Ford Bakal Buat Desain Grill Mobil Menyala

10/02/2021

Pasar mobil

5 menit

Ford sudah mengajukan paten untuk desain grill mobil baru dengan logo yang bisa menyala, yang diprediksi akan dipakai untuk mobil-mobil listrik Ford masa depan.

Desain grill mobil mengalami perbedaan antar masing-masing kendaraan. Bahkan meskipun satu merk dan tipe serupa, sebuah grill mobil akan memiliki perbedaan. Misalnya bentuk gril Toyota Kijang Innova tipe E berbeda dengan Innova Venturer.

Dan ternyata, keberadaan mobil listrik sudah mengubah pola hidup masyarakat termasuk hal-hal yang dilakukan para produsen mobil. Bahkan untuk desain gril depan saja, antara mobil listrik dan mobil berbahan bakar memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Jika pada mobil bermesin konvensional mobil butuh asupan udara segar dari arah depan sehingga dibuatlah gril dengan kisi-kisi udara, maka di mobil listrik gril tersebut ditutup. Contohnya bisa terlihat bagaimana bentuk gril depan BMW i3, Ford Mustang Mach-E, hingga mobil-mobil Tesla yang sama sekali tidak pakai gril.

Kabar terbaru kini mengungkapkan kalau Ford juga sudah mengajukan paten desain grill mobil yang baru. Desain ini akan membuat bentuk gril yang berbeda yang sepertinya bakal diterapkan pada mobil-mobil listrik mereka.

>>> Ford dan Google Kolaborasi, Adopsi Sistem Android Mulai 2023

Grill Mobil dengan Logo Menyala

Paten desain grill Ford

Dokumen pengajuan paten dari Ford kepada USPTO

Ford sudah mengajukan paten desain grill mobil yang baru kepada pihak United States Patent and Trademark Office (USPTO). Dari dokumen yang diajukan terlihat jika Ford akan membuat grill untuk mobil masa depan mereka. Bentuk grill mobil ini terlihat lebih tertutup dibanding mobil-mobil Ford sebelumnya sehingga sepertinya desain tersebut bakal dipakai pada varian kendaraan listrik (Electric vehicle) Ford.

Dari dokumen paten yang diajukan terlihat jika bentuk gril yang bakal dipakai Ford punya bentuk datar dan ada celah sempit tepat di bagian bawahnya. Bahkan yang lebih menarik adalah, Ford juga mendesain sebuah grill depan yang akan memiliki logo yang dapat menyala saat mobil melaju.

Grill Mobil Ford

Bentuk grill mobil Ford masa depan

>>> Yuk Intip Cara Merawat Logo Emblem Mobil

Hal menarik lainnya adalah Ford menggunakan apa yang sangat mirip dengan desain grill pada Lincoln Continental. Tapi dalam dokumen paten desain itu juga disebutkan jika gril dan logo menyala akan diterapkan bukan cuma pada model sedan, menalinkan untuk bentuk bodi lainnya.

Bakal Banyak Fungsi Lain

Dikutip dari Carbuzz, Selasa (09/02/2021) banyak yang percaya jika penggunaan desain gril baru dan logo menyala ini bukan sekedar gaya-gayaan atau Ford ingin tampil berbeda. Namun logo menyala ini akan punya tugas untuk mengkomunikasikan beberapa informasi melalui logo yang menyala tersebut.

Grill Mobil Lincoln Contental

Diterapkan lebih dulu pada Lincoln Continental

>>> Review Ford Everest 2021: Facelift Rasa Aktualisasi

Sebenarnya untuk desain gril dan logo menyala bukan baru Ford yang akan melakukannya. Namun BMW dan Lincoln juga sudah melakukan hal yang sama. Sebagai induk perusahaan Lincoln, maka rasanya bukan hal sulit untuk Ford menerapkan hal serupa. Namun tentunya mobil-mobil Ford memiliki kebutuhan yang berbeda dibanding mobil Lincoln sehingga desain gril juga akan berbeda.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top