BBN Naik Bikin Harga Honda Brio Tembus Rp 200 Juta

12/01/2021

Pasar mobil

4 menit

BBN Naik Bikin Harga Honda Brio Tembus Rp 200 Juta
Kenaikan harga mobil sudah lumrah terjadi setiap tahunnya karena BBN. Misalnya harga Honda Brio RS yang kini dijual dengan harga lebih dari Rp 200 juta.

Kenaikan harga mobil sudah lumrah terjadi di setiap awal tahun. Untuk itu, jangan heran kalau mobil incaran Anda harganya naik di awal tahun. Tak jarang ada sebagian orang yang justru mengurungkan niat untuk membeli mobil awal tahun lantaran harganya naik. Tapi tak sedikit juga yang mengincar mobil di awal tahun baru agar mendapat VIN paling baru.   

Kenaikan harga ini bisa terjadi lantaran adanya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Billy juga menyebut bahwa harga Honda Brio tersebut sudah disesuaikan dengan BBN tahun 2021. 

Honda Brio RS

Brio kerap menjadi tulang punggung Honda di Indonesia

>>> Penjualan Honda Jazz Masih Moncer, Jadi Disetop Atau Tetap Lanjut?

Penyesuaian BBN Tercantum dalam Perda

Sekadar informasi, dalam Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2010 tentang Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor disebutkan bahwa Penghitungan dasar pengenaan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ditinjau kembali setiap tahun dan telah mendapat pertimbangan dari Menteri Keuangan. 

Kenaikan harga ini dialami oleh mobil-mobil Honda memasuki tahun 2021. Salah satunya Honda Brio. Harga Honda Brio yang paling mahal atau pada tipe RS CVT kini sudah tembus Rp 200 juta atau tepatnya Rp 204 juta. Bahkan untuk warna Phoenix Orange Pearl dibanderol mulai Rp 205,5 juta. 

Honda Brio RS

Harga Honda Brio tertinggi bisa mencapai Rp 205 juta lebih

"Itu harga suggested retail price 2021 Jabodetabek area untuk Brio RS CVT ya," ungkap Business Innovation and Marketing Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy ketika dikonfirmasi Cintamobil, Senin (11/1/2021) malam. 

Perlu diketahui, Brio RS CVT tak masuk dalam kategori mobil Low Cost Green Car (LCGC). Ini berbeda dengan Honda Brio Satya yang memang diperuntukan bagi segmen LCGC. Maka dari itu, harga Honda Brio RS tersebut tak mendapat keringanan berupa PPnBM 0%. 

Bila Anda menginginkan Brio dengan harga yang lebih terjangkau pilihannya ada pada Brio Satya. Ada tiga tipe Brio Satya yang ditawarkan dengan kisaran harga Rp 149 juta hingga Rp 173,5 juta. 

>>> Sudah Uji Tipe, Honda City Hatchback Belum Pasti Meluncur di Indonesia

Bekal Fitur yang Dimiliki Brio RS

Dengan harga Rp 200 juta, mayoritas orang Indonesia biasanya cenderung memilih mobil jenis MPV. Faktor utamanya adalah kapasitas yang lebih besar ketimbang hatchback mungil yang hanya mampu memuat lima orang di dalamnya. Lantas apa kelebihan yang ditawarkan oleh Honda Brio RS CVT dengan harga lebih dari Rp 200 juta itu? 

Honda Brio RS

Honda Brio juga cukup laris di pasar ekspor

Dalma laman Honda tertulis bahwa Honda Brio RS CVT dibekali mesin 1.2 L SOHC i-VTEC dengan tenaga sebesar 90 PS. Mesinnya dipasangkan dengan transmisi CVT berteknologi Earth Dreams ala Honda. Pada bagian interiornya disematkan layar sentuh berukuran 6,1 inchi yang sudah terkoneksi dengan Display Audio, USB Port AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. AC juga sudah digital kemudian untuk menunjang kenyamanan headrest sudah terpisah dengan jok.

Kemudian dari sisi fitur keselamatan terdapat Dual Front i-SRS Airbags, Immobilizer, Auto Door Lock by Speed, Keyless Entry, hingga Rear Trunk Opener. 

>>> Mobil LCGC Masih Jadi Favorit saat Pandemi

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top