Mengapa Harga Coating Mobil Bisa Mahal? Ini Penjelasannya

09/06/2020

Perawatan dan service

8 menit

Share this post:
Mengapa Harga Coating Mobil Bisa Mahal? Ini Penjelasannya
Mungkin Anda berminat untuk memproteksi cat mobil dengan teknik coating, namun kendalanya harga coating mobil relatif mahal. Mengapa? Ini penjelasannya.

Mungkin Anda pernah mendengar istilah coating mobil. Anda juga bukan tidak mungkin telah mengetahui bagaimana kondisi mobil yang telah dilakukan coating. Bisa saja, Anda pun sebenarnya punya keinginan agar mobil Anda di coating, tapi kemudian niat itu diurungkan.

Alasannya harga coating mobil cenderung mahal dibandingkan cuci mobil atau membeli produk-produk perawatan mobil dan melakukannya sendiri di rumah. Lalu mengapa jasa untuk coating mobil dari tempat-tempat car detailing dipatok cukup tinggi hingga jutaan rupiah? Apakah sebanding dengan hasilnya? Apakah Anda sebenarnya bisa melakukan sendiri di rumah?

Nah pada tulisan kali ini, Cintamobil.com akan membahas mengenai coating mobil. Apa itu coating mobil, apa saja manfaatnya dan berapa harga coating mobil yang ada dipasaran.

1. Pengertian dan Manfaat Coating Mobil

Teknik coating mobil

Coating merupakan teknik memberi lapisan tambahan pada permukaan cat

>>> Perlukah Coating Mobil? Rahasia Mobil Selalu Mengkilap

Coating merupakan sebuah perawatan khusus untuk melindungi lapisan permukaan cat kendaraan. Selain mobil, coating sebenarnya juga bisa diterapkan pada sepeda motor, kapal laut, hingga pesawat terbang. Namun umumnya coating dilakukan pada motor dan mobil.

Teknik pengerjaan coating adalah dengan menambah lapisan permukaan cat kendaraan menggunakan cairan kimia khusus. Meski berbentuk cairan, namun ketika zat kimia tersebut dioleskan secara merata ke permukaan cat, lama kelamaan akan mengeras. Lapisan inilah yang bertujuan melindungi permukaan cat tersebut agar tidak mudah terkena jamur dan efek negatif sinar matahari.

Coating Mobil Bisa Jadi Solusi Cat Mobil Berubah Warna, Benarkah?

Sehingga nantinya cat bisa tetap mempertahankan warna aslinya dalam waktu cukup lama. Kondisi inilah yang kemudian Anda sering lihat jika mobil yang telah diberi coating warna catnya sedikit lebih bersinar dibandingkan mobil yang belum dicoating. Seakan-akan mobil selalu terlihat bersih mengkilap. Karena selain sebagai proteksi, cairan coating juga memiliki efek kilap ke permukaan cat.

Dan efek kilap pada coating dapat bertahan lama dibandingkan cairan wax, minimal 3 tahun dengan perawatan yang tepat. Cairan coating ini sendiri diproduksi dengan cara khusus yang karakternya berbeda dibanding cairan wax yang bisa Anda dapatkan di toko car care. Selain itu harganya cairan coating juga umumnya jauh lebih mahal dibanding cairan wax biasa.

>>> Banyak Salah Paham, Protection Paint Film Berbeda Dengan Coating

2. Teknik Pengerjaan Coating Mobil

Teknik coating mobil

Sebelum coating, permukaan cat ahrus benar-benar bersih dari jamur dan goresan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, coating adalaah memberikan lapisan tambahan pada permukaan paling luar dari cat kendaraan. Namun sebelum diaplikasikan, terlebih dulu kondisi cat dipastikan harus dalam keadaan benar-benar bersih dan rata. Jika cat sudah berjamur dan terdapat goresan-goresan halus, maka semua ini wajib di hilangkan terlebih dulu.

Caranya dengan dilakukan teknik paint correction, yaitu memperbaiki kondisi cat mobil agar kembali bersih. Baret-baret halus disamarkan dan jamur yang menempel dihilangkan. Biasanya tim car detailing melakukan proses ini dengan cara memoles ulang permukaan cat menggunakan compound serta cairan swirlmark remover. Butuh teknik dan kecakapan khusus untuk mengerjakan ini, karena jika salah dalam pengaplikasiannya, permukaan cat akan tergerus yang menyebabkan warna cat menjadi belang. Inilah mengapa disarankan coating sebaiknya dilakukan di tempat car detailing jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang pengerjaan coating.

Setelah proses pembersihan selesai, barulah lapisan coating diaplikasikan agar permukaan cat yang sudah bersih tidak lagi ditubuhi jamur. Pelapisan cairan coating bisa dilakukan dalam satu kali atau beberapa kali. Tergantung dari permintaan konsumen coating mobil tersebut. Semakin banyak lapisan coating yang diaplikasikan, maka permukaan cat juga semakin tebal.

>>> Ingin Coating Mobil Tahan Lama, Begini Cara Perawatannya

3. Harga Coating Mobil

Coating mobil Jakarta

Warna cat mobil akan mengkilap lebih lama setelah dicoating

Setelah memahami apa itu coating, bagaimana teknik pengerjaannya, dan apa manfaatnya, pertanyaan selanjutnya adalah berapa harga coating mobil? Tentu biaya coating mobil berbeda-beda dari masing-masing tempat penyedia jasa car detailing. Namun umumnya harga coating mobil dibagi berdasarkan ukuran mobil tersebut, yaitu Small, Medium, dan Big.

Untuk mobil ukuran Small yang masuk kategori ini antara lain Toyota Agya, Toyota Yaris, Daihatsu Ayla, Daihatsu Sirion, Honda Brio, Honda Jazz, Nissan March Smart ForTwo, MINI, Mercedes-Benz A Class, atau Suzuki Karimun Wagon R. Kemudian untuk mobil yang masuk kategori Medium ada Toyota Calya, Toyota Avanza, Toyota Kijang Innova, Daihatsu Sigra, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, serta mobil-mobil sedan medium seperti Honda City, Honca Civic, Toyota Vios, BMW Seri 3 dan Mercedes-Benz C Class. Sementara untuk kategori mobil ukuran Big termasuk di dalamnya Toyota Alphard, Toyota Vellfire, Honda Oddysey, Nissan Elgrand, Jeep, BMW X Series, atau Mercedes-Benz G Class.

Harga coating mobil juga tergantung dari banyaknya lapisan coating yang diaplikasikan. Makin banyak lapisan akan semakin mahal biayanya. Biasanya ini diberi keterangan berupa jumlah Layer. Coating 2-3 layer akan lebih mahal dibanding coating 1 layer. Mobil-mobil yang masuk dalam ukuran Small, dipatok harga coating mulai dari Rp2.500.000 hingga Rp4.000.000. Untuk mobil Medium harganya Rp3.000.000 - Rp5.000.000. Sementara untuk mobil Big bisa lebih dari Rp6.000.000.

Tetapi harga ini umumnya sudah berikut proses pembersihan bagian interior secara menyeluruh, poles kaca untuk menghilangkan jamur, membersihkan ruang mesin dengan cairan khusus yang aman untuk kabel-kabel, dan pembersihan velg serta ban.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top