hal penting pertama yang perlu Anda lakukan saat cek ban serep. Pasalnya ban serep yang kurang angin akan merepotkan Anda saat mengganti ban yang bermasalah. Jadi, pastikan jika tekanannya lebih tinggi kurang lebih 5 bar untuk menghindari penyusutan tekanan angin ban yang terjadi. Anda bisa menggunakan tire pressure gauge untuk cek tekanan angin ban kendaraan.

>>> Yuk Manfaatkan Waktu Ngabuburit untuk Cek Cairan Mobil

2. Cek Retakan Ban

Cek keretakan ban mobil

Ban yang memiliki banya retakan akan mudah rusak

Karena terus disimpan di ruang penyimpanan yang lembab dan umur yang lama, salah satu permasalahan ban serep adalah rekatan pada telapak ban. Cek retakan pada ban, jika melihat ada banyak retakan, ada baiknya ganti ban serep dengan yang baru. Anda bisa memberikan semir ban jika ban jarang dibersihkan. Dengan semir ban, ban serep akan jadi lebih awet.

>>> Daihatsu Terios Meluncur di Singapura, Dijual Rp 1 Miliar!

3. Perhatikan Usia Ban Serep

Ban mobil Bridgestone

Setiap ban memiliki kode pembuatan

Perhatikan usia pemakaian ban serep. Biasanya ban serep hanya bertahan sekitar tiga tahun. Anda bisa cek usia ban dengan melihat kode angka pada dinding ban. Jika ban memiliki kode 1216, maka ban tersebut adalah hasil produksi minggu ke 12 tahun 2016.

>>> Baru Beli Mobil? Jangan Lupa Servis Berkala Satu Bulan Pertama

4. Cek Kebersihan Ban

Ban serep

Selalu cek kebersihan ban serep

Hal lain yang perlu Anda lakukan adalah cek kebersihan ban serep. Pasalnya ban serep yang kotor akibat tempelan pasir, debu, dan kotoran bisa membuat karat pada velg dan membuat ban cepat rusak. Bersihkan ban dengan dicuci menggunakan air dan sabun, hindari penggunaan cairan kimia.

Itulah cara cek ban serep yang perlu Anda lakukan untuk menemani waktu berbuka puasa. Jangan anggap remeh fungsi ban serep lagi, ya!

>>> Baca tips & trik lainnya seputar otomotif di Cintamobil.com

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top