Mengetahui Jenis Dongkrak Mobil, Mana yang Cocok Buat Anda?

24/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Share this post:
Mengetahui Jenis Dongkrak Mobil, Mana yang Cocok Buat Anda?
Jenis dongkrak mobil yang ada dipasaran cukup beragam, semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan tipe mobil Anda. Mana kira-kira dongkrak yang paling cocok untuk Anda?

Dongkrak dibutuhkan untuk mengangkat bodi mobil. Misalnya saat akan mengganti ban, atau memperbaiki kerusakan dibagian kolong mobil. Bahkan dongkrak jadi peralatan wajib di mobil yang harus selalu tersedia.

>>> Berikut Empat Letak Titik Dongkrak Yang Aman Pada Mobil Anda

Namun ternyata, ada berbagai jenis dongkrak mobil yang tersedia yang secara garis besar terbagi dalam dua jenis. Yaitu dongkrak hidrolik dan dongkrak mekanik. Dongkrak hidrolik biasanya membutuhkan zat cair (oli) atau gas untuk menggerakkan dongkrak. Sementara pada dongkrak mekanik, gaya akan diteruskan dan diperbesar melalui roda gigi ke batang gigi.

Berikut ini beberapa jenis dongkrak mobil yang ada dipasaran, mana yang cocok untuk Anda?

1. Dongkrak Botol

dongkrak botol

Ukurannya paling kecil sehingga mudah dibawa

>>> Promo mobil baru menarik selalu ada disini

Disebut demikian karena bentuknya menyerupai botol. Ukurannya yang ringkas membuat dongkrak ini dipilih untuk dimasukkan ke bagasi mobil. Untuk mengangkat dongkrak ada tuasnya naik turun menggunakan batang besi. Sementara untuk menurunkan dongkrak tinggal putar knop sampai sistem hidrolik kehilangan tekanan.

Bagi Anda pemilik mobil-mobil MPV berdesain boxy seperti Daihatsu Gran Max, Daihatsu Luxio, Nissan Evalia atau Suzuki APV, biasanya dongkrak ini yang tersedia di mobil Anda.

2. Dongkrak Gunting

dongkrak gunting

Paling banyak dipakai pabrikan mobil

>>> Pilihan mobil bekas impian ada disini

Jenis dongkrak mobil yang paling banyak ditemui dan diberikan sebagai peralatan standar saat Anda membeli mobil baru. Disebut gunting karena gerakan naik turun dongkrak mekanik ini mirip dengan gunting. Untuk menaikkannya Anda perlu memutar tuas searah jarum jam. Sementara untuk menurunkannya putar tuas ke arah berlawanan.

Mobil jenis sedan, low MPV, atau city car adalah yang paling banyak menggunakan dongkrak mobil model ini.

3. Dongkrak Buaya

dongkrak buaya

Ukurannya paling besar dan dilengkapi empat roda

Menggunakan sistem hidrolik, dongkrak mobil ini menggunakan mekanisme naik turun seperti mulut buaya yang sedang terbuka. Dimensinya paling besar diantara model dongkrak mobil lain, dan dilengkapi empat buah roda. Dan jenis dongkrak mobil ini dapat diaplikasikan untuk semua jenis mobil, mulai dari city car, sampai truk sekalipun tergantung beban dongkrak yang mampu diangkat.

>>> Tips trik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Hati-hati, Jangan Sembarang Ganti Ban OEM

24/01/2019

Perawatan dan service

4 menit

Setiap pabrikan memakai komponen yang standar OEM (original equipment manufacturer), tidak terkecuali ban. Namun pemilik mobil terkadang mengganti ban dengan produk aftermarket. Tapi hati-hati, jangan sembarangan ganti ban OEM. Kenapa?

Lihat juga

Kenali Tool Kit Standar Mobil dan Fungsinya

Peralatan keselamatan di dalam mobil patut diperhatikan, termasuk tool kit dan safety kit yang terkadang terabaikan keberadaan dan fungsinya. Agar tidak salah pakai, kenali tool kit standar mobil dan fungsinya.

Lihat juga

Peralatan untuk Garasi: Pastikan Anda Memiliki 8 Alat ini di Garasi Anda

Tidak semua pemilik mobil memiliki garasi. Tapi jika Anda memilikinya, pastikan Anda juga memiliki peralatan untuk garasi yang bisa membuat perawatan kendaraan menjadi lebih efisien.

Lihat juga

Spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016

08/01/2018

Editor rate:

Bicara tentang minibus, Gran Max merupakan salah satu minibus yang cukup digandrungi oleh keluarga Indonesia. Bagaimana tidak, salah satu jagoan Daihatsu untuk urusan sales ini memang mampu menarik atensi pecinta otomotif yang senang bepergian bersama sanak famili mengarungi medan-medan berskala menengah dan jauh. Selain itu, harga dari mobil ini juga boleh dibilang cukup kompetitif. Tahun lalu, Daihatsu resmi mengeluarkan Gran Max 2016. Bagaimana spesifikasi Daihatsu Gran Max 2016 ini?

Lihat juga

Harga Mitsubishi Mirage 2021: Daftar Harga mobil Mitsubishi Mirage Terbaru Januari

01/01/2021

Mitsubishi

Saat ini kendaraan jenis Hatchback atau mobil dengan kapasitas 5 penumpang sangat disukai masyarakat perkotaan. Dengan memiliki bodi kompak merupakan ciri khas dari mobil yang disebut city car ini. Disamping itu, mobil ini juga bisa dinilai lebih ramah terhadap kondisi dan situasi jalanan perkotaan yang macet. Mitsubishi Mirage merupakan salah satu dari city car. Harganya yang tergolong relatif murah membuat mobil ini disukai banyak orang.

Lihat juga
 
back to top