Review Ford Mustang GT V8 2018

09/11/2018
editor rate: 4,1 user rate: 4,3
Nama Ford Mustang di kancah dunia otomotif sudah sangat melegenda. Setiap generasi terbarunya selalu dinanti konsumen penikmat pony car Amerika. Salah satunya ikon pony car terbaru Ford Mustang GT V8 2018

PENGANTAR Ford Mustang 2018

Review Ford Mustang GT V8 2018 - Kalau bicara soal pony car, maka Ford Mustang akan menjadi mobil pertama yang secara sadar (dan tak sadar) terlintas di benak car enthusiast sejati. Apalagi jika bicara soal Ford Mustang ‘sejati’ yang punya mesin berperforma besar.

Ford Mustang 5.0 GT 2018 tersedia di Blinkz Blinkz Motors

Ford Mustang GT V8 2018 hadir ke Indonesia melalui jalur importir umum

Sebuah kesempatan emas datang kepada Cintamobil.com dari salah satu dealer Importir Umum di kawasan Bursa Otomotif Sunter, Blinkz Blinkz Motors, untuk bisa mencicipi sejenak dan memandang keseksian dari salah satu pony car ikonik asal Amerika Serikat, Ford Mustang. Tidak tanggung tanggung mobil yang akan kami coba ialah Ford Mustang GT V8 2018!

Ford Mustang Classic Launch & Racing

Peluncuran perdana Ford Mustang (kiri) dan aksi Ford Mustang di lintasan balap (kanan)

Oke sebelum membahas mobil Ford Mustang GT V8 2018, kami ingin mengajak Anda napak tilas sejenak mengenal sang kuda liar dari Michigan, Amerika Serikat. Diperkenalkan pertama kali pada 1964 silam di New York, Amerika Serikat, Ford Mustang mulai dikenal sebagai sports car Amerika Serikat yang punya penampilan keren plus performa impresif. Tak ayal mobil ini namanya harum di dunia motorsport karena pernah mencicipi getirnya persaingan di lintasan balap NASCAR, 24 Hours of Daytona, FIA GT3 European Championship, dan masih banyak lagi ajang balap bergengsi kelas global. 

Ford Mustang Mach 1 & Ford Mustang Bullitt

Mobil Ford Mustang GT 1968 (kiri) dan reinkarnasi Ford Mustang 'Bullitt' 2019 (kanan)

Bahkan Ford Mustang pun sering eksis di lebih dari ratusan film hollywood dan box office, salah satunya sebagai mobil agen James Bond yang diperankan Sean Connery di film Goldfinger (1964) dan mobil Lt. Frank Bullitt yang diperankan Steve McQueen dalam film Bullitt (1968).

Terhitung sudah enam generasi Ford Mustang hadir di dunia, dimana generasi terakhir alias generasi keenam Ford Mustang diperkenalkan secara global di tahun 2015.

Ford Inggris Menjadi Pasar Ford Mustang generasi terbaru

Inggris menjadi salah satu pasar Ford Mustang berkonfigurasi Right Hand Drive atau setir kanan

Meski sudah generasi keenam, tapi inilah generasi perdana Ford Mustang yang pertama kali diproduksi langsung dari pabrikan dalam format setir kanan, sehingga bisa dinikmati di beberapa pasar otomotif berkonfigurasi setir kanan. Jadi seperti apa rasanya Ford Mustang ‘sejati’ yang kini tersedia dalam versi setir kanan? Langsung saja ini dia review Ford Mustang GT V8 2018 versi Cintamobil.com!

EKSTERIOR Ford Mustang 2018

Ford Mustang GT V8 2018 yang Anda lihat saat ini ialah versi facelift yang sempat dilakukan pada 2017 silam. Secara tampilan ada beberapa detil yang membedakan mobil yang Anda lihat saat ini dengan mobil Ford Mustang generasi keenam pre-facelift. Untuk lebih jelas, kami akan ungkap dari segi eksterior depan, samping, hingga belakang.

Review Ford Mustang GT V8 2018: Eksterior Depan

Ford Mustang V8 GT 2018 Tampak Depan

Wajah sporty nan gagah dari Ford Mustang GT V8 2018

Satu hal yang perlu diapresiasi dari tampilan Ford Mustang GT V8 2018 ialah betapa tampilan eksterior mobil ini terasa sangat sporty nan gagah. Rombakan pada desain bumper depan yang lebih sporty dipadukan grille berbentuk trapezoidal dengan aksen honeycomb seakan mencirikan mobil ini sebagai mobil sport. Apalagi jika melihat kap mesin yang kini dikemas lebih menukik dan menghadirkan dengan kisi-kisi air scoop ganda.

Untuk headlight bagian tri-bar dan projector dari Ford Mustang ini sudah menggunakan teknologi LED. Selain itu lampu sein di bumper juga kini lebih besar dan menggunakan teknologi LED.

Review Ford Mustang GT V8 2018: Eksterior Samping

Ford Mustang GT V8 2018 tampak samping

Lekuk samping Ford Mustang GT V8 2018

Mengusung profil bodi 4789 mm (panjang) x 2097 mm (lebar) x 1382 mm (tinggi) disertai wheelbase 2720 mm, sudah terlihat secara kasat mata bahwa mobil Ford Mustang GT V8 2018 memiliki lekuk tubuh a la fastback dengan sisi buritan yang pendek namun sisi area kap mesin lebih memanjang.

Tidak ada lekuk desain yang dramatis dari sisi samping mobil ini, namun untuk urusan ‘sepatu’ agak disayangkan tidak terlalu memikat. Dalam kondisi mobil yang dijual di Blinkz Blinkz Motor saat ini menggunakan velg 19 inci aluminium yang tampilannya biasa saja, tapi untungnya sudah menggunakan ban Michelin Pilot Sport 4S berukuran 255/40 R19.

Review Ford Mustang GT V8 2018: Eksterior Belakang

Ford Mustang GT V8 2018 tampak belakang

Desain buritan belakang Ford Mustang GT V8 2018

Sisi belakang dari Ford Mustang GT V8 2018 kini hadir dengan redesain pada taillight LED yang senada dengan pergantian desain bumper belakang, demi mengakomodir desain diffuser dan quad-tailpipe. Untuk tombol buka tutup pintu bagasi bisa dioperasikan lewat tombol yang tersembunyi di area atas ruang plat nomor.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

INTERIOR Ford Mustang 2018

Interior Ford Mustang GT V8 2018 berhasil memadukan dua karakter retro dan modern dalam satu sinergi yang pas. Beberapa detail desain interior dibuat selayaknya Ford Mustang klasik, namun kini diberikan sentuhan teknologi modern yang membuat mobil ini terasa menarik.

Review Ford Mustang GT V8 2018: Dashboard & Setir

Desain Dashboard & Setir Ford Mustang GT V8 2018

Penampilan dashboard dan setir Ford Mustang GT V8 2018

Dashboard Ford Mustang V8 GT 2018 memang secara kasat mata tidak memiliki perbedaan yang signifikan dibanding Ford Mustang generasi keenam pre-facelift. Hanya saja jika diperhatikan secara detail, kini material yang digunakan lebih membaik karena pada panel dashboard menggunakan jenis soft-touch.

Mayoritas tombol pengaturan mobil ada di konsol tengah, yang juga bisa ditampilkan di layar infotainment Ford SYNC berukuran 8 inci. Namun yang lebih menarik ialah pada instrument cluster yang kini sudah menggunakan layar digital 12 inci. Untuk pengaturan di setir pun tergolong lengkap dan mudah dioperasikan, termasuk sepasang tombol paddle shift di belakang setir

Review Ford Mustang GT V8 2018: Jok

Jok mobil Ford Mustang GT V8 2018

Jok depan dan belakang Ford Mustang GT V8 2018

Jok Ford Mustang GT V8 2018 menggunakan konfigurasi 2+2, dimana jok depan menggunakan Recaro racing seat berlapis leather. Sayangnya jok depan Ford Mustang ini hanya bisa dioperasikan maju mundur dan naik turun secara elektrik, sedangkan untuk posisi rebah dan tegak dari jok masih menggunakan metode manual.

Review Ford Mustang GT V8 2018: Bagasi

Ruang bagasi Ford Mustang GT V8 2018

Bagasi Ford Mustang GT V8 2018 berkapasitas 408 liter

Bagasi Ford Mustang GT V8 2018 sekilas dari luar bakal terasa kecil. Nyatanya tidak 100% tepat, karena saat pintu bagasi dibuka akan hadir ruang bagasi sebesar 408 liter. Perlu diperhatikan untuk area bagasi ditempati juga oleh subwoofer dari sistem audio Ford Mustang.

>>> Baca juga:

FITUR Ford Mustang 2018

Mengingat Ford Mustang adalah pony car yang memiliki performa tinggi, secara fitur memang lebih banyak difokuskan untuk mengoptimalisasi keasyikan berkendara. Tapi sisi kenyamanan juga tak luput dihadirkan di mobil yang satu ini.

Review Ford Mustang GT V8 2018: Fitur Berkendara

Terdapat tiga area mode pengaturan yang bisa dikustomisasi oleh konsumen, yakni Drive Mode, Steering Feel, dan Active Valve Performance Exhaust. Untuk Drive Mode mengatur respon performa mesin dan suspensi, sedangkan steering feel mengatur berat setir, dan Active Valve Performance Exhaust bisa mengatur tingkat kebisingan suara yang dihasilkan oleh knalpot.

Mode Berkendara Ford Mustang GT V8 2018

Karakter berkendara Ford Mustang GT V8 bisa diatur melalui kenop dekat engine start/stop

Untuk Drive Mode dan Steering Feel bisa diatur melalui kenop dekat tombol engine start/stop button, sedangkan untuk Active Valve Performance Exhaust menggunakan tombol khusus bertanda kuda Mustang di setir. Setiap perubahan Drive Mode turut mengakibatkan perubahan interface pada instrument cluster yang semakin canggih dan futuristik.

Selain memiliki mode berkendara yang bisa dikustomisasi, Ford juga melengkapi Ford Mustang GT V8 2018 dengan Pre-Collision Assist with Pedestrian Detection, Adaptive Cruise Control, Distance Alert, Lane Departure Warning, serta AdvanceTrac Electronic Stability Control.

Review Ford Mustang GT V8 2018: Fitur Hiburan

Sistem hiburan Ford Mustang GT V8 2018

Sistem Ford SYNC 3 hadir di Ford Mustang GT V8 2018

Sistem infotainment Ford Mustang GT V8 2018 menggunakan Ford SYNC 3 yang sudah bisa menjalankan Apple CarPlay dan Android Auto. Menggunakan layar sentuh 8 inci, Ford SYNC 3 bisa menampilkan informasi seputar climate control, audio, fitur mobil, hingga navigasi. Bahkan untuk mengoperasikan sistem infotainment ini bisa melalui voice command.

Soal output suara terasa cukup mumpuni karena menggunakan sistem speaker buatan Shaker. Namun untuk versi di eropa, terdapat opsi sistem speaker buatan Bang & Olufsen yang disediakan untuk Ford Mustang generasi keenam ini.

>>> Mencari Jeep Bekas? Tips Membeli Jeep Wrangler JK Bekas Terlengkap

OPERASI Ford Mustang 2018

Untuk Ford Mustang GT V8 2018 menggunakan mesin 5.0 liter V8 DOHC, yang bisa memproduksi figur performa beringas 444 dk dan torsi 529 Nm. Seluruh tenaga disalurkan ke roda belakang melalui sistem transmisi terbaru 10-percepatan Selectshift Automatic beserta teknologi limited slip differential.

Mesin Ford Mustang GT V8 2018

Mesin Ford Mustang GT V8 2018

Berdasarkan klaim Ford, Ford Mustang GT V8 2018 bisa berlari dari titik diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 4.3 detik. Jika Anda berkesempatan untuk memacu mobil ini, maka Anda akan sangat mudah menyentuh top speed mobil ini hingga 249 km/jam.

spesifikasi Ford Mustang 2018

Inilah spesifikasi Ford Mustang GT V8 2018 yang ada di Cintamobil.com.

Dimensi/ Ukuran Ford Mustang GT V8 2018

P x L x T

4789 mm x 2097 mm x 1382 mm

Jarak poros roda

2720 mm

Ground Clearance

144 mm

Berat Kosong

1756 kg

Mesin Ford Mustang GT V8 2018

Jenis

5.0 liter V8, Aluminium block and heads, twin independent variable

camshaft timing

Daya maksimum

444 dk @ 7000 rpm

Torsi maksimum

529 Nm @ 4600 rpm

Transmisi

10-speed Selectshift automatic

Kecepatan 0-100 km/jam

4.3 detik

Top Speed

249 km/jam

Kaki-Kaki Ford Mustang GT V8 2018

Suspensi

  • Depan: Double-ball-joint independent MacPherson strut & tubular stabiliser bar

  • Belakang: Integral-link independent with coil springs, solid stabiliser bar & Mono-tube dampers

Rem Depan / Rem Belakang

  • Depan: 380 mm x 34 mm vented discs, Brembo six-piston 36 mm fixed aluminium callipers

  • Belakang: 330 mm x 25 mm vented discs, single-piston 45 mm floating iron callipers, integral parking brake

Velg

19 inch Aluminium wheels

kelebihan & kekurangan Ford Mustang 2018

Mau tau apa saja Kelebihan dan Kekurangan Ford Mustang GT V8 2018 versi Cintamobil.com? Cek jawabannya di tabel ini

 

Kelebihan

Kekurangan

Bermesin V8 naturally aspirated

Masih menggunakan aksen-aksen interior yang terkesan murah

Sistem berkendara lebih baik karena didukung teknologi canggih

Lebih cocok jadi mobil show-off di jalanan ketimbang dipakai trackday mengitari sirkuit balap

Pamor Ford Mustang sebagai pony car yang melengenda

 

daftar harga Ford Mustang 2018

Harga Ford Mustang GT V8 2018 berdasarkan unit yang dijual Blinkz Blinkz Motors bisa didapat konsumen dengan harga Rp2,450 miliar. Untuk mengetahui informasi seputar mobil, skema pembayaran menggunakan perbankan, serta melihat langsung unit Ford Mustang ini bisa mengunjungi Showroom Blinkz Blinkz Motors di Bursa Otomotif Sunter, Blok B2 No. 2-3, Jl. Yos Sudarso Kav 87-88, Jakarta Utara, Indonesia.

>>> Dapatkan harga dan promo yang menarik saat membeli mobil lainnya di sini

Video Ford Mustang 2018

Simak video review Ford Mustang GTV8 2018 oleh Cintamobil TV berikut ini:

KESIMPULAN Ford Mustang 2018

Jika Anda ingin merasakan sensasi berkendara khas pony car yang powerful dan mengasyikkan, Ford Mustang GT V8 2018 sangat layak menjadi pilihan Anda. Sekalipun dengan memilih mobil ini, Anda harus memahami bahwa mobil ini tidak akan memiliki sensasi berkendara presisi layaknya sports car Eropa, dan atau kualitas interior yang mungkin 1 tingkat di bawah sports car Eropa.

Meski demikian, membeli Ford Mustang sama saja membeli sebuah sepatu branded yang gayanya kalau dalam bahasa gaul disebut “swag”. Gengsi dan kebanggaan menjadi bagian dari historikal pony car Amerika di kancah otomotif dunia yang sebenarnya bisa dirasakan sang pemilik saat berada di balik kemudi Ford Mustang ini. Dan jangan kaget, setiap Anda berada di jalan, pasti akan ada saja car enthusiast yang menoleh dan mengapresiasi kerennya tunggangan Anda ini.

>>> Simaklah review mobil terlengkap dan menarik lainnya di sini

Hafizh Fauzan
 
 

Ulasan anda

Rate
0,0/ 5,0

REVIEW LAIN

  • Review Ford Everest 2019

    Kehadirannya sempat bikin ketar ketir sang raja dari Jepang, yaitu Mitsubishi All New Pajero Sport dan Toyota All New ...

    SUV User rate: 4,0 Editor rate: 4,0
  • Review Ford Fiesta 2019

    Baru-baru ini Sebastian Ogier dan Julien Ingrassia minggu lalu membuat harum nama Ford. Karena diakhir kerjasamanya, Ogier ...

    Hatchback User rate: 4,0 Editor rate: 4,5
  • Review Ford Focus 2019

    Reputasi Ford Focus sudah melegenda sebagai hatchback yang sangat praktis dan menyenangkan untuk dipakai sehari-hari selama ...

    Hatchback User rate: N/A Editor rate: 3,5

Cari review mobil