Review New Honda BR-V 2019: LSUV Modis Honda yang Dibuat Lebih Elegan

27/04/2019
editor rate: 4,4 user rate: 4,0
Mengusung tema Brave New Worlds, Honda meluncurkan edisi facelift New Honda BR-V 2019 pada Telkomsel Indonesia International Motor Show 2019. Menyasar jiwa eksplorasi yang haus perjalanan, Honda mengajak pengguna untuk menjelajahi dunia baru dan menghadapi tantangan bersama New Honda BR-V.

PENGANTAR Honda BR-V 2019

Review New Honda BR-V 2019Setelah diperkenalkan pertama kali pada Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015 lalu, Honda BR-V langsung melejit setelah Honda memasarkan Low Sport Utility Vehicle (LSUV) ini pada 2016. Namun tidak selalu mulus, penjualan BR-V merosot tahun lalu dengan rata-rata penjualan 700 unit per bulan. Mencoba menggaet pasar LSUV lagi di Tanah Air, Honda akhirnya memperkenalkan New Honda BR-V 2019 pada Telkomsel IIMS 2019.

Honda BR-V 2015 berwarna merah

Debut pertama Honda BR-V pada GIIAS 2015

BR-V merupakan LSUV yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia, terlebih pada awal kemunculannya. Bahkan, mobil ini meraih 12 penghargaan dari berbagai media otomotif Indonesia sejak pertama kali dipasarkan, seperti ASEAN Car of the Year 2016. Memang, desain yang tangguh, kabin yang lapang, dan mesin yang efisien menjadi salah satu daya tarik Honda bersaing di segmen yang cukup sibuk tahun ini.

Dan kali ini, Honda memberikan beberapa perubahan pada tampilan eksterior, baik depan maupun belakang, dengan mengusung konsep sporty. Beberapa fitur tambahan juga diberikan guna memudahkan pengguna dalam pemakaian sehari-hari, sebut saja One Push Ignition System hingga fitur keyless entry.

perkenalan New Honda BR-V 2019 berwarna kuning

Perkenalan pertama New Honda BR-V 2019 pada Telkomsel IIMS 2019

Dengan semua perubahan yang diberikan, Honda mengungkapkan bahwa versi facelift kali ini sudah bisa dipesan. Namun sebelum itu, mari kita lihat perubahan serta penambahan berbagai fitur melalui review New Honda BR-V 2019 berikut ini.

EKSTERIOR Honda BR-V 2019

Sebagai kendaraan yang mengusung tampilan sporty, tampilan eksterior New Honda BR-V 2019 memang membawa perubahan yang mengesankan. Meskipun tidak begitu banyak, setidaknya tampilan baru memberikan penyegaran yang pas untuk mobil ini.

Review New Honda BR-V 2019: Eksterior Depan

Meskipun bukan generasi baru, tetapi perubahan jelas terlihat pada tampilan depan mobil yang dibuat lebih tegas dan sporty dibandingkan sebelumnya. Sebagaimana dijelaskan oleh Honda, ada baru pada eksterior depan New Honda BR-V 2019 ada desain gril depan dengan aksen hitam yang fasia baru lebih “gelap” dibandingkan sebelumnya, kalau dilihat agak-agak mirip kelir piano black ya.

eksterior depan New Honda BR-V 2019 berwarna kuning

Eskterior depan New Honda BR-V 2019

Melengkapi fasia depan mobil ini adalah serta desain bumper dan under spoiler yang lebih padat serta LED Daytime Running Light. Honda juga menyisipkan aksen krom pada pada rumah fog lamp, menjadikannya lebih berbeda dan unik dibandingkan sebelumnya. Sedangkan pada bagian atas, lampu depan tidak mendapatkan perubahan pada edisi facelift kali ini.

Review New Honda BR-V 2019: Eksterior Samping

Tidak ada perubahan signifikan pada tampilan sisi mobil ini dimana pahatan yang tegas masih terlihat untuk kesan sporty. Dan mengingat mobil ini dipasarkan untuk mereka yang menyukai petualangan, ground clearance 201 mm cukup memudahkan ketika membawa mobil ini pada kondisi jalan yang tidak rata.

eksterior samping New Honda BR-V 2019 berwarna kuning

Eksterior samping New Honda BR-V 2019

Melengkapi fitur pada eksterior samping New Honda BR-V 2019 yaitu sistem keyless entry yang memudahkan Anda membuka pintu tanpa kunci serta desain pelek 16 inci yang berbeda dibandingkan edisi sebelumnya. Selain itu, roof rail juga masih disediakan untuk memudahkan Anda membawa barang pada bagian atap mobil.

Review New Honda BR-V 2019: Eksterior Belakang

eksterior belakang New Honda BR-V 2019 berwarna kuning

Eksterior belakang New Honda BR-V 2019

Desain lampu dan pintu belakang tidak ada perubahan dibandingkan edisi sebelumnya. Namun perbedaannya yang jelas terlihat pada edisi facelift sudah dilengkapi dengan antena shark fin, rear under spoiler, dan desain bumper yang baru pada eksterior belakang New Honda BR-V 2019. Dengan tampilan belakang yang baru, reflektor yang sebelumnya berada pada bumper bawah dipindahkan sedikit ke atas dengan tampilan vertikal.

INTERIOR Honda BR-V 2019

Kabin yang luas masih menjadi ‘barang jualan’ Honda BR-V kali ini. Tetapi perubahan pada interior New Honda BR-V 2019 adalah desain trim baru dan aksen maroon pada kursi, door armrest, hingga kemudi dan tongkat persneling. Menjadikan kesan elegan tercipta ketika Anda berada dalam kabin mobil.

Review New Honda BR-V 2019: Dasbor

dasbor New Honda BR-V 2019 berwarna hitam

Dasbor New Honda BR-V 2019

Ketika masuk ke dalam kabin, ada pola yang baru dari dasbor ketika Anda masuk ke dalam mobil ini. Selain itu, tongkat persneling juga mendapatkan cover kulit baru yang membuat tampilan konsol tengah berbeda dibandingkan sebelumnya. Layar sentuh 8 inci floating capacitive yang lebih besar menghiasi tampilan tengah pada dasbor New Honda BR-V 2019 dipenuhi dengan sistem infotainment yang memudahkan Anda memutar audio melalui Bluetooth, koneksi nirkabel telepon & smartphone, serta sistem Aux dan radio AM/FM.

Review New Honda BR-V 2019: Kemudi

kemudi New Honda BR-V 2019 berwarna hitam

Kemudi New Honda BR-V 2019

Sama seperti tambahan fitur pada lini produk lainnya, setir tiga palang dengan aksen krom khas Honda sudah memiliki Audio Steering Switch yang memudahkan Anda mengatur audio tanpa melepaskan tangan dari kemudi. Istimewanya, setir ini serupa dengan yang digunakan oleh Honda Jazz dengan kode bodi GE8 yang hadir di Indonesia antara tahun 2008 hingga 2013. Sayangnya, meski kemudi New Honda BR-V 2019 masih memiliki sistem kerja rack and pinion dengan tilt steering, tapi belum menggunakan telescopic steering. Yang membuat kemudi lebih nyaman untuk dipakai adalah cover kulit baru dengan jahitan warna maroon yang elegan.

Review New Honda BR-V 2019: Kursi

kursi New Honda BR-V 2019 berwarna hitam dan maroon

Kursi New Honda BR-V 2019

Tidak hanya kenyamanan, namun Honda sepertinya memberikan peningkatan desain pada kursi melalui garis berwarna cokelat yang menjadi penambahan yang unik dan elegan pada BR-V. Bagian tengah pada baris kedua juga sudah mendapatkan headrest yang bisa diturunkan. Kursi New Honda BR-V 2019 baris kedua yang lebih tebal dan empuk juga dilengkapi dengan one touch sistem untuk efisiensi Anda melipat kursi agar penumpang lebih mudah masuk ke dalam baris ketiga.

Review New Honda BR-V 2019: Bagasi

bagasi New Honda BR-V 2019 berwarna hitam

Bagasi New Honda BR-V 2019

Luasnya ruang penyimpanan BR-V merupakan salah satu yang terbesar di kelasnya. Kapasitas bagasi New Honda BR-V 2019 yang luas bisa memberikan kenyamanan bagi Anda yang ingin membawa banyak barang selama perjalanan. Jika kurang, Anda bisa ‘menidurkan’ kursi baris ketiga untuk mendapatkan tambahan ruang kargo. Meskipun Honda belum memberikan besaran kapasitas kargo yang bisa digunakan pada BR-V.

FITUR Honda BR-V 2019

Edisi facelift baru memberikan penambahan fitur yang tidak ditemukan pada model sebelumnya. Kenyamanan di dalam kabin semakin lengkap dengan head unit 8 inci Floating Capacitive Touchscreen Display Audio, kompatibel untuk memutar musik seperti AM/FM Radio, MP3/WMA, Bluetooth, koneksi pada smartphone, Aux Input dan USB Port.

fitur New Honda BR-V 2019 berwarna merah

Fitur One Push Ignition baru New Honda BR-V 2019

Yang baru dari fitur New Honda BR-V 2019 adalah One Push Ignition System memberikan kemudahan bagi Anda untuk menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Cukup praktis dan umum digunakan pada kendaraan baru belakangan ini. BR-V juga akhirnya mendapatkan Auto A/C yang menandai fitur climate control untuk kenyamanan Anda dan penumpang di belakang.

Review New Honda BR-V 2019: Fitur Keselamatan Aktif

Struktur rangka G-CON ditambah ACETM memberikan peredaman bentuan yang cukup baik ketika terjadi kecelakaan. Fitur keselamatan aktif New Honda BR-V 2019 juga dilengkapi dengan sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist untuk stabilitas tinggi dan Hill Start Assist yang memudahkan Anda untuk melaju setelah berhenti pada tanjakan. Honda menyebutkan sudah memasang Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System untuk menjaga mobil Anda.

>>> Elegan Dan Gagah, Inilah 3 Pilihan SUV Mewah Bekas Dari Cintamobil.com

OPERASI Honda BR-V 2019

Honda menjelaskan bahwa BR-V sudah dilengkapi dengan mesin berkinerja tinggi serta konsumsi bahan bakar yang efisien untuk membawa Anda menjelajah semua kondisi jalan. Masih menggunakan mesin 1.5L i-VTEC berteknologi Earth Dreams khas Honda, sistem operasi New Honda BR-V 2019 mampu menghasilkan tenaga maksimal 118 daya kuda pada putaran 6.600 rpm serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.6 rpm.

mesin New Honda BR-V 2019 berwarna hitam

Mesin New Honda BR-V 2019

Memang tidak ada perubahan teknis pada mobil ini. Selain mesin yang tetap sama, sistem transmisi juga masih menggunakan CVT dan 6 percepatan manual. Selain itu, BR-V juga memiliki sistem bahan bakar PGM FI yang sudah memenuhi standar emisi gas buang Euro IV, sebagaimana yang diinginkan oleh pemerintah Indonesia untuk mobil-mobil baru di Tanah Air.

spesifikasi Honda BR-V 2019

Honda sudah memamerkan mobil ini pada situs resminya di Indonesia. Berdasarkan laman resmi Honda tersebut, berikut spesifikasi New Honda BR-V 2019 yang bisa Anda dapatkan.

Dimensi Honda BR-V 2019

Panjang x Lebar x Tinggi

4.456 mm x 1.735 mm x 1.666 mm

Jarak Poros Roda

2.662 mm

Jarak Pijak Depan/Belakang

1.500 mm

Ground Clearance

201 mm

Kapasitas Tangki

42 liter

Mesin New Honda BR-V 2019

Tipe Mesin

L15, 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 katup i-VTEC + DBW

Isi SIlinder

1.497 cc

Tenaga Maksimal

118 dk @ 6.600 rpm

Torsi Maksimal

145 Nm @ 4.600 rpm

Sistem Pasokan Bahan Bakar

PGM-FI

Tipe Transmisi

CVT with Earth Dreams Technology atau 6 Percepatan Manual

Kaki-Kaki New Honda BR-V 2019

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Rem Depan

Ventilated Disk

Rem Belakang

Drum

Tipe Ban

195/60 R16

Pelek

Bold Alloy Wheel 16 Inci

kelebihan & kekurangan Honda BR-V 2019

Masih banyak yang perlu diperbaiki oleh Honda. Pasalnya perubahan yang membuat mobil ini lebih segar tidak diiringi oleh tenaga dari mesin yang digunakan. Namun untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kelebihan dan kekurangan New Honda BR-V 2019 di bawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan baru yang lebih sporty dengan berbagai penambahan pada eksterior dan interior

Tidak ada perubahan teknik, semisal mesin dan transmisi

Penambahan fitur baru yang membuat mobil ini lebih nyaman dan aman dibandingkan sebelum facelift

Beberapa fitur hanya bisa didapatkan pada varian tertinggi

Salah satu kendaraan teraman oleh Honda dalam hal peredam tabrakan

Bentuk mulai ketinggalan zaman bila dibandingkan lawan-lawannya

daftar harga Honda BR-V 2019

Honda BR-V tersedia dalam empat varian, terbagi menjadi dua transmisi, 6 percepatan manual dan CVT. Honda juga menyebutkan bahwa Anda bisa mendapatkan enam pilihan warna, yaitu Premium Amber Metallic, Crystal Black Pearl, Modern Steel Metallic, Taffeeta White, Coffee Cherry Red Metallic, dan Lunar Silver Metallic. Sedangkan harga New Honda BR-V 2019 yang diungkapkan Honda yaitu,

Varian New Honda BR-V 2019

Harga

New Honda BR-V S Manual

Rp 238.000.000,-

New Honda BR-V E Manual

Rp 252.500.000,-

New Honda BR-V E CVT

Rp 262.500.000,-

New Honda BR-V Prestige CVT

Rp 279.500.000,-

 

Selain itu, Honda BR-V juga dilengkapi fasilitas purna jual, antara lain Gratis Biaya Jasa Perawatan Berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan suku cadang perawatan berkala 4 tahun/50.000 km atau 8 tahun/100.000 km. BR-V juga dilengkapi fasilitas Experience Honda yang memberikan layanan darurat 24 jam untuk konsumen di tengah perjalanan meliputi penggantian ban, pengaktifan aki, pengisian bahan bakar, serta derek kendaraan selama 24 jam.

Video Honda BR-V 2019

Diperkenalkan langsung pada Telkomsel IIMS 2019, Honda langsung meluncurkan video New Honda BR-V 2019 pada akun YouTube Honda Indonesia, Hondaisme.

KESIMPULAN Honda BR-V 2019

Honda BR-V merupakan salah satu LSUV andalan Honda. Karena penjualan yang semakin menurun, sudah banyak yang menyerukan pertanyaan tentang generasi terbaru Honda BR-V. Namun tanpa banyak perubahan, Honda akhirnya mengeluarkan edisi facelift New Honda BR-V 2019 dengan berbagai penambahan dan tampilan baru pada eksterior dan interior kendaraan.

Honda BR-V 2019 berwarna kuning

Tampilan baru dari facelift New Honda BR-V 2019

Perubahan eksterior yang lebih sporty dengan aksen hitam serta interior yang lebih elegan melalui trim baru beraksen maroon merupakan poin penting dalam facelift New Honda BR-V 2019. Tidak ada perubahan teknis, seperti mesin dan transmisi yang masih menggunakan edisi lama. Namun tentu saja, facelift kali ini setidaknya bisa memberikan penyegaran untuk mendongkrak penjualan LSUV modis dari Honda ini.

Padli Nurdin
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

review lain

Cari review mobil