Cara Aman dan Praktis Mengganti Sekering yang Rusak Tanpa Harus ke Bengkel

16/02/2018

Perawatan dan service

3 menit

Cara Aman dan Praktis Mengganti Sekering yang Rusak Tanpa Harus ke Bengkel
Sekering sepertinya pecah sepanjang waktu, tapi memang dirancang untuk itu. Sekering memang mempunyai masa pakai tertentu. Tetapi, mengganti sekering yang rusak bisa Anda lakukan di rumah dan dengan pengetahuan yang cukup tanpa harus ke bengkel.

Ketika satu rangkaian memiliki terlalu banyak arus listrik yang melewatinya, tugas sekering adalah untuk mencegah kerusakan serius dan bahkan kebakaran. Sekering tidak mahal dan mudah diganti. Anda dapat menyimpan sekering tambahan di panel sekering kendaraan Anda. Berikut adalah cara mengganti sekering yang rusak tanpa harus ke bengkel.

1. Cari Panel Sekering

Buku manual Anda akan memberi tahu di mana panel sekering kendaraan berada. Sebagian besar model menempatkan panel sekering di sisi pengemudi di dasbor dan di bawah kemudi, atau di kompartemen mesin, namun lokasinya bervariasi dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Lepaskan penutup panel sekering;

Gambar yang menunjukan letak rangkaian sekering pada mobil

Letak panel sekering berbeda-beda tergantung mobil Anda

Anda akan melihat beberapa sekering kode warna yang berbeda terpasang. Warna-warna ini, bersama dengan nomor yang tertera pada sekering, menunjukkan tingkat ampere yang berbeda. Sekarang, putar penutup panel sekering untuk melihat diagram sekering yang membantu. Diagram ini menunjukkan kepada Anda sekering yang bekerja dengan komponen listrik mana.

2. Lepaskan sekering yang sudah rusak

Sebelum menukar sekering, Anda harus menemukan sekering yang rusak. Ini akan memiliki filamen rusak (strip tipis logam di dalamnya) atau akan berwarna hitam di dalamnya. Beberapa kendaraan memberikan "penarik" khusus untuk mengganti sekering, tapi pinset juga bisa dipakai untuk menarik sekering mobil.

Gambar yang menunjukan tangan yang memegang bagian sekering pada rangkaian sekering mobil

Lepaskan sekering yang sudah rusak dengan hati-hati

Anda juga bisa menggunakan jari tangan Anda. Pastikan Anda dengan hati-hati melepaskan dan mengganti sekring sampai Anda menemukan sekering yang rusak. Perhatikan bahwa masalah listrik kendaraan mungkin memerlukan perhatian mekanik.

3. Mengganti sekering

Ganti sekring yang rusak dengan sekering ampere yang sama. Gunakan buku petunjuk manual  Anda, diagram panel sekering, dan sekumpulan kode bernomor warna itu akan membantu Anda dalam menentukan amper yang benar. Jika Anda menggunakan amper yang salah, bisa menyebabkan kerusakan kendaraan Anda lebih parah selain sekering yang meledak.

Gambar yang enunjukan rangkaian bagian sekering mobil yang sudah rusak

Jika tidak ada sekering cadangan, bisa diganti dengan pemantik rokok

Setelah Anda menemukan sekering ampere yang tepat, letakkan ke dalam slot yang benar. Dorong ke dalam dengan jari Anda untuk memastikan terpasang sepenuhnya, lalu pasang kembali penutup panel.

Ingat, jika Anda tidak memiliki sekering cadangan, Anda dapat sementara menggunakan sekering komponen listrik lain asalkan menggunakan ampere yang benar. Pertimbangkan untuk menggunakan sekering pada  pemantik rokok, radio, atau pemanas jendela belakang.

>>> Cara terbaik melindungi mobil dari cuaca panas

4. Periksa jalur arus listriknya

Setelah sekering diganti dan panel tertutup, putar pengapian kendaraan Anda dan periksa apakah sirkuit bermasalah kembali berfungsi dengan baik. Jika bekerja dengan benar, kemungkinan Anda hanya memiliki kelebihan beban listrik sementara yang menyebabkan sekering rusak. Jika demikian, maka Anda telah memecahkan masalah.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang memegang besi pada bagian sekering mobil

Periksa arus listrik pada mobil setelah mengganti sekering

Namun, jika rangkaian tidak bekerja, atau memang bekerja tapi hanya sebentar sebelum perlu diganti lagi, masalah listrik kendaraan Anda lebih dari sekadar sekering yang meledak. Yang terbaik adalah pergi ke bengkel langganan dan meminta agar kendaraan Anda diperiksa kerusakannya serta mengganti sekering yang rusak agar tidak mempengaruhi perjalanan Anda.

>>> Tips Mengetahui Tanda Transmisi Otomatis Rusak

Berikut visualisasi penggantian sekering yang terbakar untuk memudahkan Anda

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru dan bekas terbaik di sini

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga sekering mobil?
Tak perlu merogoh kocek dalam, harga sekering mobil berkisar antara Rp 2.500 hingga Rp 5.000.
Apa penyebab sekering mobil meleleh?
Sebagian besar sekering mobil meleleh karena rumah sekering atau soket yang longgar, maupun kontak sekering terdapat kotoran yang bisa menyebabkan panas.
Apa yang terjadi jika sekering mobil bermasalah?
Sebagai pendukung sistem kelistrikan mobil, masalah pada sekering mobil bisa berdampak pada percikan api yang terjadi di ruang mesin dan bahkan bisa menyebabkan kebakaran.
 
back to top