Tidak Sulit, Begini Tips Membersihkan Karpet Jenis Karet Dan Plastik

Share this post:
Tidak Sulit, Begini Tips Membersihkan Karpet Jenis Karet Dan Plastik
Memakai karpet tambahan agar lebih nyaman dan terlihat apik adalah hal umum dilakukan pemilik mobil. Bila Anda menggunakan karpet tambahan, simak tips bersihkan karpet jenis karet dan plastik dalam artikel ini.

Karpet sudah menjadi komponen standar di interior mobil. Fungsinya memang tidak bisa dianggap remeh. Karpet seperti ornamen estetika di interior mobil. Karena tanpanya, Anda akan melihat lempengan pelat pada bagian lantai interior. Selain itu, secara tidak langsung karpet mobil juga berfungsi untuk menunjang kenyamanan. Dengan dimensi tebal, perasaan empuk nan nyaman langsung menyapa saat kaki mendarat di atasnya.

>>> Untuk Menjaga Kenyamanan, Berikut 5 Tips Mengatasi Aroma Tidak Sedap Pada Kabin

Tak berhenti sampai di situ, karpet ternyata punya peran dalam hal akustik interior. Karpet dasar yang biasanya terdiri dari banyak layer, juga berfungsi sebagai peredaman kabin. Banyak kegiatan di kabin, membuat komponen ini mustahil terjaga kebersihannya. Ragam noda, tentu jadi ancaman besar bagi karpet. Selain merusak tampilan, noda yang melekat pada karpet mobil bisa mengundang bau bahkan potensi menghadirkan serangga.

Karpet tambahan umumnya berbahan karet atau plastik

Karpet tambahan yang beredar di pasaran umumnya berbahan karet atau plastik

Untuk itu, jadikan ritual membersihkan karpet dalam daftar pembersihan rutin kendaraan Anda. Tapi sebelum memulai, perhatikan dulu jenis bahan karpet. Karena, beda bahan, beda cara membersihkannya. Karpet dari material karet dan plastik, biasanya berada di atas lapisan karpet dasar. Ia berfungsi layaknya tameng tambahan yang melindungi karpet dasar, dari serangan noda secara langsung.

>>> Baca juga: Tetap Nyaman di Jalan, Inilah Tips Cara Menjaga Kebersihan Karpet Mobil

Lalu bagaimana cara terbaik untuk membersihkan karpet berbahan karet dan plastik? Beruntungnya, membersihkan karpet jenis ini cukup mudah. Terdapat dua metode umum yang bisa dilakukan. Semuanya tergantung alokasi waktu yang ingin Anda luangkan. Jika waktu lengang dengan kondisi cuaca tidak mendung, karpet karet dan plastik bisa dibersihkan dengan cara dicuci dengan sabun.

Karpet tambahan bisa dibersihkan dengan sabun detegern

Bersihkan karpet dengan cara dicuci menggunakan sabun detergen

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Sabun yang dipilih untuk mencuci karpet jenis ini juga fleksibel. Bisa sabun untuk cuci mobil, detergen, hingga cairan pencuci piring. Tetapi hindari sabun cuci dengan kadar kimia kuat, karena berpotensi merusak permukaan karet atau plastiknya. Cara mencucinya cukup mudah. Pertama basahkan karpet karet atau plastik. Lalu lumuri dengan sabun atau cairan pembersih. Kemudian sikat perlahan hingga berbusa. Jika noda membandel seperti lumpur yang mengeras, gunakan sikat kaku untuk mempermudah proses pembersihan. Bilas dengan air bersih, kemudian jemur hingga kering.

Sebelum dipasang, pastikan kering sempurna, karena air yang tersisa di bagian bawah karpet bisa menempel di karpet dasar berbahan fabric. Hal ini bisa berpotensi menimbulkan bau dalam jangka panjang. Jika proses penjemuran tidak memungkinkan, bisa juga dikeringkan dengan lap chamois. Lain halnya jika waktu terbatas. Pembersihan bisa dilakukan dengan menggunakan cairan all-purpose cleaner lalu dilap menggunakan lap chamois atau microfiber. Cairan all-purpose cleaner, cenderung tidak berpotensi menimbulkan bau jika terserap ke karpet dasar.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top