Ketahui Hal Ini Dulu Sebelum Memodifikasi Mobil Honda Brio Putih

10/08/2021

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
City car seperti Brio punya banyak tema modifikasi yang menarik, mulai dari simple, sporty, elegant, hingga racing. Berikut ide modifikasi Honda Brio putih.

Suka melakukan modifikasi? Anda pasti tahu bahwa mobil city car seperti Honda Brio punya banyak tema modifikasi yang menarik, mulai dari simple, sporty, elegant, hingga racing sekalipun. Namun, tidak semua warna mobil cocok untuk diterapkan konsep-konsep tadi. Jika mau aman, Honda Brio putih dapat Anda jadikan pilihan. Sebelum lanjut ke inspirasi modifikasi, kenali dulu karakteristiknya, yuk!

Karakteristik Honda Brio Putih Terbaru

Menurut PPG Industries, mobil warna putih menempati urutan pertama paling populer dan paling banyak diminati dengan persentase 28%, disusul warna hitam 18%, dan silver 13%. Bukan tanpa alasan, sebab mobil putih memiliki banyak keunggulan seperti: 

  • Kelihatan lebih eye catching 
  • Lebih mudah terlihat
  • Menangkal hawa panas
  • Memiliki nilai jual yang kembali tinggi 
  • Terkesan lebih bersih

All New Brio Putih

Ketahui karakteristik warna mobil Honda Brio putih

Dibalik kelebihannya, mobil Honda Brio putih juga memiliki beberapa kekurangan yang patut Anda perhatikan seperti warna yang bisa menguning dikarenakan terlalu sering kepanasan, kehujanan, atau terpapar embun di malam hari. Sehingga membuat mobil perlu perawatan ekstra daripada warna mobil lainnya. 

Selain itu, mobil putih juga gampang terlihat kotor. Warna putih bakal terlihat kontras jika dibandingkan dengan warna lain seperti warna kotoran jalanan, debu, hingga bintik-bintik bekas air hujan dan noda-noda lainnya. Dengan mengetahui ini, setidaknya Anda telah memiliki gambaran konsep modifikasi seperti apa yang akan diadopsi. 

>>> Honda Brio Hitam Lebih Eksklusif, Simak Kelebihan dan Kekurangannya

Menonjolkan Kesan Sporty Brio Putih RS

Honda Brio memiliki beberapa varian dan RS Urbanite Edition merupakan salah satunya. Pada varian kali ini, Brio tampak jauh lebih sporty berkat sentuhan two-tone dan penambahan berbagai body kit di bagian eksteriornya. Anda dapat menemukannya dari segi desain Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser.

Sementara, pada varian ini juga ditemukan Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle. Tampilan yang sudah terlihat sporty pada Brio varian RS Urbanite Edition sangat memudahkan Anda ketika ingin melakukan modifikasi. Penambahan aksesorisnya pun juga tidak perlu berlebihan dan ini akan lebih menghemat biaya. 

Brio RS putih

Brio RS putih memiliki tampilan sporty

Dari sisi mesin, Honda Brio RS Urbanite Edition menggunakan mesin 1.2 L SOHC 4 silinder segars 16 katup i-VTEC + DBW berkapasitas 1.198 cc. Menghasilkan tenaga 90 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 110 Nm pada 4.800 rpm, disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT dengan Earth Dream Technology.

Bukan hanya varian Honda Brios RS yang banyak dicari pembeli, ada beberapa varian lainnya yang mudah Anda temukan. Harga Honda Brio berbeda-beda tergantung tipenya. Untuk Honda Brio putih bekas, harganya berkisar mulai dari Rp 105 juta hingga Rp 200 jutaan. Harga tersebut bisa berbeda karena dipengaruhi kondisi, kelengkapan, dan tipe yang dijual di pasaran. Berikut ini harga Honda Brio terbaru.

TIPE MOBIL

HARGA HONDA BRIO BARU (OTR)

Honda Brio Satya S M/T

Rp 151.000.000

Honda Brio Satya E M/T

Rp 160.400.000

Honda Brio Satya E CVT

Rp 175.400.000

Honda Brio RS M/T

Rp 181.300.000

Honda Brio RS CVT

Rp 196.200.000

Honda Brio RS Urbanite M/T

Rp 187.300.000

Honda Brio RS Urbanite CVT

Rp 201.700.000

>>> Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Honda Brio Dp Rp 50 Juta

Perbedaan Honda Brio Tipe S dan E 2020

Sebelum menjatuhkan pilihan mobil Honda Brio mana yang akan Anda beli, sebaiknya Anda mengenal dulu perbedaan varian pada Honda Brio. Biasanya yang paling banyak dipilih adalah tipe S dan E. Perbedaan yang cukup mencolok yaitu terlihat dari velg yang digunakan.

Tipe S masih menggunakan velg kaleng, sementara tipe E sudah memakai velg alloy. Lalu, pada handle tipe S masih dilapisi kelir hitam sedangkan handle Brio tipe E memiliki warna seperti bodynya. 

Honda Brio S

Brio tipe S mengandalkan single DIN 

Brio tipe S tidak menggunakan kunci dengan tombol alarm yang terintegrasi dan di panel window hanya digunakan pada bagian 2 pintu depan sementara pintu belakang masih menggunakan engkol untuk membuka dan menutup jendelanya. 

Jika dilihat dari segi entertainment, Brio tipe S masih mengandalkan single DIN. Sedangkan Brio tipe E sudah menggunakan double DIN. Pada lapisan Krom yang terletak pada kisi AC Brio Tipe E tidak terlihat di versi Brio S. 

Meski memiliki beberapa perbedaan pada fitur-fiturnya, namun segi keamanan pada Brio S jauh lebih unggul dibanding tipe E. Pada tipe S, mobil telah dilengkapi dengan teknologi rem ABS, EBD, dan dual SRS Airbag yang mampu melindungi penumpang bagian depan dari benturan yang cukup keras.

Tips Modifikasi Brio Putih 2021

Meski Honda Brio putih telah menyediakan varian yang memperlihatkan mobil jauh lebih sporty, terkadang Anda masih merasa belum puas dan ingin mempercantik tampilannya. Modifikasi mobil Brio putih terbagi menjadi tiga bagian, pada bagian interior, eksterior atau mesin yang bisa disesuaikan dengan selera Anda.

Untuk bagian interior, anda bisa mengganti sarung jok dengan mengganti atau melapisi jok standar dengan bahan baru jika sudah bosan. Biaya yang dibutuhkan untuk mengganti jok dimulai dari Rp 1 jutaan untuk teknik sarung jok berbahan kulit sintetis.

Semnetara jika meggunakan teknik jok paten dengan bahan yang sama, biasanya biayanya berkisar Rp 2 jutaan. Meskipun Brio sudah dilengkapi perangkat audio cukup berkualitas, Anda juga bisa meningkatkan kualitas audio pada mobil, misalnya dengan memasang speaker aftermarket model coaxial atau speaker split dengan sistem 2 way atau 3 way dengan biaya mulai dari Rp 1 jutaan.

Modifikasi interior brio

Modifikasi jok agar perjalanan lebih nyaman

Untuk modifikasi bagian eksterior, Anda bisa mengganti velg bawaan dengan velg aftermarket. Namun pastikan jika ingin mengganti velg, cari velg yang PCD-nya sama. Sementara besaran diameter velg untuk penggunaan sehari-hari disarankan naik maksimal 2 step dari velg standar agar tetap nyaman digunakan. Modifikasi pada bagian eksterior lainnya bisa dilakukan pada bagian body kit atau memasang cutting sticker.

Bagi anak-anak muda, banyak dari mereka memilih untuk membuat mobil jadi lebih ceper dengan cara menurunkan ground clearance. Pilihan lainnya, Anda bisa memilih untuk menggunakan stiker atau penambahan Sunroof. 

Inspirasi Modifikasi Honda Brio Putih 

Setelah menyimak deretan konsep serta tips modifikasi yang telah dijelaskan di atas, berikut beberapa inspirasi modifikasi dari Honda Brio warna putih: 

Modifikasi Honda Brio Putih

Modifikasi velg agar mobil terlihat berbeda

Salah satu inspirasi modifikasi simpel pada Honda Brio putih adalah dengan mengganti velg mobil. Namun, perlu diperhatikan jika mobil akan digunakan untuk mobilitas harian, pilih velg dengan diameter tak terlalu besar, cukup naik 2 step. Misalnya ukuran velg standar adalah 14 inci, maka maksimal modifikasi nya adalah dengan mengganti velg ke ukuran 16 inci. 

Cutting Sticker Brio putih

Tema cutting sticker bisa disesuaikan dengan selera

Cara lain agar mobil Brio putih Anda tampak berbeda adalah dengan memasang cutting sticker. Tema yang dipilih pun beragam, Anda bisa memasang sticker superhero, anime, grafis, wayang, atau bergaya sporty. Letakkan bisa disesuaikan dengan selera Anda, misalnya di kap mesin, di body, bagian atap, atau part kecil pada mobil, seperti spion atau bumper.

Demi kenyamanan, mengganti jok juga bisa Anda lakukan. Buat ruang kabin senyaman mungkin dengan melapisi ulang jok dengan material kulit atau motif jahitan. Kombinasikan warna sesuai dengan selera Anda. 

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan bagi Anda tertarik untuk melakukan modifikasi pada mobil Honda Brio putih. Setelah mengetahui jenisnya, lanjut dengan menentukan konsep yang sesuai agar kendaraan Anda terlihat lebih eye catching. 

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa saja warna mobil Honda Brio?
Warna Honda Brio adalah Crystal Black Pearl, Taffeta White, Modern Steel Metallic, Lunar Silver Metallic, Carnival Yellow (Brio Satya), Rallye Red (Brio Satya), Phoenix Orange Pearl – Two Tone (Urbanite Edition), dan Phoenix Carnival Yellow – Two Tone (Urbanite Edition).
Berapa harga mobil Honda Brio?
Honda Brio dijual dengan harga mulai Rp 151.000.000
Berapa biaya modifikasi Honda Brio?
Biaya modifikasi Honda Brio berbeda-beda tergantung tipe modifikasi yang Anda lakukan.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top