Cara Mudah Merawat Lis Kaca Mobil Saat #DiRumahAja

23/06/2020

Perawatan dan service

6 menit

Share this post:
Cara Mudah Merawat Lis Kaca Mobil Saat #DiRumahAja
Bagian karet lis kaca mobil terkadnag terlupakan untuk dirawat secara berkala. Padahal jika sudah rusak, mobil akan mengalami kebocoran manakala musim hujan datang.

Selain kaca, ada bagian lain yang berfungsi menahan agar air dari luar supaya tidak masuk ke dalam kabin mobil. Komponen ini adalah lis kaca. Sering kali komponen tersebut berbahan dasar dari karet. Tujuannya agar mudah di tekuk sesuai dengan lekukan pada kaca mobil tersebut.

Sayangnya, jika kaca kerap mendapat perlakuan istimewa dan dirawat secara berkala, maka lis kaca mobil acap kali diabaikan serta tidak dirawat dengan baik. Padahal jika tidak dirawat dengan baik, karet lis kaca murah getas, mengeras, untuk kemudian robek atau putus. Akibatnya, air dari luar seperti air hujan, akan mudah masuk ke dalam kabin mobil dan membuat mobil mengalami kebocoran.

Untuk itulah kali ini Cintamobil.com akan memberikan tips bagaimana cara merawat lis kaca mobil agar tetap berfungsi dengan baik. Tindakan yang perlu dilakukan pun tidak sulit, dan Anda bisa mengerjakannya saat #dirumahaja.

1. Bersihkan Secara Teratur

Kuas karet kaca mobil

Bersihkan permukaan karet dari debu dan kotoran

Posisi karet kaca mobil yang ada di bagian luar tentunya rentan sekali komponen ini terkena debu dan kotoran. Apalagi kalau mobil diguanakan setiap hari atau mobil terparkir di tempat yang tidak memiliki atap. Karena itulah sebaiknya bersihkan permukaan karet secara teratur, minimal setiap akhir pekan.

Untuk melakukannya cukup mudah. Pertama-tama siapkan kuas cat ukuran kecil atau bisa juga menggunakan kuas yang digunakan untuk melukis. Pastikan bulu-bulu pada kuas dalam keadaan kering dan bersih. Selanjutnya sapu permukaan lis kaca mobil Anda sampai debu dan kotoran yang menempel hilang.

Pastikan debu pada bagian sudut-sudut serta pada karet yang ada di bagain dalam mobil serta permukaan yang bersentuhan langsung dengan kaca juga tersapu bersih. Untuk karet kaca jendela, bersihkan saat saat kaca jendela dalam keadaan tertutup dan bersihkan juga saat kaca jendela dalam keadaan terbuka. Namun hati-hati saat melakukan proses ini, jangan sampai karet kaca malah jadi melar kerena tertarik. 

>>> Tidak Sulit, Begini Tips Membersihkan Karpet Jenis Karet Dan Plastik

2. Semprotkan Silicone Spray

Semprot cairan cilicone spray

Gunakan cairan silicone untuk mengangkat kotoran yang membandel dan melembabkan permukaan karet

>>> Hati-hati, Ada Dampak Buruk Pakai Sembarang Cairan Wiper

Apabila permukaan karet sudah bersih, maka langkah selanjutnya siapkan cairan silicone spray. Produk ini tersedia dalam berbagai merk dengan harga yang amat terjangkau. Anda bisa mendapatkan produk ini melalui toko-toko online penyedia peralatan perawataan mobil. Cukup satu botol untuk membersihkan semua permukaan karet lis kaca mobil Anda.

Cara pakainya, semprotkan sedikit demi sedikit cairan ke permukaan karet. Lakukan pada permukaan yang lebih tinggi terlebih dahulu agar cairan mengalir ke permukaan yang lebih rendah. Lakukan dengan kondisi jendela terbuka sepenuhnya mulai dari ujung sebelah belakang bawah hingga ujung sebelah bawah bagian depan.

Jika dirasa kurang, boleh tambahkan volume semportan carian. Kemudian diamkan beberapa saat agar cairan meresap ke permukaan karet lis kaca mobil dan mengangkat kotoran yang ada di karet tersebut. Pastikan kotoran mengalir dan ikut menetes sampai ke bagian bawah pintu, tempat saluran pembuangan air. Untuk mendapatkan Silicon Lubricant, Anda bisa mencarinya di link di bawah ini:

>>> Temukan promo dan diskon mobil baru yang menarik cukup klik disini aja

3. Lap Sampai Bersih

Lap karet lis kaca mobil sampai bersih

Gunakan kain lap microfiber yang kering dan bersih untuk mengelap permukaan karet lis kaca

Setelah semua permukaan karet tersemprot cairan silicone, maka langkah selanjutnya adalah meyiapkan kain lap microfiber yang bersih dan kering. Usapkan lap ke permukaan lis kaca mobil sampai semua kotoran pada permukaan lis kaca menempel pada lap. Kotoran yang menempel biasanya ditandai noda berwarna hitam atau cokelat pada permukaan kain lap.

Untuk bagian sudut-sudut kaca yang sulit terjangkau, Anda bisa menggunakan cotton bud. Lakukan hal ini secara berulang sampai semua kotoran benar-benar terangkat. Jika permukaan sudah bersih, seprotkan cairan silicone sekali lagi secara merata dan diamkan beberapa saat. Tahap ini berfungsi memberikan kelembaban pada permukaan karet lis kaca agar tidak mudah getas.

Yang perlu diperhatian untuk proses akhir ini adalah jangan gunakan oli, minyak goreng atau cairan wax mobil untuk melumasi permukaan karet kaca mobil. Karena cairan-cairan ini malah berpotensi membuat karet mudah getas atau membuat debu dan kotoran menempel lebih erat di permukaan kaca.

>>> Cari mobil bekas berkualitas? Pilihan paling lengkapnya cuma ada di Cintamobil.com

4. Untuk Lis Kaca Chrome

Chrome window garnish

Untuk lis kaca dengan finishing chrome boleh berikan lapisan proteksi tambahan

Jika mobil Anda menggunakan lis kaca chrome, maka setelah permukaannya bersih bisa ditambahkan pula cairan perlindungan untuk permukaan chrome. Cukup semprot atau usap secara perlahan dan merata hanya pada permukaan lis kaca mobil yang diberi finishing chrome. Gunanya agar lapisan chrome tidak memudar atau menguning akibat terkena panas matahari terus menerus.

Demikian cara mudah dalam merawat lis kaca mobil Anda. Penting untuk diingat, lakukan perawatan pada komponen kaca mobil ini secara berkala, minimal setiap akhir pekan disaat Anda memiliki waktu luang di rumah. Jangan tunggu sampai karet kaca mobil kering dan getas. Meksipun harga komponen ini tidak terlalu mahal, namun pada beberapa tipe mobil ketersediaan karet kaca cukup langka sehingga sulit untuk mendapatkannya. Selain itu untuk proses bongkar pasangnya pun cukup sulit dan butuh keahlian khusus.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar perawatan mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top