Perlukah Coating Mobil? Rahasia Mobil Selalu Mengkilap

Share this post:
Perlukah Coating Mobil? Rahasia Mobil Selalu Mengkilap
Banyak dari pengendara mobil menanyakan, “Perlukah Coating mobil?” Jawabannya adalah iya sangat perlu. Namun dalam beberapa kasus, pemilik kendaraan masih banyak belum memahami kegunaan Coating mobil secara detail.

Apa Itu Coating Mobil?

Car Coating atau Coating mobil adalah perlindungan lebih pada permukaan bodi mobil dari potensi karat, abrasi hingga suhu temperatur yang berubah-ubah. Coating sendiri sudah dibuktikan sebagai perlindungan paling ampuh di medan paling ekstrim sekali pun.

Tak heran, Coating juga diberlakukan bukan saja pada mobil namun juga kapal selam hingga pesawat terbang. Tentu dari penjelasan awal ini, kita semua memahami kemampuan dari Coating.

>>> Baca juga: Banyak Salah Paham, Protection Paint Film Berbeda Dengan Coating

Bagaimana Cara Kerja Coating Mobil?

Umumnya, Nano Coating terdiri dari dua komponen yakni Hydrophobic dan Hydrophilic. Kedua bahan tersebut tercampur sehingga memberi Visual Effect 'Super Hydrophobic’.

Pertama, efek tersebut akan memberikan perlindungan ekstra bagi permukaan bodi mobil dari goresan dan tahan terhadap debu. Kedua, Nano Coating akan memberikan tampilan eksterior mobil yang lebih mengkilap, memenuhi permintaan konsumen.

Kelebihan Coating mobil cukup beragam mulai dari anti karat hingga memberi kesan mengkilap pada eksterior mobil

Coating pada mobil memberikan berbagai kelebihan menarik

Formula Nano Coating nantinya akan mengundang air (Hydrophilic) untuk menangkap butiran debu dan melunturkannya. Cukup menarik, bukan? Seakan terlihat mobil anda bisa membersihkan dirinya sendiri atau Self Cleaning.

>>> Ada rencana membeli atau mengganti mobil tahun ini? Coba simak harga mobil terjangkau berikut ini

Apa Kelebihan Coating Mobil?

Dari penjelasan di atas, ada hal menarik yang sudah disampaikan terkait manfaat Coating mobil. Namun supaya lebih jelas, Cintamobil.com akan merangkumnya di segmen ini:

  • Dari segala Paint Protection, Coating Mobil adalah yang terbaik di kelasnya dalam melindungi cat serta bodi luar mobil
  • Meminimalisir terjadinya goresan atau baret pada mobil
  • Eksterior mobil menjadi lebih mengkilap, terlihat selalu baru
  • Resistensi terhadap barang-barang kimia
  • Memiliki efek Water Repellent, anti terhadap kerak air dan jamur
  • Meminimalisir pudarnya cat mobil akibat sinar UV
  • Efeknya bertahan hingga 3 tahun, berbeda dengan Waxing mobil yang hanya bertahan 1 tahun

Sebelum dan sesudah Coating mobil memang terlihat jelas perbedaannya

Bisa Anda amati eksterior mobil tanpa Coating (kiri) dan memakai Coating (kanan)

>>> Apabila Anda ingin tahu mobil-mobil terbaru yang hendak dirilis, Anda bisa mengeceknya dengan klik link ini

Apa Kekurangan Coating mobil?

Dari banyaknya manfaat yang dipaparkan, lantas apa kekurangannya?

  • Harganya paling mahal di antara produk Paint Protection lainnya
  • Lebih direkomendasikan untuk mobil baru karena masih mulus tanpa goresan sehingga hasilnya maksimal
  • Harus dilakukan oleh para ahlinya karena kesalahan dalam Coating mobil bisa memberi tampilan kurang elok bahkan lebih buruk dari kondisi mobil Anda sebelum Coating

Cara kerja Coating mobil terbilang cukup sederhana namun tetap harus dilakukan oleh profesional

Pastikan Coating mobil dilakukan oleh mereka yang sudah ahli di bidangnya

>>> Mobil yang sedang tren di tahun ini adalah Toyota Avanza 2019, coba simak harganya siapa tahu cocok dengan Budget Anda

Berapa Harga Coating Mobil?

Membahas masalah harga, sejatinya bisa berbeda-beda di setiap salon mobil atau tipe produk yang digunakan. Namun tak perlu khawatir, harganya sendiri berkisar Rp. 2,5 juta hingga Rp. 5 jutaan. Penting bagi Anda untuk membicarakannya dahulu kepada salon mobil pilihan Anda terkait masalah harga hingga kelebihan dari tipe produk yang Anda pilih.

Kesimpulan

Coating mobil adalah perlindungan ekstra bagi mobil kesayangan Anda. Manfaatnya sendiri cukup beragam mulai dari memberi tampilan mengkilap bagi eksterior mobil Anda hingga tahan terhadap debu dan jamur. Perlu menjadi catatan bahwasannya Coating mobil juga harus diiringi dengan cara Anda merawat mobil. Pastikan mobil Anda selalu dirawat dan dibersihkan dengan baik supaya tampilan mobil kesayangan Anda selalu prima dan kualitas Coating tetap terjaga.

>>> Pantau terus informasi tips dan trik mobil terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Apakah Merawat Stiker Mobil Semudah Merawat Cat Mobil? Ini Dia Jawabannya!

Stiker di bodi mobil selama ini dimanfaatkan untuk menambah estetika di eksterior mobil. Sekalipun berbeda secara material dibandingkan cat, tapi apakah perawatannya akan berbeda?

Lihat juga

Beragam Warna, Bagaimana Perawatan Cat Mobil dan Pemeliharaannya?

Setelah beberapa waktu lalu kita membahas warna-warna populer yang seringkali dipilih oleh pengguna mobil, sekarang kita lihat bagaimana perawatan cat mobil dengan warna yang lebih beragam.

Lihat juga

Jangan Malas Membersihkan, Ini 3 Penyebab Cat Mobil Cepat Kusam

Meskipun sudah dijaga dan dirawat dengan baik, ternyata cat mobil seringkali menjadi kusam dan kehilangan sinarnya. Mungkin, 3 penyebab mobil cepat kusam ini dialami oleh mobil Anda.

Lihat juga

Melindungi Cat Mobil Baru: 6 Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Bersinar

Agar dapat melindungi cat mobil baru, Anda harus menginvestasikan waktu dan upaya untuk membersihkan kendaraan secara teratur. Menjaga cat mobil tetap bersinar membutuhkan usaha yang tidak mudah, tapi pantas untuk dilakukan.

Lihat juga

Beberapa Tips Melindungi Permukaan Cat Mobil

Mengkilapnya permukaan cat adalah salah satu faktor penting yang membuat mobil terlihat menarik. Jikapun bukan untuk menarik perhatian, memiliki mobil yang klimis dan berkilau pun bisa menjadi kepuasan tersendiri. Masalahnya, seiring waktu pemakaian kilau cat bisa memudar. Ada banyak sekali penyebabnya, selain proses oksidasi, terpapar debu dan kotoran atau terjemur di bawah terik matahari lambat laun akan memudarkan keindahan warna cat.

Lihat juga
 
back to top