Trik Bangun Ford Laser Modifikasi Biar Si Taksi Gak Cupu Lagi

03/03/2021

Perawatan dan service

8 menit

Membangun Ford Laser modifikasi yang tepat untuk menghasilkan sebuah mobil yang selain menarik dilihat juga tetap nyaman digunakan butuh beberapa perhatian serta konsep modifikasi yang matang.

Ford Laser modifikasi yang proper tentu akan membuat tampilan mobil lebih keren. Tapi perlu diingat, modifikasi yang bagus itu bukan berarti harus pakai part-part mahal. Sebab dengan trik yang tepat, padu padan komponen aftermarket yang sebenarnya berharga terjangkau juga bisa membuat Ford Laser kesayangan Anda jadi makin berkelas.

Memang sih, populasi sedan Ford yang satu ini seakan sudah tenggelam tidak seperti kompetitornya seperti Honda Civic atau Toyota Corolla. Mungkin satu diantara beberapa alasannya adalah Ford Laser pernah menjadi armada oleh sejumlah perusahaan taksi. Sehingga citra mobil taksi membuat harga bekas mobil yang hadir di era 1980-an itu terjun bebas.

Padahal Ford Laser terkenal sebagai salah satu opsi mobil sedan bekas yang hemat bahan bakar serta mudah dalam perawatannya. Dengan harga yang lebih terjangkau dibanding kompetitornya dari Jepang, tidak ada salahnya untuk memilih mobil ini jika Anda sedang mempertimbangkan mencari mobil di bawah Rp 30 juta. Tinggal sedikit beri sentuhan modifikasi, maka meskipun usianya sudah lebih dari 20 tahun, Ford Laser bisa juga tampil menawan.

Lalu bagaimana cara modifikasi mobil sedan Ford Laser agar bisa terlihat lebih wah? Berikut ini beberapa konsep Ford Laser modifikasi yang bisa Anda pilih salah satu diantaranya jika hendak modif mobil Ford Laser.

>>> Tren Elektrifikasi Mobil Klasik Tuai Protes Federasi Mobil Lawas

1. Modifikasi Mobil Ford Laser Bergaya OEM

Ford Laser Modif Original

Mengembalikan kondisi mobil dan memasang aksesoris original sesuai masanya

Kalau Anda tipe orang yang tidak ingin tampil berlebihan dan suka akan penampilan kendaraan yang klasik, maka konsep Ford Laser modifikasi ini bisa dipilih. Dengan mengambil tema OEM Look, maka modifikasi yang dijalani adalah mengacu pada kondisi mobil tersebut saat pertama kali dikeluarkan oleh pihak pabrikan (OEM/Original Equipment Manufacturer).

Bisa dibilang, modifikasi OEM Look adalah seperti mengembalikan kondisi mobil pada masa kejayaannya dulu. Namun tetap memperhatikan detil aksesoris yang terpasang di kendaraan itu. Aksesoris dan komponen yang terpasang ini wajib komponen asli yang memang diperuntukan untuk mobil sejenis walaupun beda tipe. Jadi misalnya dalam kondisi standar mobil tersebut pakai steel wheels alias velg kaleng, maka kembalikan lagi kondisinya menggunakan velg kaleng, bukan memakai velg aftermarket.

Untuk bisa mendapat panduan yang tepat seperti apa tampilan mobil di masa kejayaannya dulu, maka Anda wajib banyak-banyak mengumpulkan informasi telebih dulu. Informasi ini bisa berupa brosur atau iklan tentang mobil tersebut, baik dari media lokal maupun internet. Berbekal gambar-gambar di brosur itulah baru nantinya Anda bisa berburu part maupun aksesoris untuk modif mobil Ford Laser bergaya OEM Look.

>>> Modifikasi Toyota Hilux Spek Balap Reli Dakar Ini Dijual, Minat?

2. Ford Laser Modifikasi Racing

Ford Laser Modifikasi Racing Look

Tak perlu bodykit berlebihan untuk memunculkan nuansa racing

Kalau konsep mobil Ford Laser modifikasi berikut ini biasanya digemari para anak-anak muda penggila mobil sport. Mengingat mobil sport sesungguhnya berharga sangat mahal, maka jadilah modifikasi mobil sedan Ford Laser yang disulap jadi bernuansa racing style.

Gaya modif mobil Ford Laser yang dingkat juga cukup variatif. Mulai dari yang simple-simple saja seperti cuma ganti velg yang modelnya sporty. Lalu pasang bodykit di bemper depan dan belakang, sampai pasang wing di bagasi belakang.

Sebenarnya sah-sah saja langkah modifikasi ini diterapkan. Namun sebaiknya perhatikan kontur bodi bawaan dari Ford Laser tersebut. Mengingat bodi dari sedan lawas Ford itu cenderung mengkotak, maka sebaiknya perhatikan dengan seksama setiap lekukan bodi ketika hendak memasang bodykit. Sehingga nantinya ada alur simetris antara bodi bawaan dengan bodykit. Mobil pun bisa terlihat tambah menarik.

>>> Trik Agar Mendapatkan Mobil Bekas Original, Perhatikan 4 Hal Ini

3. Ford Laser Modifikasi Ceper Elegan

Modifikasi Ford Laser Ceper

Ford Laser juga bisa dimodif gaya sedan modern

Gaya modif mobil Ford Laser berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah yang terlihat elegan. Caranya bisa coba dari yang paling mudah dulu yakni mengganti velg standar dan mobil dibuat lebih ceper.

Sebelum mengganti velg, sebaiknya ketahui dulu PCD roda untuk Ford Laser. Mobil ini pada velgnya menggunakan 4 buah baut roda yang masing-masing memiliki jarak baut roda tersebut 114,3 mm. Dengan demikian itu berarti PCD Ford Lacer adalah 4x114,3. Sehingga jika Anda membeli velg aftermarket maka pastikan velg tersbeut juga punya spesifikasi PCD 4x114,3. Adapun velg mobil lain yang PCD-nya sama dengan Ford Laser diantranya Toyota Kijang, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Nissan Grand Livina.

Untuk mengejar tampilan elegan, tapi masih bisa dipakai harian, maka pilih velg cukup yang diameter ring 15 atau 16 inci dengan lebar tidak lebih dari 8 inci. Sementara untuk offsetnya tinggal disesuaikan apakah mau yang rata dengan body atau velg terlihat menonjol ke luar fender. Apabila tidak ingin ada modifikasi lain di ruang fender, maka sebaiknya pilih velg yang ketika terpasang posisinya masih sejajar bibir fender.

Kalau pilihan velg sudah tepat sesuai selera, maka tinggal datang ke bengkel kaki-kaki mobil. Disini Anda bisa meminta setting suspensi supaya membuat jarak antara bibir fender dengan dinding ban tidak terlalu jauh. Sisakan setidaknya jarak 2-3 jari tangan, agar mobil tidak merepotkan ketika digunakan sehari-hari akibat terlalu ceper.

>>> Review Ford Laser Champ 1991: Tertantang Untuk Merawat Mobil Tua? Mulailah Dari Mobil Ini

4. Modif Mobil Ford Laser dengan Interior Mewah

Modifikasi Interior Ford Laser

Warna merah cenderung menampilkan nuansa kabin yang sporty

Membangun Ford Laser modifikasi yang terlihat keren juga jangan melupakan sisi interior. Apabila ruang kabin sudah tersentuh modifikasi yang sesuai selera Anda, maka saatnya perhatian dialihkan ke sisi kabin. Bentuklah kabin mobil tersebut jadi lebih mewah dan juga sekaligus lebih nyaman.

Modifikasi mobil sedan Ford Laser di sisi interior ini boleh disenadakan dengan hasil modifikasi pada bagian luar. Misalnya jika modifikasi bertema OEM Look atau ala mobil retro, maka pilih modifikasi ruang kabin dengan gaya yang juga klasik. Contohnya panel dasbor dan doortim dicat warna mocca, sementara untuk jok pakai material bermotif kotak-kotak atau pakai kombinasi warna mocca dan putih dengan pola jahitan model wajik.

Sementara kalau bertema racing, maka bisa berikan nuansa sporty pula di sisi interior. Contohnya dengan mengganti jok model semi bucked dan diberi pelapis dengan material berwarna terang. Anda pisa gunakan kombinasi merah dengan hitam, atau malah warna terang lain seperti biru, hijau, atau kuning. Tapi kalau mau bergaya elegan, pilih warna-warna natural seperti hitam dan menggunakan pola jahitan jok model sofa agar kesan mewah terlihat makin menonjol.

Nah itu tadi beberapa trik jika Anda sedang mempertimbangkan untuk membangun Ford Laser modifikasi. Ingat, kunci utamanya lakukan padu padan yang selaras supaya hasilnya terlihat lebih berkelas.

>>> Klik juga tips dan trik untuk mendapatkan informasi lainnya mengenai perawatan mobil

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga Ford Laser bekas?
Ford Laser sebenarnya sudah ada sejak tahun 1981, namun mobil ini baru populer untuk unit generasi kedua dan ketiganya, yang muncul hingga era 1990-an. Sayangnya setelah itu Ford tidak lagi memasarkan model Laser di Indonesia. Dan untuk Ford Laser generasi pertama, harganya kini dikisaran Rp 20 jutaan. Sementara untuk yang generasi kedua ada dikisaran Rp 30 jutaan.
Apakah suku cadang Ford Laser masih tersedia?
Walau usainya sudah lebih dari 20 tahun, ternyata komponen mobil ini masih tersedia meskipun harus dicari di toko-toko penjual khusus suku cadang mobil lawas atau yang spesial menyediakan komponen mobil-mobil Ford.
Berapa biaya modifikasi Ford Laser?
Biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Ford Laser tergantung dari komponen apa saja yang hendak diganti. Namun ada baiknya, dana yang disiapkan dipakai terlebih dulu untuk mengembalikan kondisi mobil agar kembali fit. Antara lain memastikan tidak ada bagian bodi yang keropos dan karatan, mesinnya kembali sehat, dan kaki-kakinya bekerja optimal. Jika sudah, baru pikirkan modifikasi seperti apa yang akan dilakukan.
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top