Ini Keuntungan Pakai Suku Cadang Asli Mobil

16/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Ini Keuntungan Pakai Suku Cadang Asli Mobil
Walaupun sering dianggap harganya jauh lebih mahal, namun memakai suku cadang asli mobil punya banyak keuntungan. Baik saat mobil tersebut digunakan hingga ketika mobil akan dijual kembali.

Setiap komponen yang ada di mobil selalu memiliki usia pakai. Ada yang usianya beberapa bulan saja, ada yang setahun, ada yang 5 tahunan, bahkan ada yang sampai 10 tahun. Semua itu tergantung dari material yang menjadi bahan pembuat komponen tersebut serta perlakuan si pemilik mobil terhadap kendaraannya. Kalau pemilik mobil sembarangan dalam memperlakukan kendaraan itu, maka usia pakai komponen mungkin cuma bertahan setahun atau hitungan bulan saja. Tapi kalau mobil itu apik dirawat, maka sparepart bisa bertahan tahunan, atau bahkan sampai mobil tersebut dijual lagi pun komponennya masih bekerja dengan baik.

Tentunya ketika ada komponen mobil yang sudah waktunya diganti, maka harus disubtitusi dengan suku cadang yang baru. Disinilah peran pemilik mobil diperlukan untuk bijak dalam menggunakan suku cadang asli mobil. Sebab walau kerap dianggap harganya jauh lebih mahal, ada sejumlah keuntungan menggunakan suku cadang asli dari pada yang palsu alias KW.

Berikut ini beberapa keuntungan jika memakai suku cadang asli mobil, dikutip dari keterangan resmi PT Honda Prospect Motor (HPM), Selasa (12/01/2021).

>>> BBN Naik Bikin Harga Honda Brio Tembus Rp 200 Juta

1. Usia Pakainya Lebih Lama

Bengkel Resmi Mobil Honda

Pakai suku cadang asli dan selalu rutin servis di bengkel resmi maka kualitas mobil tetap terjaga

Suku cadang yang original dan dibuat langsung oleh produsen mobil tersebut, pastinya sudah menggunakan material yang berkualitas. Kemudian spesifikasinya juga disesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan dari pabrik mobil yang bersangkutan. Dengan demikian daya tahan produk itu bisa lebih lama daripada komponen yang dibuat oleh produsen lain yang tidak jelas, material yang dipakai juga lebih rendah dari standar, dan proses produksinya pun sembarangan.

2. Bisa Lebih Hemat

Karena usia pakai suku cadang asli relatif lebih lama daripada barang KW atau replika, maka pada akhirnya Anda akan menghemat biaya perawatan kendaraan dalam jangka panjang. Karena proses penggantian komponen bisa lebih lama durasinya. Misalnya kalau pakai suku cadang asli komponen itu baru akan diganti 5 tahun lagi, tapi kalau pakai yang KW, setiap 1 tahun sekali komponen tersebut sudah jebol lagi.

3. Dipastikan Kompatibel untuk Dipasang

Suku cadang asli mobil sudah tentu diproduksi secara spesifik sesuai peruntukan di mobil tertentu. Sebelum diproduksi massal, komponen ini juga telah melewati serangkaian pengujian guna memastikan kualitas komponen tidak lagi diragukan. Sehingga jika membeli suku cadang yang asli, maka sudah pasti bakal kompatibel dengan mobil Anda sesuai peruntukannya.

>>> Waspada Kaca Film Palsu, Ini Ciri-Cirinya

4. Ada Jaminan Garansi

Honda BRV dijual

Kalau selalu terawat dengan baik, harga jual kembali mobil bisa tetap bertahan

Setiap komponen yang diproduksi oleh pabrikan mobil umumnya ada jaminan garansi dari produsen tersebut. Jika sesudah diganti komponen mengalami masalah dalam waktu dekat, maka Anda bisa mengajukan klaim. Apalagi jika pengerjaan penggantian suku cadang dilakukan di bengkel resmi pabrikan yang dimaksud. Maka proses klaim bisa langsung disodorkan kepada pihak bengkel resmi tersebut.

5. Bikin Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

Apabila mobil Anda selalu melakukan perawatan dengan memakai komponen asli dan rutin menjalani servis berkala di bengkel resmi, maka jika mobil tersebut hendak dijual kembali, nilainya bisa tetap bertahan. Ini karena calon konsumen akan menilai jika mobil tersebut dalam kondisi selalu prima akibat mendapat perawatan yang tepat.

>>> Review New Honda BR-V 2019: LSUV Modis Honda yang Dibuat Lebih Elegan

6. Sering Ada Promo

Mungkin ini adalah salah satu bonus jika Anda selalu memakai suku cadang asli mobil. Lantaran pihak produsen mobil mungkin saja melakukan beberapa promo menarik terhadap penjualan suku cadang mereka. Misalnya Honda yang membuka diskon hingga 90% untuk yang membeli suku cadang dan aksesoris asli selama periode hingga 29 Januari 2021.

 

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Waspada, Ada Temuan Suku Cadang Mobil dari China Sebarkan Covid-19

08/01/2021

Pasar mobil

5 menit

Sebuah temuan kasus jika Covid-19 menyebar melalui salah satu kemasan suku cadang mobil dari China. Laporan ini menyusul adanya temuan sampel kemasan suku cadang yang positif terinfeksi virus.

Lihat juga

Penjualan Suku Cadang Suzuki Lampaui Target

26/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Suku cadang Suzuki sempat menjadi tulang punggung bagi Suzuki Indonesia selama pandemi melanda, dan benar saja, ternyata penjualannya melampaui target

Lihat juga

Produksi Honda Civic Type R Terhenti karena Kurang Pasokan Suku Cadang

10/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Honda Civic Type R di pabrik Swindon, Inggris telah dihentikan produksinya karena kurangnya pasokan suku cadang. Tetapi produksinya dijanjikan segera pulih.

Lihat juga

Suku Cadang Daihatsu Berstandar Jepang, Tapi Cocok di Indonesia

20/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Daihatsu mengklaim suku cadang yang dijual di Indonesia sudah sesuai dengan standar Jepang. Meski begitu, suku cadangnya cocok digunakan di Indonesia.

Lihat juga

Punya Mobil KIA Model Lama? Tenang, Suku Cadangnya Masih Tersedia

16/04/2020

Event - Promosi

3 menit

Meski sekarang sudah berpindah tangan di bawah naungan Indomobil, KIA menjamin suku cadang model lamanya masih tersedia dan akan dilayani di dealer-dealernya.

Lihat juga
 
back to top