Singer Modifikasi Porsche 911 Klasik, Siap Ikut Reli Dakar!

09/01/2021

Perawatan dan service

4 menit

Share this post:
Singer Modifikasi Porsche 911 Klasik, Siap Ikut Reli Dakar!
Lebih dikenal sebagai mobil balap GT, Singer coba merombak Porsche 911 klasik lewat modifikasi ala mobil reli, dan membuat sportscar satu ini kembali bisa ikut Reli Dakar.

Modifikasi Porsche 911 klasik menjadi mobil reli safari, emangnya cocok? Jangan salah, sportscar ikonik asal Stuttgart yang kini jadi senjata Porsche di balapan GT itu dulunya merupakan sebuah mobil reli. Balapan pertama yang diikuti Porsche 911 adalah Reli Monte Carlo 1965, di mana mobil tersebut finis kelima. Belum lagi Porsche 953 yang memenangi Reli Dakar 1983 dilanjutkan 959 yang menang dua tahun berselang.

>>> Modifikasi Porsche 911 Gulf Livery, Pertahankan Sisi Klasik

Libatkan Dua Modifikator Handal

Berangkat dari situ, seseorang kolektor Porsche melakukan modifikasi 911 klasik dengan inspirasi dari sejarah brand Stuttgart itu di dunia Reli. Tidak hanya satu, melainkan dua mobil sekaligus dengan konsep berbeda. Satu diberi warna putih dan didesain untuk ajang balap safari seperti Reli Dakar atau Baja 1000, satu lagi yang berwarna merah didesain untuk reli di permukaan tarmac seperti WRC Monte Carlo.

Porsche 959, pemenang Reli Dakar 1985

Jangan salah, Sportscar Porsche pernah menang Reli Dakar loh

Untuk menggarap proyek modifikasi ini, sang empunya mobil melibatkan modifikator kondang Porsche, Singer Vehicle Design, dan spesialis mobil reli Porsche 911, Richard Tuthill. Diberi nama All-Terain Competition Study, konsep ini berbasis 911 generasi 964 keluaran tahun 1990, dan mesin flat-6 3.6L twin-turbo air-cooled yang menghasilkan 450 HP.

Gambar Porsche 911 Singer Modification

Mungkinkah ini menjadi Porsche 911 Dakar reborn?

Porsche 911 untuk Reli Dakar ini memakai penggerak all-wheel drive permanen, girboks sequential lima percepatan, dua buah tangki bahan bakar berkapasitas besar, dan dua buah ban serep berukuran full-sized, tidak ketinggalan tersemat roll-cage yang sesuai dengan spesifikasi FIA. Semua ini jelas tidak ringan, jadi panel body dibuat dari carbon fiber untuk memangkas bobot mobil.

Tampilan interior Porsche 911 ACS

Secara kabin, 911 ACS sudah sangat siap menaklukan medan berat seperti Dakar

Karena peruntukannya sebagai mobil Reli Dakar, modifikasi Porsche 911 klasik ini juga menggarap bagian kaki-kaki dengan penggantian suspensi menjadi jenis long-travel dengan masing-masing dua damper adjustable di tiap roda, rem cakram dengan kaliper 4-piston, dan ban BF Goodrich yang membalut velg ukuran 16 inci yang digunakan mobil.

>>> Review Porsche 911 Targa 2020: Pertahankan Tradisi Panjang

Ubahan Ekstrim Eksterior-Interior

Secara tampilan, terlihat Porsche 911 ACS ini terlihat aneh karena ada semacam tanduk yang mengarah ke depan dari tepian bumper. Well, itu sepertinya adalah mudguards atau kepet depan untuk menghindari cipratan lumpur terkena body.

Tampilan depan Porsche 911 ACS

Terlihat aneh, namun dua ornamen di bumper depan fungsional

Pindah ke samping, ukuran fender dibuat lebih gemuk demi mengakomodir ban off-road BF Goodrich yang dipakai mobil. Side skirtnya terlihat cukup tebal dengan emboss Porsche. Sementara itu di belakang, spoiler mobil dibuat sangat besar dengan inspirasi dari 959 dan menyatu dengan body. Selain itu, terdapat elemen aerodinamika untuk mengarahkan udara ke mesin, dan sepasang knalpot yang nongol dari bumper belakang.

Gambar Tampak samping Porsche 911 Singer Modification

Modifikasi mobil ini bisa se-niat itu...

Sama seperti eksterior, interior yang didominasi warna hitam, silver, dan merah menyala itu juga dibuat sangat fungsional karena pemilik mobil memang ingin memakai hasil modifikasi Porsche 911 klasik satu ini untuk balap reli.

Tampilan belakang Porsche 911 ACS

Tak bisa dipungkiri lagi, bagian belakangnya sangat cantik

Oleh karena itu, kabin mobil juga dibuat selayaknya mobil balapan sungguhan, mulai dari setir tiga palang dengan beberapa tombol di bagian bawah setir. Dan juga ada layar berukuran besar di sisi penumpang untuk keperluan navigasi. Kabar baik bagi Anda yang ingin memodifikasi Porsche 911 klasik Anda dengan tampilan seperti ini, karena Singer Vehicle Design diizinkan untuk menerapkan konsep ini untuk klien selanjutnya.

>>> Simak tips & trik seputar otomotif yang tak kalah menariknya di Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Jangan Sampai Salah, Custom dan Modifikasi Mobil Itu Beda

09/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Sitilah modifikasi mobil dan custom mobil sering disamakan, padahal keduanya memiliki teknik pengerjaan yang berbeda serta akan mendapatkan hasil yang berbeda pula. Mari pahami kedua istilah ini agar tak salah paham.

Lihat juga

Trik Modifikasi BMW Alpina B5 Biturbo Touring Biar Tenaganya Jadi 710 Hp

04/01/2021

Perawatan dan service

5 menit

Ada langkah sederhana yang dijelaskan oleh McChip-DKR untuk modifikasi BMW Alpina B5 Biturbo Touring. Dengan sedikit modifikasi, tenaga wagon tercepat di dunia ini sanggup tembus hingga 710 hp.

Lihat juga

Modifikasi Toyota Supra Bertenaga 1.100 Hp Racikan Sepasang Kekasih

29/12/2020

Perawatan dan service

5 menit

Modifikasi Toyota Supra ini merupakan hasil racikan dari sepasang kekasih. Menariknya mesin dan suspensi yang digunakan tetap pakai standar kepunyaan Toyota Supra A90.

Lihat juga

Modifikasi Tesla Model Y, Tampil Atraktif Dengan Velg Vossen

28/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Ungkapan bahwa langkah awal modifikasi mobil adalah dengan mengganti velg memang benar adanya. Contohnya Tesla Model Y yang terlihat atraktif dengan ‘sepatu’ baru bikinan Vossen.

Lihat juga

Terinspirasi Model Lawas, Toyota Pamer Modifikasi GR Supra Sport Top

23/12/2020

Perawatan dan service

3 menit

Pernah menghadirkan Supra atap terbuka dengan model targa, Toyota coba menghidupkan kembali model tersebut lewat modifikasi GR Supra Sport Top yang mejeng di SEMA show 2020.

Lihat juga
 
back to top