Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Honda Brio Dp Rp 50 Juta

30/07/2021

Jual beli

6 menit

Share this post:
Brio merupakan salah satu mobil andalan Honda yang tergolong laris manis. Sobat bisa melihat simulasi kredit Honda Brio dp Rp 50 juta dalam menentukan dp dan tenor yang sesuai.

Ketika mencari mobil dengan dimensi mungil untuk menemani mobilitas sehari-hari, salah satu pilihannya adalah Honda Brio. Perjalanan mobil ini di Indonesia dimulai pada tahun 2012 dengan tampilan yang stylish dan harganya terbilang terjangkau sampai saat ini. Bagi Sobat yang ingin membeli mobil ini dengan cara membayar cicilan tiap bulan, kami berikan informasi mengenai simulasi kredit Honda Brio dp Rp 50 juta.

Cara Menghitung Simulasi Kredit Mobil Honda Brio

Pada saat mendengar kata dp Rp 50 juta akan muncul pertanyaan mengenai nominal yang harus dibayarkan dan lama cicilan mobil. Seperti yang telah diketahui bersama, saat membeli mobil dengan sistem kredit akan diberikan penawaran mengenai lama waktu mencicilnya, apakah 12 bulan (1 tahun), 24 bulan (2 tahun) dan seterusnya. Namun sebelum memutuskan membeli mobil biasanya seseorang akan mencari informasi terlebih dahulu mengenai brosur kredit mobil Honda 2021.

Dalam simulasi kredit Honda Brio dp Rp 50 juta, terdapat faktor utama yang menjadi pembeda yaitu harga mobil. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa setiap wilayah kadang memiliki harga yang berbeda meskipun mobil dan tipenya sama. Hal tersebut tidak terlepas dari kebijakan dan pertimbangan dari pihak dealer.

1. Dp Mobil

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat berniat kredit mobil adalah menyiapkan uang dp. Biasanya 20% dari harga mobil, bisa juga lebih rendah atau lebih tinggi tergantung kebijakan pihak dealer. Sebagai contoh mobil Honda Brio Satya S M/T yang mempunyai harga Rp 151.400.000, maka yang harus dibayarkan terlebih dahulu adalah 20% x 151.400.000 = Rp 30.280.000.

2. Pokok Kredit

Adapun pokok kredit adalah jumlah yang perlu dibayarkan setelah melakukan pembayaran dp atau uang muka. Seperti pada contoh nomor 1, jika sudah terpotong Rp 30.280.000 maka pokok kreditnya adalah 151.400.000 - 30.280.000 = Rp 121.120.000. Jadi perhitungannya adalah harga mobil dikurangi dp kendaraan.

3. Bunga

Ketika membeli mobil dengan sistem kredit maka akan mengemudi yang namanya bunga dan dibebankan kepada pembeli. Hal tersebut karena kemudahan telah diberikan dengan membayar angsuran tiap bulannya. Oleh sebab itu terdapat bunga yang disesuaikan dengan kesepakatan pihak pembeli dan dealer. Dalam perhitungannya biasanya penentuannya sesuai dengan pokok kredit. Sementara persen akan ditentukan dengan melalui kesepakatan dari pihak penjual dan pembeli dan juga mengikuti waktu cicilan mobil dilakukan.

Agar lebih mudah dipahami, contohnya adalah pokok kredit Honda Brio seperti disebutkan di atas adalah Rp 121.280.000. Dalam kurun waktu 3 tahun bungan yang telah disepakati adalah 8%, maka perhitungannya adalah pokok kredit dikali 8% dikalikan lagi waktu cicilan. Contohnya 121.280.000 x 8% = Rp 9.689.600 x 3 tahun = Rp 29.068.800.

Gambar ini menunjukkan Honda Brio RS putih tampak depan

Tampilan sporty dan stylish mendukung gaya pemiliknya terutama anak muda

4. Angsuran Bulanan

Setelah perhitungan mengenai bunga telah disepakati, selanjutnya yang perlu ditentukan adalah angsuran bulanan yang harus dibayarkan. Dalam perhitungannya dengan melalui pokok kredit yang ditambah dengan bunga dan dilakukan pembagian waktu cicilan yang diambil. Contohnya adalah 121.280.000 + 29.068.000 : 36 (3 tahun = 36 bulan) = 4.171.911. Jadi setiap bulannya pembeli mobil harus membayar sekitar Rp 4 jutaan lebih sedikit dalam waktu 3 tahun.

5. Biaya Asuransi Dan Administrasi

Hal terakhir dalam perhitungan simulasi kredit mobil adalah biaya administrasi dan juga asuransi. Dalam hal ini juga disesuaikan dengan kesepakatan yang telah ditentukan. Biaya asuransi biasanya diambil berapa persen dari harga kendaraan yang menjadi jaminan saat mobil mengalami masalah atau hal yang terjadi pada pembeli ketika  menggunakan mobil. Sementara untuk biaya administrasi umumnya berada di angka Rp 500 ribuan, bisa kurang bisa lebih.

Dengan menggunakan perhitungan di atas, caranya bisa dipakai untuk menghitung simulasi kredit Honda Brio bekas. Tinggal tentukan harga mobil yang diinginkan dan berapa persen bunga serta waktu ingin membayar cicilan bulanan.

Gambar ini menunjukkan Honda Brio RS putih tampak samping

Dimensi mungil siap menemani mobilitas sehari-hari

>>> Harga Honda Brio Bekas Dibawah 100 Juta, Dapat Tahun Berapa?

Hal Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Honda Brio

Pada saat ingin membeli mobil Honda Brio atau mobil lainnya terdapat hal yang perlu diperhatikan. Tujuannya supaya nantinya cicilan bisa berjalan dengan lancar dan tidak berhenti di tengah jalan sehingga ditarik pihak dealer atau terpaksa melakukan over kredit.

1. Menentukan Budget

Budget menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil. Dengan mengetahui simulasi kredit Honda Brio dp Rp 50 juta atau jumlah lain, maka akan dapat diketahui cicilan bulanannya. Sehingga kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan seperti berapa cicilan yang mampu dibayar tiap bulannya dan kebutuhan sehari-hari tetap tercukupi.

Tipe Honda Brio juga perlu diperhatikan, apakah pilih tipe terendah dengan harga paling murah atau memilih tipe lainnya dengan harga lebih mahal. Sebelum memutuskan bisa melihat review Honda Brio di Cintamobil.com sehingga bisa memutuskan mana yang dipilih dan paling baik menurut Sobat.

2. Mengetahui Skema Pembiayaan Dan Manfaatkan Promo

Skema pembiayaan perlu diketahui seperti besaran bunga, tenor dan syarat lainnya. Biasanya akan ada penawaran dari beberapa perusahaan leasing, jika bingung bisa menanyakannya kepada pihak sales dari pihak dealer supaya mendapatkan leasing yang paling tepat. Jangan ragu menanyakan soal promo atau program menarik yang ditawarkan pada pihak sales.

3. Jaringan Bengkel Resmi dan Perawatan

Membeli mobil tidak hanya soal mengemudikannya setiap hari, akan tetapi perawatan juga diperlukan. Biasanya pihak dealer menawarkan beberapa tahun gratis jasa service dan penggantian part tergantung penawaran yang diberikan. Manfaatkan hal tersebut sebaik-baiknya untuk membuat mobil tetap dalam kondisi prima. Jaringan bengkel resmi Honda sudah banyak tersebar di banyak wilayah di Indonesia, sehingga Sobat tidak perlu khawatir ketika membeli mobil Honda Brio.

Gambar ini menunjukkan pengurusan pembelian mobil Honda

Membeli mobil bisa langsung cash atau pakai sistem kredit

Simulasi Kredit Honda Brio Dp Rp 50 Juta 2021

Berikut ini merupakan contoh simulasi kredit Honda Brio yang dilansir dari laman resmi Honda Indonesia:

TIPE

1 TAHUN

2 TAHUN

3 TAHUN

4 TAHUN

5 TAHUN

Honda Brio Satya S M/T

Rp 8.848.840

Rp 4.671.160

Rp 3.282.262

Rp 2.620.345

Rp 2.263.755

Honda Brio Satya E M/T

Rp 9.634.240

Rp 5.085.760

Rp 3.573.587

Rp 2.852.920

Rp 2.464.680

Honda Brio Satya E CVT

Rp 10.714.601

Rp 5.656.065

Rp 3.974.320

Rp 3.172.840

Rp 2.741.064

Jika mengacu pada laman resmi Honda dp tidak bisa kurang dari 30%, sehingga hanya 3 mobil tersebut yang bisa menggunakan dp Rp 50 juta. Meskipun begitu, pada tipe di atas ketiga tipe Honda Brio tersebut dp nya minimal Rp 54 jutaan sampai Rp 60 jutaan.

Gambar ini menunjukkan Brosur mobil Honda dari BCA Finance

Contoh brosur mobil Honda

Kredit Honda Brio Dp 20 Juta

Dengan dp 20 juta ternyata juga sudah bisa membawa pulang mobil Honda Brio, bahkan dp bisa di bawahnya lagi. Jadi terdapat dealer yang menawarkan Honda Brio E Satya CVT dengan dp Rp 20,6 juta cicilan 3 tahun, untuk perbulannya adalah Rp 5,9 jutaan. Sedangkan jika dp Rp 17,6 juta bisa mendapatkannya dengan cicilan Rp 4,3 jutaan dengan tenor 5 tahun. Untuk mengetahui apakah di daerah Sobat bisa kredit Brio dengan dp 50 juta atau dp 20 juta bisa menghubungi atau mendatangi dealer terdekat.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang menarik lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apa alasan Honda Brio banyak diminati?
Alasan utamanya adalah harga murah, selanjutnya tampilan menarik dan beberpa fitur yang disematkan pada Honda Brio.
Apa syarat pengajuan kredit mobil?
Dokumen bukti identitas seperti KTP atau SIM, Kartu keluarga, NPWP, Slip gaji, Bukti bayar PBB, rekening listrik, dan air. Bisa saja ada tambahan lain apabila dibutuhkan.
Pilih cash atau kredit saat beli mobil?
Sesuaikan dengan keuangan yang dimiliki, apabila memungkinkan membeli dengan tunai bisa memilih cash. Tapi jika masih belum cukup namun ngebet ingin segera punya mobil bisa pilih kredit.

Berawal dari tahun 2015 mengisi konten di beberapa website di Indonesia. Bergabung dengan Cintamobil.com mulai tahun 2017 menjadi Conten Writer, membahas seputar dunia otomotif di Indonesia yang semakin berkembang.

Menyukai dunia otomotif baik sepeda motor ataupun mobil. Sebelum menjadi penulis sering mengotak atik sepeda motor baik untuk diperbaiki atau dilakukan modif sederhana. Memang untuk masuk dalam dunia writer cukup terbilang baru kala itu. Pertama kali memegang komputer di sekolah dan masih berupa komputer tabung.

Pada akhirnya membeli sebuah komputer sendiri dengan spek minim. Mencoba menggeluti dunia penulisan yang merupakan hal baru. Namun dengan kegigihan dan tekad serta niat, pada akhirnya sudah terbiasa menulis dan menjadi salah satu hal yang disukai. Dengan menulis akan menemukan hal-hal baru yang cukup memberikan rasa ingin tahu dan penasaran.

Setelah bergabung dengan Cintamobil, wawasan semakin bertambah dalam dunia otomotif. Ilmu juga semakin bertambah yang membuatnya termotiviasi untuk mengetahui segala hal tentang dunia otomotif.

 

 
back to top