8 Cara Terbaik Untuk Melindungi Mobil Dari Cuaca Panas

8 Cara Terbaik Untuk Melindungi Mobil Dari Cuaca Panas
Musim panas sudah datang dan semua orang menglami kepanasan yang luar biasa. Bukan hanya manusia, ternyata mobil juga terpengaruh. Lalu, bagaimana melindungi mobil dari cuaca panas yang mencajadi musuh utama cat dan komponen mobil?

Kita semua tahu bahwa sinar matahari mengeluarkan sinar UV yang merusak kulit kita, tapi apakah Anda juga tahu bahwa itu bisa berpengaruh merusak mobil Anda? Anda harus lebih siap melindungi mobil dari cuaca panas dan kerusakan akibat sinar matahari!

1. Gunakan tirai pelindung depan kaca mobil

Terlalu banyak sinar matahari akan menyebabkan dasbor dan roda kemudi Anda menderita jika Anda memarkir mobil di bawah sinar matahari. Untuk melindungi bagian dalam mobil Anda, gunakan tirai pelindung  kaca depan untuk mengurangi panas yang menyala. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan satu untuk tirai pelindung untuk dibelakang kaca mobil Anda.

Gambar yang menunjukan ilustrasi mobil berwarna biru yang memakai pelindung kaca mobil

Gunakan pelindung mobil untuk melindungi mobil

2. Mempertimbangkan memakai kaca film

Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai kaca film sebagai pilihan, jika Anda sering memarkir mobil di bawah sinar matahari. Kaca depan depan dan dua jendela samping depan memungkinkan 70% cahaya masuk, sementara jendela belakang dan jendela penumpang belakang memerlukan setidaknya 25%. Perhatikan juga bahwa kaca depan depan sebaiknya tidak menghalangi transaksi IU pada ERP.

3. Parkir di tempat teduh

Jagalah mobil di tempat parkir dalam ruangan atau tempat teduh bila memungkinkan. Ini adalah cara terbaik untuk melindungi cat mobil dan juga mengurangi kerusakan panas pada interior mobil.

Gambar yang menunjukan mobil-mobil yang sdang diparkir di tempat parkir yang terlindung dari sinar matahari

Selalu parkir di tempat teduh, terhindari dari sinar matahari langsung

4. Melakukan pemeriksaan bulanan pada tekanan ban

Bila Anda terus-menerus berkendara dalam cuaca panas, ban cenderung mengembang karena suhu yang meningkat. Dan saat ban bersentuhan dengan permukaan jalan yang panas, gesekan tambahan yang dikombinasikan dengan kecepatan tinggi akan menyebabkan ban mudah meledak! Itulah sebabnya Anda perlu melakukan pengecekan pada tekanan ban setidaknya sebulan sekali untuk memastikan ban benar-benar mengembang.

>>> Baca juga Pentingnya tekanan ban pada mobil

5. Bersihkan interior anda secara berkala

Debu yang dikombinasikan dengan panas bisa memudar dan melemahkan interior mobil. Untuk melindungi komponen interior dan pelapisnya, lakukan pembersihan secara teratur untuk mencegah kerusakan potensial. Ingatlah untuk menggunakan produk pembersih yang ditujukan untuk penggunaan mobil, atau anda mungkin juga menggunakan filter kopi atau minyak zaitun.

Gambar yang menunjukan teknisi yang sedang memberikan lapisan pelindung pada mobil

Lakukan perlindungan pada bagian eksterior mobil

6. Lindungi cat mobil anda

Untuk melindungi eksterior dari kerusakan akibat sinar matahari, Anda mungkin mempertimbangkan untuk memasang lapisan perlindungan cat yang tidak mengganggu keindahan mobil. Perisai tak terlihat ini juga bisa melindungi mobil anda dari penyok kecil, pasir dan goresan kecil.

>>> Baca juga tips merawat mobil lainnya disini

7. Wax mobil Anda

Gunakan wax pelindung setidaknya dua kali setahun untuk mengunci minyak alami ke dalam cat. Waxing juga menyediakan lapisan pelindung ekstra untuk eksterior anda dari sinar matahari.

Gambar yang menunjukan tangan yang sedang memegang coating dengan background mobil

Jika perlu, beri wax atau coating pada mobil untuk melindungi cat

8. Periksa air radiator anda secara berkala

Cairan radiator di mobil bisa digunakan lebih cepat dalam kondisi cuaca panas dan ini meningkatkan risiko kerusakan pada mobil. Jika kadar cairan rendah, tambah air radiator anda bila perlu. Perhatikan bahwa Anda tidak boleh membuka tutup saat mesin mobil masih panas!

Berikut tips lain untuk melindungi mobil dari cuaca panas

Melindungi mobil dari cuaca panas bermanfaat untuk kelangsungan dan daya tahan mobil yang lebih lama. Pastikan Anda memperhatikan lingkungan mobil untuk mendapatkan kondisi yang maksimal.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top