Begini Cara Mengendurkan & Mengencangkan Baut Roda Yang Benar Dan Aman

13/10/2019

Perawatan dan service

3 menit

Begini Cara Mengendurkan & Mengencangkan Baut Roda Yang Benar Dan Aman
Mengendurkan dan Mengencangkan baut roda memang terlihat sepele, namun jika sembarangan, bisa membuat kerusakan pada baut roda dan merepotkan Anda.

Melepas dan memasang ban mobil sudah menjadi hal yang tak bisa dihindari bagi pemilik mobil, terlebih ketika dalam keadaan darurat yang mengharuskan untuk mengganti ban. Namun saat melepas dan memasang ban, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang sangat penting. Salah satunya adalah cara membuka dan mengencangkan baut roda. Sepele memang, namun perlakukan yang salah saat membuka atau mengencangkan baut roda, akan membuat kerusakan pada baut roda dan semakin merepotkan Anda. 

>>> Merawat Baut Roda Mobil, Hal yang Sering Terabaikan

Foto ilustrasi mengendurkan atau mengencangkan baut roda

Saat mengendurkan atau mengencagkan baut roda tak bisa sembarangan, karena bisa menyebabkan baut roda rusah atau patah

Saat ingin membuka baut roda, Anda perlu mengendurkannya terlebih dahulu. Cara mengendurkan baut roda juga tak bisa sembarangan. Pertama, Anda perlu mengendurkan baut dengan pola menyilang. “Jangan mengendurkan dengan pola berurutan atau searah jarum jam,” ujar Hardito dari Mega Ban di bilangan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Jakarta Timur. Tujuannya, agar tekanan yang mengikat baut roda dapat dapat terlepas merata. Setelah mengendurkan baut roda dengan cara menyilang, Anda bisa langsung melepaskan baut roda.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Foto pola mengendurkan dan mengencangkan baut roda yang benar

Pola mengendurkan dan mengencangkan baut roda yang benar 

Hal krusial juga berlaku ketika ingin memasang roda. Pastikan bahwa roda yang Anda pasang sudah dalam kondisi tepat dan tidak miring. Setelah itu Anda baru bisa mengencangkan baut roda. Namun sebelum mengencangkan baut roda, Anda terlebih dahulu harus mengetatkan putaran baut roda. ”Jangan langsung mengencangkan semua, tapi putar terlebih dahulu baut roda hingga terasa kencang, baru kencangkan kembali di setiap bautnya,” sahut Hardito. Mirip ketika mengendurkan baut roda, saat mengencangkannya juga perlu pola menyilang, bukan dengan berurutan atau sesuai jarum jam. Tujuannya agar tekanan pada baut roda dapat terdistribusinya dengan merata di setiap sisi dan mencegah baut rusak.

>>> Mengetahui Jenis Dongkrak Mobil, Mana yang Cocok Buat Anda?

Foto mengencangkan baut roda dengan kunci torsi

Segera ke bengkel roda untuk mendapatkan pengencangan baut roda dengan menggunakan kunci torsi agar tetap aman

Baik saat mengendurkan atau mengencangkan baut roda, hindari dengan cara menginjak atau menghentakkan kunci roda, karena akan berisiko merusak baut roda atau bahkan bisa membuatnya patah. Selain itu, pengencangan baut roda tidak cukup dengan menggunakan tangan. ”Mungkin untuk darurat, bisa dengan mengencangkannya hanya dengan tenaga tangan. Tapi secepatnya ke bengkel untuk dikencangkan kembali dengan menggunakan kunci torsi, sesuai dengan spesifikasi tekanan pada baut roda,” pungkas penggemar mobil retro ini. Dengan mengencangkan baut roda dengan benar dan aman, Anda bisa terhindarkan dari kemungkinan yang tak diinginkan.

>>> Simak juga artikel tips & trik lainnya di sini

 
back to top