Hati-hati, Ada Dampak Buruk Pakai Sembarang Cairan Wiper

02/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Hati-hati, Ada Dampak Buruk Pakai Sembarang Cairan Wiper
Wiper alias karet penghapus air di kaca depan sangat dibutuhkan, apalagi saat berkendara di kondisi hujan. Kinerja wiper pada mobil saat musim hujan sangat penting, namun tidak kalah penting lagi cairan yang digunakan. Nah dalam memilihnya harus hati-hati, karena ada dampak buruk pakai sembarang cairan wiper.

Sampai saat ini masih banyak pemilik mobil kurang mengerti mengisi cairan wiper, bahkan ada yang asal mengisinya dengan air sabun biasa. Padahal seharusnya mengisi cairan wiper mengikuti spesifikasi yang disediakan. Hal ini penting untuk membantu kinerja wiper saat menyapu permukaan kaca. 

Menuangkan cairan wiper

Jangan sembarang menuangkan cairan wiper terlebih dicampur dengan sabun atau sampo

Sebaiknya gunakan wiper fluid karena memang dibuat khusus untuk pembersih kaca. Jangan sembarang mengisi dengan air sabun biasa, apalagi ada kandungan kimia detergen. Bila mengisi cairan wiper dengan sampo atau sabun maka bisa bermasalah seperti memnimbulkan efek pelangi yang menganggu visibilitas mengemudi.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas selalu ada disini

Bila Anda terpaksa harus mengisi ulang, lebih baik menggunakan air biasa saja. Tidak perlu dicampur dengan sabun atau sampo. Namun akan lebih baik menggunakna cairan wiper khusus yang sudah banyak dijual di pasaran. Mengapa? Cairan khusus wiper tersebut memiliki kandungan ph yang lebih terkomposisi.

Wiper aktif ketika ada air di kaca depan

Memakai cairan khusus wiper bisa menjaga kejernihan kaca sekaligus visibilitas tidak terganggu

Hal ini cukup baik untuk menjaga kejernihan kaca mobil. Selain itu juga menjaga komponen lain, seperti lapisan kaca dan karet wiper itu sendiri. Bahkan cairan wiper yang bagus memiliki efek daun talas. Sehingga membuat air cepat mengalir dari kaca dan menjaga pandangan Anda selama mengemudi. Semoga bermanfaat tips cairan wiper dari kami.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

 
back to top