Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik serta Kelebihan dan Kekurangannya

27/03/2021

Perawatan dan service

2 menit

Share this post:
Mengenal Cara Kerja Mobil Listrik serta Kelebihan dan Kekurangannya
Bagaimana cara kerja mobil listrik serta apa saja kelebihan dan kekurangannya? Langsung simak artikel berikut ini untuk lebih tahu tentang mobil listrik.

Mobil listrik menjadi minat banyak generasi milenial saat ini. Cara kerja mobil listrik memang berbeda dengan mobil konvensional seperti biasanya. Mobil listrik lebih menghemat pemakaian bahan bakar sehingga membuat pemakaiannya lebih ramah lingkungan. Tentunya hal ini akan memberikan keuntungan tersendiri bagi alam karena isu pemanasan global yang semakin meningkat membuat banyak orang ingin beralih ke mobil listrik.

Produksi mobil listrik juga semakin meningkat belakangan ini. Semakin banyak perusahaan mobil yang juga ikut memproduksi mobil listrik sebagai aksi untuk menjaga lingkungan. Saat ini di Indonesia ada beberapa merk mobil listrik yang sudah dipasarkan. Misalnya seperti Toyota Corolla Cross Hybrid, Nissan Kicks e-Power, Hyundai Kona Electric, Lexus UX300E, dan juga BMW I3S. Selain itu juga ada Tesla Model S.

Cara Kerja Mobil Listrik

Cara mobil listrik kerja bisa dibilang hampir sama dengan mobil mainan yang menggunakan baterai. Mobil listrik memiliki baterai dan menyimpan energi listrik yang diubah menjadi gerak sehingga mobil bisa berjalan dengan baik. Baterai mobil listrik memiliki kapasitas yang cukup besar. Kurang lebih 75.000 kWh sehingga mobil listrik bisa berjalan sejauh ratusan kilo setiap harinya.

Untuk mengisi baterai mobil listrik, cara yang dilakukan adalah cara yang sama seperti mengisi baterai handphone. Saat ini charging station sudah tersedia di tempat-tempat khusus sehingga Anda bisa melakukan fast charging ketika Anda memerlukannya. Anda juga bisa melakukan charging di rumah Anda selama listrik di rumah Anda mencukupi untuk kebutuhan pengisian baterai mobil listrik.

Sebuah mobil sedang isi listrik

Anda bisa mengisi daya melalui stasiun pengisian

Cara kerja lain yang perlu diketahui adalah bagaimana kemampuannya berjalan di area yang mudah banjir. Mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional. Mesin pada mobil listrik didesain untuk lebih tahan air. Sehingga mobil listrik masih bisa melewati area banjir di ketinggian tertentu sewajarnya mobil yang lain. Selain itu, mesin mobil listrik juga didesain tidak mudah konslet jadi ketika banjir tidak perlu khawatir mobil mengalami konslet listrik.

>>> Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia

Jenis Mobil Listrik yang Ada di Indonesia

Di Indonesia, jenis mobil listrik dapat dibedakan berdasarkan prinsip kerja mobil listrik. Yang dimaksud dengan prinsip kerja mobil listrik bagaimana mobil listrik bekerja. Yaitu energi listrik disimpan pada baterai yang kemudian diubah menjadi energi gerak untuk menjalankan mobil.

Maka dari itu, jenis mobil listrik dapat dilihat dari kapasitas baterai mobil listrik. Berikut ini adalah jenis mobil listrik di Indonesia serta kapasitas baterainya.

1. Toyota Corolla Cross Hybrid

Mobil listrik dari Toyota ini merupakan mobil hybrid. Toyota sendiri tidak menyebutkan di websitenya berapa besar kapasitas baterai pada tipe mobil ini. Tetapi mengingat mobil ini adalah tipe hybrid, kemungkinan kapasitas baterainya tidak sebesar kapasitas mobil listrik non hybrid.

2. Nissan Kicks e-Power

Mobil listrik selanjutnya adalah Nissan Kicks e-Power. Mobil listrik ini juga mobil listrik hybrid. Cara kerja mobil listrik hybrid adalah bisa menggunakan bahan bakar mesin dan juga tenaga baterai. Kapasitas baterai untuk Nissan Kicks e-Power adalah 1,75 kWh atau bisa menyimpan listrik sebesar 1.750 watt.

3. Lexus UX300e

Mobil listrik pertama dari Lexus ini memiliki kapasitas 54,35 kWh. Untuk proses pengisiannya, dibutuhkan waktu 24 jam untuk pengisian dari 0 sampai penuh.

4. BMW i3s

Mobil listrik dari BMW dengan tipe i3s ini merupakan mobil listrik murni. Dengan kapasitas baterai 42,2 kWh, BMW i3s juga disebut pioneer dalam mobil listrik murni.

5. Hyundai Kona Electric

Mobil listrik dari Hyundai ini memiliki kapasitas 39,2 kWh. Pengisiannya bisa menggunakan aliran listrik AC dan DC yang lebih cepat sebanyak 80% dalam waktu 1 jam.

6. Tesla Model S

Tesla model S memiliki kapasitas baterai 100 kWh. Kapasitas baterai Tesla memang cukup besar mengingat Tesla adalah mobil listrik murni dan menghasilkan tenaga 680 PS.

Komponen Mobil Listrik Dasar yang Perlu Diketahui

mobil listrik

Ada berbagai komponen yang menjadi pendukung mobil listrik

Sistem kerja mobil listrik adalah menyimpan energi listrik pada baterai yang kemudian diubah menjadi energi untuk menggerakkan motor sehingga mobil bisa melaju dengan sempurna. Ada baiknya mengetahui komponen mobil listrik secara dasar agar ketika Anda membeli mobil listrik, Anda lebih paham tentang bagaimana cara kerja mobil listrik Anda.

Berikut ini adalah komponen mobil listrik dasar yang perlu Anda ketahui.

1. Baterai Traksi

Baterai traksi atau bisa juga disebut Traction Battery Pack. fungsinya adalah sebagai tempat penyimpanan energi listrik pada mobil listrik. Ketika mendapatkan sinyal dari controller, baterai traksi akan mengalirkan listrik menuju ke inverter untuk menggerakkan motor.

2. Inverter Daya

Inverter Daya atau bisa juga disebut Power Inverter adalah komponen untuk merubah arus searah (DC) menjadi arus bolak balik (AC) yang kemudian arus tersebut digunakan oleh baterai traksi. Pada mobil listrik hybrid, inverter daya juga digunakan untuk merubah arus AC saat pengereman menjadi arus DC yang digunakan untuk pengecasan baterai.

3. Controller (C)

Fungsi dari Controller adalah sebagai elemen komponen pengatur energi pada baterai serta pada inverter.

4. Motor Traksi (D)

Motor traksi berfungsi untuk memutar transmisi dan roda dari energi yang didapat dari baterai.

>>> Mobil Listrik Toyota Akan Meluncur April di Shanghai Motor Show 2021

Jelaskan Bagaimana Prinsip Kerja Mobil Listrik Secara Sederhana

Cara mobil listrik kerja sederhana sebenarnya bisa dimengerti dengan mudah. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana prinsip kerja mobil listrik:

  • Energi listrik tersimpan di dalam baterai yang ada di dalam mobil listrik.
  • Ketika Anda menginjak pedal mobil listrik, controller akan mengambil daya listrik dari baterai dan inverter.
  • Controller juga akan mengatur seberapa besar daya yang dikirimkan sesuai dengan seberapa dalam pedal ditekan.
  • Kemudian motor traksi akan mengubah energi listrik menjadi energi gerak untuk menggerakkan motor.
  • Putaran motor tersebut akan memutar transmisi sehingga roda berputar dan mobilnya bergerak.

Alasan Mengapa Mobil Listrik Mahal

Saat ini, mobil listrik yang beredar di Indonesia memiliki harga yang cukup bervariasi. Tetapi harga mobil listrik yang ada di Indonesia cukup mahal. Meskipun untuk harga terendah yang ada adalah untuk kategori mobil listrik hybrid. Berikut ini adalah alasan mengapa mobil listrik mahal di Indonesia.

Inovatif

Mobil listrik merupakan inovasi yang dibutuhkan saat ini. Dengan semakin tingginya isu pemanasan global, beralih ke energi terbarukan atau energi yang ramah lingkungan menjadi solusi yang bisa membantu mengurangi pemanasan global.

Teknologi yang Digunakan Lebih Kompleks

Cara kerja  dari mobil listrik berbeda dengan mobil konvensional. Teknologi yang digunakan oleh mobil listrik lebih komplek dan canggih sehingga ini membuat harga menjadi mahal.

Belum Diproduksi Secara Masif

Produksi mobil listrik tidak sebanyak mobil konvensional. Jadi dengan demand yang masih terbatas, mobil listrik masih tergolong prestige. Inilah yang membuat harga mobil listrik cukup mahal.

sebuah mobil listrik berwarna putih sedang berjalan di jalan

Cara kerja sebuah mobil listrik

Kelebihan Mobil Listrik

Ada sejumlah kelebihan dan kekurangan pada mobil listrik dari cara kerjanya. Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan dari mobil listrik dibandingkan dengan mobil konvensional.

Ramah Lingkungan

Mobil listrik menggunakan energi listrik yang lebih ramah pada lingkungan karena mobil listrik saat bekerja yang tidak mengeluarkan emisi gas. Sehingga jalanan lebih bersih dari polusi dan juga tidak menimbulkan efek pemanasan global yang semakin parah.

Hemat Energi

Energi listrik yang digunakan lebih hemat dibandingkan dengan energi bahan bakar pada mobil konvensional. Di saat kemacetan, penggunaan energi juga lebih irit karena tidak memakan listrik yang banyak.

Perawatan Lebih Mudah

Cara kerja mobil listrik yang menggunakan baterai membuat perawatan mobil listrik juga lebih mudah. Alasannya karena Anda tidak perlu melakukan ganti oli dan jenis perawatan mesin lain seperti pada mobil konvensional. Anda hanya perlu melakukan perawatan baterai.

Kekurangan dari mobil listrik

Mobil listrik juga punya kekurangan. Apa sajakah?

Harganya Mahal

Saat ini, mobil listrik masih termasuk sebagai inovasi yang sangat bermanfaat. Oleh karena itu, mobil listrik masih termasuk golongan mobil prestige sehingga harganya masih tergolong mahal.

Waktu Isi Ulang yang Lama

Saat ini belum banyak fast charging station yang tersedia di Indonesia. Sehingga jika Anda memiliki mobil listrik, salah satu kendala yang akan Anda hadapi adalah proses pengisian ulang baterai. Sebenarnya bisa saja mengisi sendiri dari rumah, tetapi akan membutuhkan waktu lama.

>>> Range Rover Klasik Ini Disulap Jadi Mobil Listrik Pakai Teknologi Tesla

Cara Kerja Mobil Hybrid yang Sederhana

Mobil hybrid adalah jenis mobil yang memiliki dua jenis penggerak yaitu jenis bensin konvensional dan juga jenis listrik. Saat ini di Indonesia juga terdapat jenis mobil hybrid karena peminatnya cukup banyak. Cara kerja mobil listrik hybrid juga cukup sederhana. Cara kerjanya adalah penggabungan antara mobil listrik dan mobil konvensional.

sebuah mobil listrik berawarna putih sedang mengisi listrik\

Mobil listrik punya banyak kelebihan

Mobil hybrid juga memiliki tangki bensin untuk mengisi bahan bakar dan juga baterai sebagai tempat menyimpan energi listrik. Ketika menggunakan mode bensin, maka mobil akan secara otomatis mengisi baterai. Motor listrik yang berputar akan menjadi generator. Anda bisa dengan mudah merubah mesin penggerak menjadi listrik jika bahan bakar sedang kehabisan. Jadi mobil Hybrid memang terasa lebih cocok dengan situasi ekosistem di Indonesia saat ini.

Dari artikel ini, Anda bisa mengetahui cara kerja mobil listrik dan juga tipe apa saja yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Anda bisa menentukan mana mobil listrik yang sesuai kebutuhan Anda dan tentunya mana yang sesuai dengan budget Anda.

Untuk mendapatkan informasi seputar harga mobil listrik lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs Cintamobil.com. Cintamobil adalah website jual beli mobil baru maupun bekas yang memiliki pengunjung tertinggi di Indonesia. Tidak hanya itu saja, Anda bisa mendapatkan informasi seputar mobil lewat Cintamobil. Langsung saja, pilih mobil listrik favoritmu di Cintamobil!

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga mobil listrik di Indonesia?
Harga mobil listrik ini tergantung pada merek serta model yang akan Anda memilih.
Apa keunggulan mobil listrik?
Ramah kantong dan ramah lingkungan adalah nilai plus dari mobil listrik
Apakah Toyota tersedia mobil listrik juga?
Iya, kendaraan listrik baterai ultra-kompak (BEV) yang diberi nama C+pod telah meluncur di Tokyo, Jepang, pada 25 Desember 2020.
Share this post:
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top