Modifikasi Toyota Hilux Spek Balap Reli Dakar Ini Dijual, Minat?

02/03/2021

Pasar mobil

5 menit

Modifikasi Toyota Hilux ini memang sengaja dilakukan lantaran mobil tersebut akan turun di ajang balap Reli Dakar 2020 dan 2021, tapi kini mobil tersebut dijual bagi yang berminat.

Modifikasi Toyota Hilux umumnya dijadikan kendaraan offroad dengan suspensi jangkung dan terpasang ban besar bertapak kasar. Tapi beda dengan Toyota Hilux modifikasi berikut ini. Sebab, pick up kabin ganda itu disulap jadi mobil balap reli.

Dikutip dari Autoevolution, Selasa (02/03/2021), hasil modifikasi Toyota Hilux ini ternyata sudah sesuai dengan spesifikasi standar FIA T1. Sehingga secara tertulis, Toyota Hilux berkelir oranye itu pun sudah siap jika akan dipakai untuk balap reli kelas dunia. Tak heran mobil ini pun pernah terjun langsung di ajang Reli Dakar.

>>> Dakar 2021: Menang Stage 8, Al-Attiyah Kembali Dekati Peterhansel

Bermesin Lexus IS-F

Toyota Hilux Reli Dakar 2020

Spesifikasinya sudah sesuai standar FIA T1

Sebagai mobil dengan spek kompetisi, tentu tenaga dari mobil ini sudah tidak lagi standar. Dan karena mesin Hilux dirasa kurang mumpuni untuk melibas trek reli secepat mungkin, maka dipilihlah mesin yang jauh bertenaga.

Osinya jatuh pada mesin V8 bertenaga 340 hp dengan torsi 560 Nm milik Lexus IS-F. Selain mesin, tentu saja penyesuaian dilakukan pada komponen lainnya. Seperti intake udara, sistem pengapian, sistem pendinginan, hingga saluran gas buang.

>>> Singer Modifikasi Porsche 911 Klasik, Siap Ikut Reli Dakar!

Sasis Tubular dan Bodi dari Serat Karbon

Selain mesin, modifikasi Toyota Hilux ini juga menyentuh bagian lain. Misalnya penggunakan gearbox sekuensial 6 percepatan, suspensi offroad high performance, damper high performance lansiran Reiger dengan travel 280 mm, sasis tubular, serta panel bodi yang diganti dengan material dari serat karbon.

Toyota Hilux Dakar 2021

Pernah sukses di ajang Reli Dakar 2020 dan 2021

>>> Review Mitsubishi Pajero Final Edition 2020: Akhir Kisah Sebuah Legenda Reli Paris Dakar

Mengingat ajang reli Dakar juga berlangsung ribuan kilometer dan waktu tempuh berhari-hari, maka mobil ini juga sudah dilakukan modifikasi pada bagian tangki bahan bakarnya. Yaitu dengan dipasang ATL Safety FT3 Fuel Tank yang dapat menampung sampai dengan 500 liter bahan bakar.

Bermodal spesifikasi itu pula, Toyota Hilux ini sanggup finis di urutan ke 20 dan 23 pada ajang Reli Dakar tahun 2020 dan 2021 dengan pembalap Lithuania, Antanas Juknevi. Namun bagi Anda yang suka modifikasi mobil offroad atau butuh kendaraan untuk terjun ke balap offroad maupu reli, maka bisa memiliki mobil ini.

Sebab modifikasi Hilux ini dijual bagi yang berminat. Harganya 210.000 Euro atau kira-kira Rp 3,5 miliar. Tidak murah memang, mengingat spesifikasi di mobil tersebut sudah dipilih yang high performance.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top