Tips Mengetahui Tanda Transmisi Otomatis Rusak

21/01/2020
Ada beberapa tanda transmisi otomatis rusak yang perlu Anda perhatikan pada mobil matik. Dengan memahami gejala-gejalan yang muncul ini, risiko kerusakan lebih parah bisa dihindari.

Saat ini mobil dengan transmisi otomatis sudah sangat banyak. Tipe transmisi matik pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Mulai dari yang matik konvensional, CVT, AGS, sampai yang menggunakan sistem dual gearbox.

Namun seperti halnya komponen lain di mobil, transmisi juga akan mengalami kerusakan. Kerusakan transmisi ini bisa karena faktor usia mobil, atau juga kebiasaan buruk pengemudi mobil tersebut.

>>> Membeli Mobil Bekas: Mengecek Transmisi Mobil Matic Bekas

Jika Anda mengalami beberapa gejala yang menjadi tanda transmisi otomatis rusak, maka sebaiknya langsung perbaiki transmisi mobil tersebut. Karena kalau dibiarkan kerusakan akan merembet pada komponen lain sehingga biaya perbaikannya malah tambah besar. Berikut beberapa gejala yang sering muncul dari kerusakan transmisi matik:

1. Muncul Bunyi

tuas transmisi otomatis pada mobil

Ketika ada bunyi saat posisi gigi berubah, itu indikasi transmisi harus dicek

Saat melakukan perjalanan kemudian timbul bunyi ketika transmisi bergeser dari gigi satu ke gigi yang lain atau sebaliknya, itu pertanda ada kerusakan pada sistem transmisi tersebut. Biasanya kondisi ini diikuti pula hentakan atau "jeduk" saat transmisi berpindah gigi.

>>> Promo mobil baru transmisi otomatis dan manual dengan harga terbaik ada disini

2. Sulit Ganti Posisi Tuas

transmisi otomatis sulit digeser -2

Kalau sulit geser tuas transmisi dari posisi N ke R dan sebaliknya, langsung cek ke bengkel

Ketika tuas transmisi terasa lebih keras dan cukup sulit untuk digeser dari satu posisi ke posisi lainnya, maka bisa dipastikan transmisi tersebut wajib diservis. Paling sering kondisi ini muncul manakala dari posisi N ke posisi D, atau dari N ke posisi R serta sebaliknya.

3. Ada Waktu Jeda

komponen transmisi otomatis mobil

Transmisi telat merespon? Itu gejala ada komponen transmisi matik yang mulai rusak

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Ketika tuas transmisi digeser dari posisi N ke D biasanya memang ada jeda, namun hanya sepersekian detik. Namun kalau sudah lebih dari satu detik, maka wajib waspada dengan kondisi transmisi mobil Anda. Kemudian coba juga dari posisi N ke R, kalau mobil lambat merespon, maka ini juga jadi tanda transmisi otomatis rusak pada mobil tersebut.

4. Mobil Tidak Kuat Menanjak

mobil VW di jalan

Tiba-tiba mobil tidak kuat menanjak, ini juga indikasi transmisi rusak

Saat berkendara di jalan yang menanjak, sejatinya mobil transmisi otomatis akan menurunkan posisi gigi sehingga mobil kuat untuk menanjak tanpa harus menginjak pedal gas berlebihan. Tapi kalau sebaliknya, mobil seakan kerepotan saat menghadapi jalan menanjak, maka bisa jadi transmisi sudah perlu diperbaiki.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
12

berita lain