Jangan Abai Cek Volume dan Kualitas Oli Mesin Mobil

01/07/2021

Perawatan dan service

3 menit

Banyak dari kita mungkin tidak memperhatikan volume dan kualitas oli mesin mobil. Padahal pelumas berfungsi agar mesin mobil selalu bekerja dengan maksimal.

Agar performa mesin mobil tetap prima, perhatian terhadap kendaraan secara berkala wajib untuk dilakukan. Tidak terkecuali pengecekan volume oli mesin mobil pada kendaraan kesayangan. Aktivitas ini dapat dilakukan secara mandiri oleh Anda sebagai pemilik kendaraan.

Perhatikan Volume dan Kualitas Oli Mesin Mobil

Mengecek oli mesin caranya cukup mudah. Seperti pada mesin mobil  Peugeot 3008 SUV atau 5008 SUV, sudah terdapat deep stick alias batang pengecek yang rata-rata terpasang di bagian samping mesin. Lewat batang indikator ini, pemilik kendaraan bisa mendapatkan gambaran kondisi kualitas dan volume oli mesin dan dapat menilik masalah yang mungkin ada.

“Apakah volumenya sudah mulai berkurang atau kualitasnya sudah menurun. Hal ini penting dilakukan terlebih sebelum mobil dipergunakan untuk berkendara jarak jauh yang memerlukan penggunaan mesin selama berjam-jam.” tukas Samsudin, After Sales Support PT Astra International - Peugeot.

>>> Ternyata Ini Alasan Mobil Diesel Langka di Pasar Mobil Bekas

Gambar menunjukan Oli mobil

Periksa juga kualitas oli mesin  mobil Anda

Prosedur pengecekan oli kendaraan umum dilakukan saat kondisi mesin kendaraan dalam keadaan dingin atau belum dipergunakan. Namun, ada juga produsen oli yang menganjurkan agar mengecek oli setelah memanaskan mobil. Alasannya, saat sebagian oli masih di atas pasca melumasi komponen mesin setelah mobil dipanaskan, pada bak mesin biasanya sudah berkurang dan hal volume pada bak tersebut lah yang diukur.

>>> Ini 5 Tips Untuk Menghindari Pengemudi Mobil Arogan di Jalan

Baca Buku Perawatan Mobil

Langkah ini harus dipahami pemilik dalam melakukan prosedur yang tepat. Agar proses pengecekan benar-benar akurat dan tidak membuat kerja mesin jadi berat. Salah satu caranya adalah membaca petunjuk perawatan mobil. Karena beberapa produsen oli ada yang menganjurkan mengganti oli mobil sebelum menggunakan mobil atau ketika olinya masih dingin.

Saat pengecekan pastikan mobil terparkir di permukaan rata. Hal ini untuk mendapatkan pembacaan yang akurat, sekaligus memastikan bahwa oli tidak berkumpul di salah satu sisi tangki oli.

>>> Mengetahui Arti Kode pada Oli Mesin Toyota Motor Oil

Gambar menunjukan Oli mobil

Ganti oli mesin  mobil kesayangan Anda secara berkala

Buka kap mobil dan temukan tongkat celup atau deep stick di samping area mesin. Kebanyakan mobil, di bagian atas tongkat celup ada pengait berwarna merah, oranye atau kuning. Bentuknya melingkar atau kotak mencuat menjauhi mesin dan condong ke salah satu sisi. Biasanya dimasukkan ke dalam penuntun tongkat celup dengan lebar seukuran pensil.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top