Range Rover Klasik Ini Disulap Jadi Mobil Listrik Pakai Teknologi Tesla

17/03/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Range Rover Klasik Ini Disulap Jadi Mobil Listrik Pakai Teknologi Tesla
Sebuah Range Rover klasik berhasil direstorasi namun diubah jadi mobil listrik yang menggunakan baterai dan motor lsitrik milik Tesla. Hasilnya pun sangat mengagumkan.

Range Rover sudah sedari dulu terkenal sebagai mobil yang tangguh di dua alam. Kemampuan off road yang dimilikinya, dipadankan kemewahan serta kenyamanan saat melaju di jalan beraspal, rasanya tak bisa ditandingi oleh mobil dari pabrikan lain.

Namun seiring perkembangan teknologi otomotif, pihak Jaguar Land Rover pun berniat untuk beralih ke elektrifikasi. Pabrikan ikonik ini berencana menjadi produsen mobil listrik mulai tahun 2025. Ada banyak model yang disiapkan, satu diantaranya Range Rover all-electric.

>>> Jaguar Land Rover Siapkan Project Zeus Kembangkan Mesin Hidrogen

Electric Ranger Rover Classic Pertama

Electric Range Rover Classic

Lubang bensin jadi soket pengisi daya baterai

Namun baru-baru ini ada sebuah hasil kreasi yang unik sekaligus mengejutkan. Adalah tim E.C.D Automotive Design yang berbasis di Florida, Amerika Serikat (AS) berhasil menciptakan Ranger Rover listrik.

Dikutip dari Carbuzz, Rabu (17/03/2021), perusahaan yang berkecimpung di industri restorasi serta custom Land Rover dan Defender itu mengumumkan telah berhasil membuat sebuah Electric Range Rover Classic yang menggunakan komponen dari Tesla.

Range Rover Electric

Mesin aslinya diganti motor listrik

>>> Mengapa Merawat Kelistrikan Mobil Itu Penting?

E.C.D diketahui bekerja sama dengan tim Electric Classic Cars yang merupakan perusahaan jasa custom mobil-mobil klasik untuk dibuat jadi mobil listrik. Perusahaan ini juga sempat membangun Porsche 911 Targa klasik yang diubah mesinnya pakai baterai serta motor listrik.

Pakai Mesin Tesla

Menggunakan basis Range Rover klasik, seluruh mesin dari SUV ini dipreteli. Gantinya adalah baterai listrik berkekuatan 100 kWh yang diklaim sanggup menghasilkan tenaga setara 450 hp. Dipadankan motor listrik, mobil tersebut sekarang mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 5,2 detik. Kemampuan ini setara model Land Rover Defender bermesin V8.

Range Rover Classic Interior

Interiornya bernuansa klasik tapi pakai teknologi terkini

>>> Review New Range Rover Evoque SE 2019: Viva La Velar-ism!

Tidak disebutkan tipe baterai dan motor listrik Tesla jenis apa yang digunakan. Namun baterai tersebut diklaim akan terisi penuh hanya dalam waktu 5 jam. Dan untuk membangun Ranger Rover listirk ini, kedua tim membutuhkan waktu sekitar 2.200 jam atau sekitar 3 bulan.

"Sekarang kami telah berhasil menciptakan Electric Ranger Rover Classic, dan kami akan terus berinovasi ke model Defender dan Land Rover lainnya. Kami menawarkan kustomisasi kelas dunia kepada klien kami, serta menambahkan opsi listrik baru ini," sebut Tom Humble, Founder E.C.D. Automotive Design.

Tidak ada perubahan cukup signifikan di sisi eksterior, hanya saja catnya kini menggunakan wanra Alpine White lantas pakai velg 5 spoke 18 inci yang dibalut ban Continental Cross Contact. Di dalam, kesan retro diperkuat dengan nuansa cokelat muda, dasbor pakai aksen kayu, namun sudah menggunakan headunit Apline Halo 9 yang sudah terintegrasi Apple CarPlay dengan fitur rear camera.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top