Ford Mustang Mach 1 1969, Hasil Restorasi Bertenaga 700 Hp

27/02/2021

Perawatan dan service

5 menit

Ford Mustang Mach 1 1969 ini bukan sekedar dikembalikan kondisinya seperti pada masa kejayaannya 50 tahun silam, tapi juga menyimpan tenaga yang dahsyat dengan gaya klasik yang dipertahankan.

Ford Mustang Mach 1 1969 dalam kondisi standar saja sudah cukup menawan. Mengingat pahatan desain dari muscle car Amerika Serikat (AS) itu terlihat masih sangat menarik walau usianya sudah lebih dari setengah abad.

Tapi di tangan Ringbrothers, sebuah workshop di Wisconsin, AS, sebuah Mustang Mach 1 1969 bisa menjadi jauh lebih mengesankan dan menunjukkan kekuatan ototnya. Buat para car enthusiast, rasanya mobil ini juga lebih menggoda ketimbang supercar modern.

>>> Ford Bakal Buat Desain Grill Mobil Menyala

Pakai Mesin V8 N/A 700 Hp

Ford Mustang Mach 1 1969 V8 engine

Mesin 8.5-liter V8 dipertahankan tanpa turbocharged atau supercharged

Workshop yang terkenal sebagai perestorasi mobil-mobil klasik ini bukan kali pertama membangun sebuah American Muscle yang rupawan. Sebab di tahun 2019, mereka juga sempat menampilkan Chevrolet Camaro 1969 bertenaga 890 hp. Saat itu project tersebut diberi nama Valkyrja, namun kini untuk Mustang Mach 1, diberi label UNKL.

Tidak seperti Valkyrja yang berbekal mesin dengan teknologi Supercharged, maka untuk UNKL, Ringbrothers mempercayakan mesin Naturally Aspirated (N/A) Jon Kaase Boss berkapasitas 8.500 cc. Mesin sebesar itu mampu meletupkan tenaga lebih dari 700 hp, sayangnya torsi dari mobil ini tidak dirilis, tapi diyakini lebih dari 400 Nm.

Ford Mustang Mach 1 1969 Ringbrother front

Diberi nama UNKL

>>> Knalpot Mobil Nembak, Mungkin Ini Penyebabnya

Mesin tersebut lantas dikawinkan dengan transmisi Tremec 6 percepatan dan driveshaft berbahan serat karbon untuk menggerakkan roda belakang. Supaya aliran gas buang lancar, dipercaya pada satu set knalpot custom berbahan stainless-steel khusus racikan Flowmaster. Dari lubang knalpot ini pula, keluaran suara dari Mustang klasik tersbeut bisa membuat bulu kuduk berdiri.

Banyak Gunakan Material Serat Karbon

Dari sisi pengendalian, Ringbrothers mempercayakan suspensi dari Detroit Speed Engineering. Untuk bagian depan pakai model Aluma-Frame dan suspensi tubular, sementara di belakang pakai model Quadlink. Oh ya, suspesi depan dan belakang ini juga dikombinasikan dengan coilover RideTech.

Ford Mustang Mach 1 1969 interior

Pakai ban dengan tapak lebar untuk grip maksimal

Komponen-komponen itu untuk menahan beban putaran satu set velg HRE yang dipadankan ban Michelin Pilot Sport 4S berukuran 295/35 R19 di depan dan 345/30 R20 besar di belakang. Sadar kekuatan mesins udah begitu liar, maka keempat roda ini dikawal ream 6S Extreme calipers.

Untuk interiornya sendiri dibuat sederhana dengan material kombinasi serat karbon, dan baja. ternyata, bahan yang sama juga dipakai untuk panel-panel bodi di mobil ini.

>>> Review Ford Mustang GT V8 2018

Ford Mustang Mach 1 1969 Ringbrothers rear

Rencananya Ringbrothers ingin memamerkan Mustang Mach 1 1969 ini saat gelaran SEMA 2020. Sayangnya karena pameran modifikasi tahunan yang berlangsung di Las Vegas, AS, tersebut dibatalkan tahun lalu, maka mobil ini pun urung pamer ke publik.

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top