Mobil Listrik Toyota Akan Meluncur April di Shanghai Motor Show 2021

16/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Mobil listrik Toyota pertama dijadwalkan akan diperkenalkan di Shanghai Motor Show 2021 akhir April mendatang. Seperti apa ya kira-kira desainnya?

Toyota memamerkan sebuah teaser dari SUV baru bertenaga listrik murni yang akan diluncurkan di Shanghai Motor Show 2021. Mobil listrik Toyota tersebut akan mengusung platform e-TNGA baru Toyota, yang sangat serbaguna dan mudah beradaptasi untuk berbagai jenis produk.

>>> Toyota Fortuner-Kijang Innova Juga Bakal Dapat Diskon PPnBM?

Gambar menunjukan Mobil listrik Toyota

Platform e-TNGA

Menggunakan Platform e-TNGA

Peluncuran perdana dunia mobil listrik Toyota di China itu menunjukkan bahwa pasar kendaraan tanpa asap terbesar di dunia tersebut sejatinya memang memainkan peran penting. Bahkan produsen mobil listrik terbesar di dunia saat ini yakni Tesla tahun lalu berhasil menjual sekitar 120.000 kendaraan listrik di China.

Meskipun produsen mobil asal Jepang itu belum mengungkapkan apa pun selain akan menggunakan platform e-TNGA baru Toyota. Sebuah platform yang dirancang agar sangat mudah beradaptasi untuk memungkinkan kendaraan dengan panjang yang berbeda dan dapat dipasangkan di berbagai ukuran baterai.

Lebih dari itu, arsitektur e-TNGA juga dapat menggunakan konfigurasi FWD, RWD, dan AWD. Selain itu Keserbagunaan dan fleksibilitas teknologi e-TNGA memungkinkan Toyota untuk merancang dan membuat kendaraan yang tidak hanya bertenaga baterai, tetapi juga menarik untuk dikendarai dan indah untuk dilihat.

>>> Jangan Sampai Salah! Ini Aturan Penggunaan Lampu Hazard pada Mobil

Gambar menunjukan Mobil listrik Toyota

Desain mobil listrik murni Toyota

Diproduksi  di Pabrik Mobil Listrik Khusus

"Prinsip arsitektur dasar e-TNGA bekerja atas dasar bahwa elemen-elemen kunci tetap diperbaiki sementara yang lain bervariasi. Pendekatan ini memungkinkan adanya variasi dalam lebar, panjang, jarak sumbu roda dan tinggi kendaraan. e-TNGA juga dapat didefinisikan dengan penggerak roda depan, belakang atau empat dan dengan berbagai kapasitas baterai dan motor listrik untuk menyesuaikan dengan berbagai jenis kendaraan dan profil penggunaan," kata Toyota dalam keterangan resminya.

Sangat menarik untuk melihat mobil listrik Toyota tersebut. Desain dan spesifikasi model yang akan meluncur akhir April mendatang di Shanghai Motor Show 2021 itu akan memberi kita gambaran tentang seberapa serius produsen mobil terbesar di dunia itu sekarang terhadap kendaraan listrik bertenaga baterai tersebut.

Nantinya konsep yang akan meluncur tersebut diyakini sangat dekat dengan bentuk produksi akhir. Kabarnya nantinya SUV bertenaga listrik Toyota itu akan diproduksi di Jepang di pabrik mobil listrik khusus.

>>> Review Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020: Hybrid Paling Menggoda Untuk Keluarga

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top