Hati-hati, Ada Dampak Buruk Pakai Sembarang Cairan Wiper

02/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Share this post:
Hati-hati, Ada Dampak Buruk Pakai Sembarang Cairan Wiper
Wiper alias karet penghapus air di kaca depan sangat dibutuhkan, apalagi saat berkendara di kondisi hujan. Kinerja wiper pada mobil saat musim hujan sangat penting, namun tidak kalah penting lagi cairan yang digunakan. Nah dalam memilihnya harus hati-hati, karena ada dampak buruk pakai sembarang cairan wiper.

Sampai saat ini masih banyak pemilik mobil kurang mengerti mengisi cairan wiper, bahkan ada yang asal mengisinya dengan air sabun biasa. Padahal seharusnya mengisi cairan wiper mengikuti spesifikasi yang disediakan. Hal ini penting untuk membantu kinerja wiper saat menyapu permukaan kaca. 

Menuangkan cairan wiper

Jangan sembarang menuangkan cairan wiper terlebih dicampur dengan sabun atau sampo

Sebaiknya gunakan wiper fluid karena memang dibuat khusus untuk pembersih kaca. Jangan sembarang mengisi dengan air sabun biasa, apalagi ada kandungan kimia detergen. Bila mengisi cairan wiper dengan sampo atau sabun maka bisa bermasalah seperti memnimbulkan efek pelangi yang menganggu visibilitas mengemudi.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas selalu ada disini

Bila Anda terpaksa harus mengisi ulang, lebih baik menggunakan air biasa saja. Tidak perlu dicampur dengan sabun atau sampo. Namun akan lebih baik menggunakna cairan wiper khusus yang sudah banyak dijual di pasaran. Mengapa? Cairan khusus wiper tersebut memiliki kandungan ph yang lebih terkomposisi.

Wiper aktif ketika ada air di kaca depan

Memakai cairan khusus wiper bisa menjaga kejernihan kaca sekaligus visibilitas tidak terganggu

Hal ini cukup baik untuk menjaga kejernihan kaca mobil. Selain itu juga menjaga komponen lain, seperti lapisan kaca dan karet wiper itu sendiri. Bahkan cairan wiper yang bagus memiliki efek daun talas. Sehingga membuat air cepat mengalir dari kaca dan menjaga pandangan Anda selama mengemudi. Semoga bermanfaat tips cairan wiper dari kami.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

Share this post:

Berita lain

Isi Cairan Wiper, Sebaiknya Jangan Hanya Sekadar Air

03/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Anda pasti pernah mendapati kaca mobil tiba-tiba terkena kotoran saat berkendara. Untuk membersihkannya tentunya Anda butuh wiper yang ditunjang dengan cairan wiper. Nah cairan ini sebaiknya jangan hanya sekedar air.

Lihat juga

Mengenal 3 Jenis Wiper Mobil dan Kelemahannya

03/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mengenal jenis wiper mobil penting untuk mengatahui tipe wiper mana yang ada di mobil Anda. Karena beda jenis, maka beda pula kelebihan, kekurangan, dan perlakuan perawatan dari wiper tersebut.

Lihat juga

Sepele Sih, Tapi Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wiper dan Kaca Mobil Cepat Rusak

29/05/2019

Perawatan dan service

3 menit

Antara wiper dan kaca mobil memang tidak bisa dipisah satu sama lain. Namun kebiasaan buruk ini bisa membuat keduanya cepat rusak, wiper tidak bekerja maksimal dan visibilitas pengemudi jadi terganggu.

Lihat juga

Rangkuman Alasan Sedan Tidak Memiliki Wiper Belakang

Ini sesuatu yang aneh - mengapa hatchback memiliki wiper belakang tetapi sedan tidak? Bahkan, sangat tidak adil bahwa hatchback tipe umum memiliki wiper tetapi sedan yang luar biasa tidak memilikinya. Tapi, ada beberapa faktor yang menyebabkan sedan tidak memiliki wiper belakang.

Lihat juga

Mengganti Wiper Mobil, Kapan Waktu Tepat?

Kapan wiper mobil harus diganti adalah sebuah pertanyaan yang mungkin hadir di benak Anda saat ini. Wiper mobil adalah bagian kecil yang sangat penting dari sebuah mobil terutama di musim hujan. Jika wiper tidak dapat bekerja dengan sempurna, tentu saja proses berkendara Anda tidak dapat berjalan dengan lancar dan cukup berbahaya bagi keselamatan.

Lihat juga